11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi  Batuk adalah bentuk pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pernapasan di dalam tubuh. Mengatasi batuk pada bayi maupun balita dengan pemberian obat batuk sangat tidak direkomendasikan hingga anak mencapai usia enam tahun. Walau aman bagi orang dewasa, obat batuk yang biasa anda konsumsi bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan nyawa bayi. 

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


Batuk pada bayi umumnya merupakan batuk kering yang terasa mengganggu di dada dan merupakan gejala dari pilek atau flu. Batuk dengan bunyi mengi bisa jadi merupakan gejala asma atau bronkiolitis. Meskipun jarang pada anak berusia di bawah 2 tahun, asma bisa diderita oleh Si Kecil terlebih jika terdapat riwayat orang tua yang asma atau jika ia pernah mengalami alergi saat masih bayi. Namun, anda tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah 11 cara efektif mengatasi batuk pada bayi yang bisa anda coba di rumah.


11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi 


ASI Untuk Kesembuhan Bayi Dari Batuk

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


ASI adalah minuman ajaib. Jadi bayi di bawah 6 bulan tidak memerlukan obat lain selain ASI saat pilek dan batuk untuk melawan virus dan bakteri. Seperti yang Anda tahu, ASI dipenuhi dengan antibodi. Antibodi ini hadir dalam ASI membantu tubuh bayi membangun kekebalan terhadap semua jenis kuman, virus dan bakteri. Ini juga membantu menjaga agar si kecil tetap terhidrasi dengan baik.


Minyak mustar dikombinasikan dengan minyak bawang putih dan pijat minyak carom

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi

Ambil sekitar ¼ cangkir minyak mustard dan panaskan. Ambil satu atau dua siung bawang putih. Hancurkan mereka dengan ringan lalu potong mereka. Tambahkan ke minyak mustard. Tunggu sampai menjadi cokelat, lalu dinginkan. Ingat hanya sampai warninya menjadi coklat, jangan sampai terbakar. Anda bisa menggunakan minyak ini dan memijat dada si kecil dan telapak kaki. 

Sedikit biji carom (ajwain) juga bisa ditambahkan untuk hasil yang lebih baik. Tambahkan sambil memanaskan oli. Seperti bawang putih, jangan sampai menjadi hitam. Minyak mustard, bawang putih dan biji carom memiliki sifat anti bakteri dan anti-virus. Selain itu minyak mustar memiliki efek pemanasan yang membantu kemacetan. Ini membantu memberi bantuan pada bayi Anda sangat dibutuhkan.


Jaga Kebersihan Tangan


11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi

Jaga bayi dan tangan anda bersih secara menyeluruh dengan tisu atau sabun bayi antibakteri. Jika anda bertanya-tanya bagaimana ini membantu? Atau ada seseorang dalam keluarga yang mengatakan bahwa mereka tidak mempercayai hal ini, saya ingin anda tahu mengapa hal ini penting. Ini membantu mencegah penyebaran kuman. 

Anda tidak ingin membuat situasi buruk sekarang bukan? Anda akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang sepanjang hari dan itu berarti anda akan banyak menukar bakteri dan kuman. Selama sakit, sistem kekebalan tubuh alias mekanisme pertahanannya melemah - yang berarti dia rentan terhadap penyakit lain. Jadi setidaknya sampai saat dia tidak berada dalam kondisi yang fit, pastikan anda mengikuti saran ini.



Jus Wortel Melawan Batuk Pada Bayi

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


Jus yang diekstraksi dari wortel segar, diencerkan dengan air didinginkan didinginkan pada suhu kamar dapat diberikan kepada bayi 6 bulan ke atas. Hal ini terbukti efektif melawan pilek dan batuk. Pastikan anda telah memperkenalkan wortel kepada bayi di awal masa pertumbuhannya. Pastikan bayi anda tidak alergi terhadapnya sebelum memberikan jusnya.



