10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak Secara Alami

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya |  10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak Secara Alami- Kapan pun suhu tubuh lebih tinggi dari pada kisaran normal, itu disebut demam. Meskipun kita sering mendengar bahwa 98,6 derajat F, atau 37 derajat C, dianggap normal, ini bukan standar yang berlaku universal untuk semua. Suhu tubuh normal berbeda untuk anak-anak daripada orang dewasa dan juga bisa bervariasi antar individu.

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak



Menurut National Institutes of Health (NIH), seorang anak demam ketika suhu tubuhnya lebih tinggi dari 99,5 derajat F, atau 37,5 derajat C. Orang dewasa demam ketika suhu tubuhnya melebihi 99 sampai 99,5 derajat. F, atau 37,2 sampai 37,5 derajat C. Demam pada dasarnya merupakan gejala dari kondisi atau penyakit lain. Demam bisa terjadi saat tubuh anda melawan infeksi, seperti flu. 

Alasan tambahan untuk demam adalah respons terhadap imunisasi pada anak-anak, infeksi telinga, infeksi saluran kemih, penyakit inflamasi tertentu, gastroenteritis, gangguan autoimun, kanker, dan pembekuan darah. Perubahan mendadak dalam cuaca dan gaya hidup yang tidak higienis juga dapat menyebabkan demam. Beberapa gejala umum yang terkait dengan demam termasuk berkeringat, sakit kepala, sakit otot, dehidrasi, kelemahan, sedikit menggigil dan kehilangan nafsu makan. Demam adalah hal yang baik dan biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Tapi jika demam membuat anak anda tidak nyaman, anda bisa mencoba 10 cara mengobati demam pada anak.


10 Cara Mengobati Demam Pada Anak


1. Mandi Air Hangat Sangat Membantu Menyembuhkan Demam Pada Anak 

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak


Air akan menguap dari kulitnya dan mendinginkannya (menurunkan suhu tubuhnya). Jangan gunakan air dingin, karena anda tidak ingin mereka menjadi dingin atau menggigil (ini menyebabkan suhu tubuh mereka naik). Lawan panas dengan panas, seperti kata pepatah. 


2. Menawarkan Makanan Beku dan Cairan Ekstra 

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak


Anda seakan mendinginkan tubuh dari dalam ke luar. Penambahan cairan ekstra juga perlu karena anak biasanya mudah dehidrasi. Maka dari itu, asupan cairan ekstra penting dalam proses penyembuhan anak yang sedang demam. 


3. Jangan Terlalu Banyak Memakai Pakaian Hangat

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak


Menyembuhkan demam pada anak biasanya dilakukan dengan menghangatkan tubuh mereka. Itulah kenapa pakaian hangat banyak dipakaikan pada penderita. Hal itu memang tidak sepenuhnya salah. Namun, tubuh anak juga perlu beradaptasi dengan suhu di luar. Tujuannya agar tubuh bias membentuk system imun. Anak tidak harus memakai pakaian hangat setiap saat. Pakaian yang agak longgar seperti biasanya juga harus mereka pakai.


4. Beri Anak Anda Sentuhan Fisik yang Banyak 

v


Peluk mereka, tahan mereka, dan dekap mereka. Saya membaca bahwa sentuhan seorang ibu memiliki pengaruh yang sama dengan pengobatan. Jadi jaga anak anda, bernyanyi untuk anak anda, gosok kepala anak anda. Lakukan semua hal yang terjadi secara alami bagi orang tua. 


5. Berikan Daun Basil Pada Anak 

Basil adalah ramuan yang efektif untuk menurunkan demam. Ramuan ini sama efektifnya dengan banyaknya jenis antibiotik yang ada di pasaran. Sifat penyembuhannya akan membantu mengurangi demam dengan sangat cepat. Rebus bersama 20 daun kemangi dan satu sendok teh jahe hancur dalam satu cangkir air, sampai larutannya dikurangi menjadi setengahnya. 

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak


Tambahkan sedikit madu dan minum teh ini dua atau tiga kali sehari selama tiga hari. Buatlah teh dengan mencampur satu sendok teh kemangi dengan seperempat sendok teh lada dalam satu cangkir air mendidih. Aduk selama lima menit, lalu saring dan minumkan tehnya pada anak. Meminum dua atau tiga kali sehari dianjurkan sampai sembuh total. 


6. Bawang Putih yang Penuh Manfaat 

Sifat hangat bawang putih juga bisa menurunkan demam tinggi dengan membuat tubuh berkeringat. Ini juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh dan mempercepat pemulihan. Plus, bawang putih adalah zat antijamur dan antibakteri yang membantu tubuh melawan infeksi sekaligus menangkal penyakit. 

