10 Cara Ampuh Atasi Susah Tidur di Malam Hari

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya | 10 Cara Ampuh Atasi Susah Tidur di Malam HariApakah anda sedang mengalami susah tidur, mungkin 10 Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari ini bisa anda jadikan referensi sekaligus solusi tepat. Memang susah tidur akan sangat menyiksa diri terlebih jika keesokan harinya banyak kegiatan yang harus dilakukan. Buat orang dewasa harusnya bisa untuk mencukupin tidurnya paling tidak 6-8 jam lamanya, namun jika kurang dari itu maka bisa dikatakan anda akan mempunyai masalah entah kelelahan, lemas, capek dana lainya.

Penyebab seseorang mengidap insomnia bisa bermacam-macam, di antaranya: masalah psikologi, masalah kesehatan fisik, efek samping obat-obatan, gaya hidup, dan faktor kenyamanan di ruangan kamar.

10 Cara Ampuh Atasi Susah Tidur di Malam Hari


Pertama, masalah psikologi. Masalah psikologi sering kali menjadi faktor utama munculnya gejala insomnia, salah satunya adalah stres. Banyak orang yang tidurnya menjadi terganggu karena mengalami stres. Contoh-contoh pemicu stres bisa bermacam-macam. Ada stres akibat sekolah, pekerjaan, masalah keuangan, dan stres akibat hubungan keluarga dan sosial. Selain stres, depresi akibat kehilangan orang terdekat, kehilangan pekerjaan, atau kehilangan hal lain yang berharga juga bisa menyebabkan insomnia.

Insomnia juga bisa disebabkan oleh kecemasan. Orang yang dihinggapi rasa cemas akan sulit untuk memulai tidur. Selain itu, rasa cemas juga dapat membuat seseorang menjadi kesulitan mempertahankan tidur, sehingga dia sering terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali. Contoh-contoh rasa cemas bisa bermacam-macam, di antaranya cemas akan kondisi keuangan, masa depan, dan cemas dalam memikul tanggung jawab. Bahkan rasa cemas dan panik karena tidak bisa tidur pun dapat membuat seseorang benar-benar tidak bisa tidur. Selain stres atau cemas, masalah psikologi lainnya yang dapat menyebabkan insomnia adalah penyakit mental, seperti skizofrenia dan gangguan bipolar.

Tak hanya itu, banyak masalah kesehatan fisik dapat menimbulkan gejala yang dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman sehingga mendapat kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidur.

Selanjutnya adalah pola hidup yang buruk. Insomnia dapat dipicu oleh kebiasaan atau pola hidup tertentu yang kita jalani, salah satunya adalah waktu tidur yang tidak tetap. Waktu tidur kita yang terus berubah-ubah dapat menyebabkan ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh, termasuk siklus tidur dan bangun, menjadi terganggu.

Contoh insomnia seperti ini kerap dialami oleh orang-orang yang bekerja dengan waktu yang tidak tetap, mereka yang memiliki kebiasaan tidur siang untuk mengganti kekurangan waktu tidur malam, dan mereka yang mengalami desinkronosis atau pengar setelah melakukan penerbangan jarak jauh.

Mengonsumsi makanan dalam porsi besar juga dapat membuat seseorang sulit tidur. Perut yang terlalu kenyang dapat membuat tubuh tidak nyaman saat direbahkan. Tidur tidak lama setelah makan juga dapat berpotensi menyebabkan sakit ulu hati. Tentu saja dengan kondisi-kondisi tersebut, tidur akan terganggu.

Sama seperti makanan berporsi besar, konsumsi minuman berkafein secara berlebihan, nikotin, dan minuman beralkohol sebaiknya dihindari menjelang waktu tidur. Alkohol memang mengandung zat penenang yang dapat membantu mempercepat tidur Anda, namun tidak bisa membuat Anda tidur hingga mencapai tahap yang lebih lelap. Lingkungan kamar tidur yang tidak nyaman juga dapat mengganggu tidur seseorang, seperti suhu kamar yang terlalu dingin atau panas, suara bising, dan cahaya lampu yang terlalu terang.

Faktor terakhir yang dapat sebabkan seseorang alami insomnia adalah beberapa jenis obat (baik yang dijual bebas di apotek atau harus dengan resep dokter) memiliki efek samping yang bisa menyebabkan insomnia bagi orang yang mengonsumsinya. Oleh karena itu, sebaiknya anda membaca informasi ini daripada mengeluhkan penyebabnya yang tak kunjung selesai. Berikut ini, 10 cara ampuh atasi susah tidur di malam hari.