Sup, Makanan yang Baik Saat Bayi Mengalami Batuk

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


Sup adalah makanan yang sangat baik saat pilek dan batuk. Anda bisa menyediakan sup sayur atau sup tomat hangat. Anda bisa mencoba sup ayam jika bayi anda berumur 8 bulan ke atas. Sup ini meningkatkan kekebalan tubuh. Ini akan membantu memastikan energi mereka tidak turun terlalu banyak dan akan membantu mereka melawan penyakit ini. Mengonsumsi sup saat batuk dan pilek adalah hal yang patut dicoba.



Madu Membantu Meredakan Batuk Pada Bayi

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


Apakah si kecil anda sering bangun di malam hari tidak bisa tidur karena batuk yang terus-menerus? Biarkan dia menjilat 1 sendok teh madu madu. Ini membantu menenangkan tenggorokannya yang gatal.



Susu Kunyit

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


Susu dengan kunyit juga dikenal sebagai 'haldi doodh' adalah sesuatu yang kebanyakan kita kenal. Obat ini terkenal dan sangat efektif untuk batuk tidak berdahak. Susu kunyit dibuat dengan merebus segelas air dengan sejumput kunyit. Anda bisa menambahkan bubuk sari buah kelapa untuk rasa manis. Kunyit dikenal dengan kualitas obatnya dan membantu melawan penyakit dan memberikan kelegaan yang cepat. Susu hangat juga akan membantu bayi anda tidur nyenyak.



Kopi Jahe

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


Ini bekerja seperti sihir.
Saya tahu apa yang anda pikirkan, kopi untuk anak kecil ?. Nah meski ini disebut kopi, Anda bisa membuatnya tanpa menggunakan bubuk kopi.

Bahan:

Irisan jahe - 2

Daun Tulsi – 2

Lada jagung - 2

Kapulaga - 2

Cengkeh - 2

Bubuk jerami atau bubuk jaggery - 1 sendok makan

Air - 1 gelas

Metode:
Rebus air dengan semua bahan yang disebutkan. Saring dan berikan ramuan ini untuk menyembuhkannya dari batuk dan pilek. Ini mungkin terasa sedikit pedas di teggorokan, tapi sangat efektif melawan flu yang paling sulit sekalipun. Masing-masing bahan minuman ini dikenal dengan kemampuannya untuk melawan demam dan batuk.

Campuran Bubuk Jinten

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


Biji jinten - 1 sendok teh

Gula gula atau kalkandu - 1 atau 2 buah

Campurkan kedua biji jinten dan gula menjadi bubuk halus. Berikan ini untuk anak anda kapan pun dia batuk.



Jahe dan Garam

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


Hancurkan jahe atau potong menjadi suwiran halus. Tambahkan garam ke dalamnya. berikan ini kepada anak anda untuk menghilangkan sakit tenggorokan, pilek dan batuk.



Berkumur dengan madu, air kapur dan air hangat

11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi


Kumur dengan madu, air kapur dan air hangat yang membantu membersihkan tenggorokan dan hidung. Ini tidak bisa dilakukan oleh anak-anak yang berada di bawah 4 tahun. Tapi untuk anak-anak di atas 4, ini bisa dilakukan dan berhasil. Selain membersihkan tenggorokan dan hidung, ini juga membantu dalam memberikan kelegaan, terutama jika si kecil anda memiliki batuk gatal yang buruk.


Itulah 11 cara efektif mengatasi batuk pada bayi yang patut anda coba terapkan di rumah. Terutama bagi para orang tua yang baru pertama kali maemiliki anak, kebanyakan pasti mengalami sedikit kebingungan apabila anaknya sakit. Tidak ada salahnya mencoba tips-tips di atas sebelum membawa si kecil ke dokter. Tentunya aman, karena alami dan menghemat biaya. Semoga bermanfaat.

Posted By : Flady Nasrulloh

Tag : obat batuk untuk bayi 6 bulan,obat batuk untuk bayi 1 tahun,batuk pada bayi 2 bulan,obat batuk bayi 5 bulan,cara mengobati batuk pada bayi 4 bulan,batuk pada bayi 3 bulan,batuk pada bayi 1 bulan,cara mengatasi batuk pada bayi 8 bulan



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "11 Cara Efektif Mengatasi Batuk Pada Bayi "

Posting Komentar