14 Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan Gondongan

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya | 14 Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan GondonganGondongan adalah penyakit pembengkakan pada kelenjar air liur yang berada di sisi wajah dan bagian bawah telinga, menyebabkan muka akan membesar dan tampak seperti hamster. Umumnya, penyakit ini menyarang anak-anak yang belum melakukan vaksin MMR (mumps, measle, rubella), namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalaminya.

14 Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan Gondongan


Penyebab Penyakit Gondongan

Seperti flu, penyakit pembengkakan kelenjar ar liur ini juga terjadi akibat serangan virus yaitu paramyxovirus. Media penyebaran bisa beraneka ragam, mulai dari peralatan makan, gagang pintu, bahkan cukup lewat udara. Barang-barang yang sudah terkontaminasi virus paramyxovirus akan dapat dengan mudah menyebarkan virus pada pemakainya.

Virus penyebab penyakit gondongan dapat ditangkal dengan vaksin MMR yang diberikan pada bayi berusia 5-18 bulan dan memiliki jeda enam bulan dari waktu pemberian imunisasi campak. Namun, meski tanpa menggunakan vaksin ini, seseorang hanya akan terserang gondongan sekali seumur hidupnya. 
Gejala penyakit gondongan

Beberapa gejala yang akan dirasakan penderita gondongan adalah pegal-pegal, kelelahan, demam, pusing berat, dan hilangnya nafsu makan. Demam tinggi yang terjadi pada penderita gondongan akan meningkat hingga mencapai 39,44 derajat celcius. Selain itu, hal yang paling menonjol dari penyakit ini adalah munculnya pembengkakan pada kelenjar air liur secara bertahap dan meninbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Pembengkakan ini terjadi di area sekitar rahang bawah, terkadang hanya satu sisi ataupun kedua sisi wajah.




Gejala lain penyakit ini adalah bibir yang mengering. Disebabkan oleh pembengkakan kelenjar air liur, maka mulut juga akan mengalami gangguan, salah satunya terasa kering. Penderita akan merasa kesulitan menelan makanan maupun minuman karena tiap kali melakukan hal demikian, rasanya akan nyeri. Beberapa penderita juga dilaporkan mengalami gangguan pada perut karena penyakit ini.

Walaupun terkesan minim bahaya, namun gondongan bisa menyebabkan efek yang lebih parah dari hanya sekadar pembengkakan di bawah rahang. Pada beberapa kasus tertentu, gondongan bisa menyebabkan kerusakan syaraf, hilang pendengaran, radang penkreas, bahkan kematian. Penyakit ini akan lebih berbahaya bila diderita oleh ibu yang sedang mengandung dengan usia janin yang memasuki 12-16 minggu.

Obat penyakit gondongan sendiri belum ada secara pasti, namun dokter biasanya memberikan ibuprofen ataupun paracetamol untuk meredakan pusing dan demam. 


14 Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan Gondongan

Selain mengonsumsi obat pereda sakit, ada beberapa cara mengobati penyakit gondongan secara alami, yaitu:

1. Perbanyak minum air putih
Menjaga asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih adalah pilihan bijak, terutama jika penderita sedang dalam kondisi demam tinggi. Air putih bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh agar tidak panas secara ekstrem.

Selama menderita gondongan, tidak disarankan meminum jus buah karena hal ini akan merangsang kelenjar parotid untuk memproduksi air liur lebih banyak sehingga justru memperparah rasa sakit.


2. Mengompres bagian bengkak dengan air hangat



Tindakan ini bisa dilakukan untuk mengurangi pembengkakan sekaligus membuat sel-sel lebih relaks. Syaraf cenderung akan menangkap stimulan panas daripada rasa sakit, sehingga ketika mengompres bagian yang sakit, maka rasa sakit akan berkurang.


3. Beristirahat dengan cukup



Istirahat dengan berbaring adalah istirahat terbaik. Jika bosan, Anda bisa mengatasinya dengan membaca buku, menonton televisi, mendengarkan musik, atau aktivitas ringan lainnya. Hindari melakukan aktivitas berat karena akan membuat badan lebih lelah dan proses penyembuhan membutuhkan waktu lebih lama.