10 Cara Ampuh Atasi Susah Tidur di Malam Hari


Hindari Kafein
Cara ini cukup jitu untuk mengatasi masalh tidur dimalam hari, karena sifat kafein yang memicu kerja jantung dapat memberikan efek anda sulit tidur. jadi baiknya anda menghindari meminum yang berkafein dimalam hari setelah jam 9 ke atas.

Kurangi Sayuran

Memang baik untuk mengkonsumsi sayuran setiap hari, namun ada juga hal yang kurang baik karena efeknya. Dimana sayuran akan merangsang tubuh untuk selalu meningkatkan metabolism sehingga anda lebih cepat BAK atau BAB. Cobalah untuk mengurangi asupan sementara waktu jika anda kesulitan untuk tidur di malam hari

Minumlah air hangat

Dengan air hangat badan akan terasa lebih rileks untuk memperlancara peredaran darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu anda dapat tidur dengan nyenyak. Anda juga bisa mencampurkanya dengan susu atau the maupun lainya, tapi saran terbaik yaitu cukup air putih yang hangat saja.

Batasi jam tidur siang

Biasanya bila anda tidak ada kegitan saat jam – jam siang, akan lebih cenderung pada aktivitas istirahat. oleh karena itu, cobalah untk mengurangi atau meminimalisir tidur siang 1-3 jam saja. Sehingga ketika malam tiba anda dapat tidur lebih nyaman.

Kurangi kelelahan berlebih
Ternyata salah satu diantara cara mengatasi susah tidur adalah dengan mengurangi aktivitas berlebih. Akibat dari kegiatanya yang menguras tenaga akan berefek pada ketidaknyamanan anda saat tidur sehingga anda akan sulit memejamkan mata. Mungkin sebelum tidur anda bisa melakukan relaksasi seperti pemijatan pada bagian – bagian tertentu untuk merelaksasikan diri.

Hindari Stress
Pemikiran atau khawatiran akan menimbulkan stress berat dan mengakibatkan anda susah tidur di malam hari. Baiknya ketika anda mendapatkan masalah, akan lebih jika menenangkan diri dahulu entah itu mendengarkan musik, bermain game atau curhat kepada sahabat anda, sehingga pada saat anda menjelang tidur dimalam hari tidak terpikirkan lagi.

Jangan makan makanan berlemak
Sebisa mungkin bila anda mengalami susah tidur dimalam hari, hindari makan makanan berlemak tinggi. karena hal ini akan mengakibatkan asam lambung meningkat untuk bekerja lebih berat dalam menghancurkan makanan tersebut dan otomatis tidur anda akan terganggu.

Konsumsi protein 

Dengan anda lebih banyak mengkonsumsi protein maka secara tidak langsung organ pencernaan anda lebih mudah dalam mencerna makanan sehingga disaat malam hari organ – organ andapun dapat lebih tenang dan anda dapat tertidur dengan pulas, daripada anda mengkonsumsi daging merah karena terlalu banyak serat dan lemak tinggi. 

Pikirkanlah hal – hal indah
Cara ini juga efektif dan merupakan satu dari Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari. Dengan memikirkan hal – hal indah akan memicu saraf – saraf bagian otak untuk tenang. Seperti misalnya memikirkan sedang di pantai, bersama pacar, berada ditengah – tengah taman yang indah atau lainya.

Jangan meliat jam dinding
Jika anda mempunayi jam dinding di kamar tidur anda, sebaiknya taruhlah pada tempat dimana anda tidak memandanginya setiap kali ingin tidur. Cukup memasang alarm pada jam beker disebelah tempat tidur anda saja. Dengan begitu anda tidak akan menghitung mundur sisa waktu tidur anda. Jangan anggap sepele untuk masalah ini !

Baca Juga :

Itulah tips – tips dan 10 Cara Ampuh Atasi Susah Tidur di Malam Hari yang sempat daftarmenarik.com bagikan kali ini. Selain itu anda juga perlu mengatur pola dan gaya hidup anda setiap harinya agar tidak mengganggu waktu tidur anda di malam hari. Sekian



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "10 Cara Ampuh Atasi Susah Tidur di Malam Hari"