Penyebab dan 12 Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya | Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan - Mimisan adalah istilah yang dikenal secara medis sebagai epistaksis atau pendarahan hidung. Epistaksis adalah kondisi yang ditandai dengan keluarnya darah melalui lubang hidung. Kondisi ini relatif umum terjadi sehubungan dengan lokasi hidung yang berada di tengah-tengah wajah serta jumlah pembuluh darah yang ditemukan pada hidung. Mimisan jarang menandakan sesuatu, tetapi dalam kasus tertentu, jika dibiarkan dapat mengancam hidup seseorang.




Adapun mimisan terbagi dalam dua jenis, yaitu : mimisan depan dan mimisan belakang. kebanyakan mimisan terjadi di bagian depan, ini adalah saat darah mengalir dari dinding antara dua kanal (sekat) di dalam hidung. Area yang rentan ini, disebut Little’s area, kaya akan pembuluh darah sensitif yang halus dan rentan terhadap kerusakan. Sedangkan, jenis mimisan yang tidak biasa adalah di bagian belakang. 

Ini terjadi ketika pendarahan berasal dari rongga hidung, terletak di dalam hidung antara otak dan langit-langit mulut. Kebanyakan mimisan di bagian belakang cenderung lebih serius daripada mimisan di bagian depan. Kasus yang demikian perlu mendapatkan perhatian medis. Melihat seriusnya risiko yang dihadapi akibat mimisan, berikut ini adalah penyebab cara efektif menyembuhkan hidung mimisan.

Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan


Penyebab Hidung Mimisan

Trauma
Trauma yang disebabkan kebiasaan mengupil dapat menyebabkan luka dan pendarahan mukosa sekat hidung. Hal ini sering terjadi pada anak. Maka mulai sekarang kurangi kebiasaan mengupil atau yang sejenisnya sebagai tindakan preventif terhadap mimisan.

Iritasi Mukosa
Faktor yang sering memicu hal ini adalah cuaca panas atau kering, dan pemakaian obat semprot hidung.

Kelainan Sekat Hidung
Kelainan sekat hidung sering disebabkan oleh bakteri, virus, atau alergi. Akibatnya, hidung mudah mengalami mimisan.

Tumor
Baik tumor jinak maupun ganas dapat ditengarai dari terjadinya mimisan yang disertai dengan hidung tersumbat dan rhinosinusitis.

Selain faktor-faktor diatas, penyebab dari mimisan yang lain adalah faktor sistemik. Faktor sistemik antara lain :

a.Gangguan / penyakit darah.

b.Gangguan darah keturunan, contoh : hemofilia

c.Gangguan darah akibat : kelainan hati maupun penyakit darah yang tidak diketahui penyebabnya

d.Kekakuan pembuluh darah

Keadaan ini menyebabkan mudahnya perdarahan bahkan akibat trauma kecil sekalipun. Penderita biasanya mengalami mimisan dan pendarahan usus berulang yang memerlukan ratusan kali transfusi darah seumur hidup.


Cara Efektif Menyembuhkan dan Mencegah Hidung Mimisan


Tidak Panik Saat Mimisan

Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan


Tetap tenang. Jika anda mulai merasa gugup, itu bisa benar-benar membuat anda berdarah lebih. Cobalah untuk rileks. Duduklah, jangan berbaring, jaga kepala anda tetap di atas jantung. Bersandar sedikit ke depan, akan membuat darah mengalir dari tenggorokan anda. Tutup lubang hidung anda. Gunakan jempol dan jari telunjuk untuk menahan lubang hidung tertutup selama 5 sampai 10 menit saat anda bernafas melalui mulut. Ini memberi tekanan pada bagian hidung anda yang berdarah dan bisa membuat darah berhenti mengalir.

Jaga Kelembaban Tempat Tinggal
Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan

Kalau anda rentan mengalami mimisan, jagalah suhu ruangan yang anda tinggali sehari-hari agar tidak terlalu kering atau panas. Suhu yang terlalu kering dan panas dapat membuat bagian dalam hidung kering sehingga membuat pembuluh darah pecah.

Jaga Kelembaban Hidung Itu Sendiri
Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan
Caranya bisa saat mandi, coba anda menghirup dalam-dalam supaya ada air (uap) masuk ke dalam hidungmu. Lalu sesekali anda bisa menyemprotkan larutan garam ke dalam hidung, atau selalu minum banyak air.

Perbanyak Konsumsi Jeruk
Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan

Mengonsumi jeruk dapat membantu meminimalisasi mimisan berulang. Kandungan bioflavonoid (sejenis antioksidan) di dalam buah yang rasanya asam manis ini, membantu memperkuat pembuluh darah yang membuat mereka cenderung pecah. Ambil 500 mg bioflavonoid dua kali sehari jika anda tidak makan beberapa porsi buah setiap hari.

Hindari Makanan yang Membuat Alergi
Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan

Seperti disebutkan di atas, mimisan bisa terjadi karena alergi. Nah, apa pun yang bikin anda alergi, terutama makanan, lebih baik anda hindari. Misalnya saja, susu dan roti gandum.

Memberi Minyak Jarak
Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan

Meneteskan beberapa tetes minyak jarak akan mencegah mimisan terjadi kembali. Sebab, minyak jarak mengandung vitamin E atau seng oksida (zinc oxide).

Jangan Mengupil Terlalu Keras
Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan

Gerakan tangan saat mengupil terlalu keras bisa menyebabkan bagian dalam hidungmu tergores dan terluka. Apalagi kalau hidungmu dalam kondisi sangat kering dan sensitif.

Hati-Hati Mencabuti Bulu Hidung
Penyebab dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan

Cara mencabut bulu hidung yang salah bisa membuat hidungmu berdarah, lho. Dan, jangan lakukan terlalu sering. Anda bisa melakukannya minimal satu kali dalam seminggu.

Baca juga :

Itulah penyebab dan cara efektif menyembuhkan hidung mimisan yang bisa anda terapkan. Selalu waspada pada setiap kemungkinan yang bisa terjadi. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Menjalani pola hidup sehat dan bersih menjadi kunci menghindari hidung mimisan terlalu sering. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Created By : Alfin Fatkurochman

Tag : cara mengatasi mimisan pada anak,tiba tiba mimisan,penyebab mimisan pada orang dewasa dan cara mengatasinya,cara mengobati mimisan dengan daun sirih,obat medis mimisan,obat mimisan resep dokter,sering mimisan pada anak,mimisan pada anak berbahayakah



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Penyebab dan 12 Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Mimisan"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di www.rahma-store.com

    BalasHapus