4. Mencukupi kebutuhan nutrisi 

Asupan nutrisi yang baik dan berimbang akan membuat proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Salah satu asupan nutrisi yang baik adalah madu dan sari kurma. Madu dipercaya selama berabad-abad bisa mengobati batuk dan penyakit tenggorokan, dalam bidang medis sendiri madu terbukti bisa mengurangi bengkak dan mengobati luka.


5. Mengolesi bagian bengkak dengan minyak zaitun



Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. Minyak zaitun biasanya tidak menyebabkan alergi. Zat antioksidan dan antiinflamasi yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi Anda manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan akibat gondongan.

6. Mengonsumsi habbatussauda (jinten hitam)



Jinten hitam, baik yang berupa minyal ataupun minyak yang dimasukkan kapsul, mengandung antibakteri dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, cocok untuk melawan virus penyebab gondongan.


7. Hindari berinteraksi intens dengan orang sehat
Percikan air seni maupun air ludah penderita gondongan kemungkinan besar mengandung virus yang bisa menularkan ke orang lain yang bukan penderita. 


8. Mengonsumsi makanan lunak




Gondongan menyebabkan rahang bawah terasa nyeri sehingga penderita akan kesulitan membuka mulut, sakit dalam mengunyah dan menelan makanan. Namun, penderita harus tetap mengonsumsi asupan makanan agar cepat pulih. Sebagai jalan tengah, mengonsumsi makanan lunak adalah pilihan tepat agar rahang tidak bergerak terlalu aktif dan nyeri tidak terasa parah.


9. Mengobati gondongan dengan jahe



Rimpang jahe terkenal sebagai obat herbal yang memberikan sensasi hangat dan menenangkan bagi tubuh. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, pengunaan irisan rimpang jahe pada bagian yang bengkak bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit ini.


10. Mengobati gondongan dengan biji klabet



Masker alami dari biji klabet dan biji asparagus yang ditumbuk halus hingga membentuk pasta dapat digunakan sebagai alternatif olesan di daerah yang bengkak. Pakai tipis-tipis pada permukaan kulit yang membengkak. 


11. Mengobati gondongan dengan blau




Blau cuci adalah semacam zat padat berwarna biru tua yang dicampurkan ke air untuk membilas cucian. Blau pada dasarnya akan memberi warna biru, namun pada pakaian putih, warna biru pucat justru akan memberi efek “cerah” pada baju. Blau yang ada di pasaran diproduksi dalam dua bentuk: padat dan serbuk. Bahan pembuatannya terdiri dari tiga unsur yaitu biang blau, tepung soda (sodium citrate) dan tepung sagu (aci).

Secara medis, penyembuhan gondongan menggunakan blau belum ditemukan benang merahnya. Namun, bahan ini menjadi andalan turun temurun pada zaman dulu dan dipercaya untuk mengobati penyakit gondongan. Caranya dengan mencampur blau dengan sedikit air lalu mengolesinya di bagian yang bengkak.


12. Mengobati gondongan dengan kunyit



Campuran kunyit dan bubuk margosa sebagai pasta juga dipercaya mampu meringankan pembengkakan. Oleskan secara merata pada bagian yang membengkak, tunggu hingga mengering. Lakukan treatment ini dua kali yaitu pagi hari setelah mandi dan malam hari sebelum tidur.


13. Makan makanan berprotein




Makanan mengandung protein dikenal luas sebagai asupan terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh yang drop. Protein akan bekerja cepat sebagai mengganti sel-sel yang rusak/mati akibat penyakit yang menyerang. Protein juga ampuh mempercepat proses penyembuhan berbagai macam penyakit. Protein sendiri adalah zat yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Sehingga mengonsumsi olahan protein seperti tempe, tahu, ayam, daging, ikan, maupun telur sangat direkomendasikan. 


14. Mengobati gondongan dengan daun blimbing wuluh




Daun blimbing wuluh yang mudah ditemui bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan gondongan. Ambillah beberapa helai daun, kemudian tumbuk dengan satu siung bawang putih. Pasta kental ini juga bisa digunakan untuk olesan gondongan.
Sebenarnya, tidak ada obat paten untuk menyembuhkan penyakit gondongan, apotek juga tidak menyediakan obat penyakit ini secara khusus. Penyembuhan gondongan sangat tergantung pada daya tahan tubuh dalam melawan virus. Istirahat yang cukup, makanan seimbang, dan pikiran yang tenang jelas akan membuat proses penyembuhan berjalan lancar.(/EW)



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "14 Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan Gondongan"