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak


1. Cincang halus satu siung bawang putih dan tambahkan ke satu cangkir air panas. 

2. Aduk selama 10 menit, saring dan serap perlahan. 

3. Minum ini dua kali sehari dan anak akan merasa jauh lebih baik keesokan harinya. 

Hangatkan campuran dua siung bawang putih dan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini di atas telapak kaki masing-masing, biarkan beberapa titik terbongkar. Bungkus kaki anak dengan kain kasa untuk menahan bawang putih dan biarkan dalam semalam. Bagi sebagian orang, ini bisa menghilangkan demam hanya dalam satu malam. 


7 Jahe Solusi Instan Menyembuhkan Demam Pada Anak 

Jahe membantu tubuh mengeluarkan panas, yang pada gilirannya membantu mengurangi demam. Plus, jahe adalah agen antiviral dan antibakteri alami dan membantu sistem kekebalan tubuh melawan segala jenis infeksi. 

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak


Taruh dua sendok makan bubuk jahe di bathtub yang diisi air hangat dan aduk rata. Rendam dalam air ini selama 10 menit. Keringkan badan anak anda dan tidurkan. Tutupi anak sepenuhnya dengan selimut. Segera anak akan mulai berkeringat dan demam anak akan turun. 

Catatan: Lakukan tes tempel pada lengan bawah sebelum mandi jahe ini untuk memeriksa apakah cocok untuk anak anda. 

 Buat teh jahe dengan menambahkan satu setengah sendok teh jahe yang baru diparut ke satu cangkir air mendidih dan biarkan terjepit selama beberapa menit. Tambahkan sedikit madu dan berikan teh ini tiga atau empat kali sehari. Pilihan lainnya adalah mencampur satu setengah sendok teh jus jahe, satu sendok teh jus lemon dan satu sendok makan madu. Mengonsumsi campuran ini tiga atau empat kali sehari dapat menyembuhkan demam pada anak. 


8. Putih Telur Baik Untuk Menyembuhkan Demam Anak

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak


Anda juga bisa menggunakan putih telur untuk mengurangi suhu tubuh tinggi saat anak demam. Telur putih bekerja seperti gel dingin yang bisa menyerap panas. Dalam waktu setengah jam, putih telur bisa menarik demam dari kepala ke kaki. 

 a. Istirahat dua atau tiga butir telur dan pisahkan kuningnya. 

b. Kocok telur putih sebentar. 

c. Rendam handuk kertas atau saputangan tipis di putih telur. 

d. Tempatkan kain basah di telapak kaki. 

e. Pakailah kaus kaki untuk menjaga agar kain putih telur tetap basah. 

f. Saat kain mengering dan menjadi hangat, gantilah dengan yang baru. 

g. Ulangi sampai demam berkurang sampai tingkat aman. 


9. Kunyit Jaminan Demam Anak Tinggal Masa Lalu 

Kunyit juga telah terbukti menjadi obat rumah yang sangat baik untuk demam. Senyawa kimia yang disebut kurkumin dalam kunyit mengandung khasiat antivirus, antijamur, antibakteri dan antioksidan yang kuat. Ini membantu sistem kekebalan tubuh melawan segala jenis infeksi. Ini juga akan membantu mencegah komplikasi dan mengurangi durasi demam. 

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak


 Campurkan satu sendok teh kunyit dan seperempat sendok teh bubuk lada hitam ke dalam satu cangkir susu panas. Berikan anak campuran ini dua kali sehari untuk menghilangkan gejala demam. 


10. Kayu Cendana Baik Bagi Anak yang Demam 

 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak


Sifat terapeutik dan pendinginan dari kayu cendana dapat membantu menurunkan demam dan pembengkakan. Cendana akan membantu mendinginkan dan menenangkan seluruh tubuh dan pikiran. Ini juga akan membantu menyingkirkan sakit kepala, salah satu gejala umum yang terkait dengan demam. 

 a. Campurkan satu sendok teh bubuk cendana dan sedikit air. 

b. Oleskan lapisan tebal pasta ini di dahi. 

c. Ulangi beberapa kali sehari sampai anak anda merasa lega. 

Catatan: Pastikan menggunakan kayu cendana berkualitas baik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Demam bias menjadi pertanda baik atau buruk bagi tubuh kita. Apabila jangka waktu menderita demam cukup lama, segera obati atau bawa ke dokter. Kesehatan tubuh adalah yang lebih utama. Semoga setelah kita membahas 10 cara mengobati demam pada anak para orang tua bias tahu bagaimana mengobati demam pada anak. Selamat mencoba dan terima kasih.

Baca Juga :

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi 
Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisa

Created By : Alfin Fatkurochman

Tag : cara menurunkan panas anak dengan cepat,obat tradisional penurun panas anak usia 2 tahun,cara menurunkan panas anak tanpa obat,cara menurunkan panas anak 2 tahun,cara menurunkan panas anak umur 1 tahun,cara menurunkan panas anak dengan bawang merah,cara mengatasi anak panas di malam hari,cara menurunkan panas pada anak usia 4 tahun



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk " 10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak Secara Alami"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://blackwaletcare.com

    BalasHapus