17 Cara Paling Ampuh Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Carakupunya17 Cara Paling Ampuh Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)Insomnia diartikan sebagai gangguan sulit mendapatkan rasa nyenyak ketika tidur. Hal ini menimbulkan berbagai dampak negatif seperti rasa lelah yang menumpuk, kepala pening di pagi hari, mata memerah, hingga terganggunya konsentrasi dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.


            Gangguan tidur ini tidak hanya berpengaruh buruk pada diri sendiri, namun juga lingkungan sekitar. Kurang istirahat menyebabkan terganggunya kinerja berbagai sistem di dalam tubuh sehingga akan membuat badan drop dan emosi fluktuatif (naik-turun).

            Mengingat ada banyak kerugian karena insomni, tentu tidak ada orang yang ingin mengalaminya. Sayang, seperti kebanyakan penyakit lain, insomnia menyerang tanpa permisi. Namun, kita bisa melakukan beberapa tindakan preventif agar bisa terhindar dari gangguan tidur ini.

17 Cara Paling Ampuh Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Berikut adalah beberapa caranya:

1. Jangan terlalu lama tidur siang
Tidur siang adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang memiliki segudang manfaat. Menurut sebuah penelitian, tidur siang dengan kadar yang cukup akan membuat badan bugar dan otak menjadi cerdas. Penelitian ini menjadi salah satu acuan otoritas beberapa perusahaan Jepang untuk mengagendakan tidur siang bagi para pegawainya.

Namun, di balik segudang manfaat tidur siang, tetap saja ada hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah, jangan menghabiskan tidur siang lebih dari satu jam. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah 30-45 menit per hari.



2. Jadwalkan waktu tidur siang dengan tepat
Selain kurun waktu tidur siang, hal yang patut menjadi acuan utama adalah kapan tidur siang ini baik dilakukan. Tidur siang yang terlalu dekat jaraknya dengan tidur malam akan emngganggu waktu tidur utama (tidur malam). Masa terbaik untuk tidur siang adalah 6-7 jam sebelum tidur utama dilakukan. 
Misalkan Anda menlakukan tidur siang pada jam 5 sore, maka dapat dipastikan bukan rasa segar dan bugar yang didapat, namun tubuh malah tak “berselera” untuk tidur malam.


3. Hindari mengonsumsi kafein


Kafein bekerja merangsang saraf agar bekerja optimal, sehingga penggunaan kafein untuk dikonsumsi bisa membuat tubuh lebih segar. Jika Anda mengonsumsi kafein pada malam hari dan tidak ada niat untuk begadang, siap-siap saja merasakan insomnia!


4. Minum susu
Berkebalikan dengan kafein, mengonsumsi susu diyakini dapat membuat tubuh lebih relaks. Kandungan vitamin, kalsium, dan magnesium di dalam susu juga cocok untuk memperbaiki kualitas tidur. 


Pada anak-anak, mengonsumsi susu sebelum tidur akan berdampak sangat baik pada pertumbuhan tinggi badan. Itulah mengapa di kemasan susu selalu menyertakan saran untuk mengonsumsi dua kali sehari, yaitu saat sarapan dan sebelum tidur. Bagi dewasa, susu juga baik untuk membuat tidur lebih nyenyak.


5. Makan pisang
Ini mungkin terdengar menggelitik, namun kandungan kalium dalam pisang bisa juga berguna untuk memperbaiki kualitas tidur agar nyenyak dan merasa nyaman.



6. Memakan cemiilan ringan maksimal satu jam sebelum tidur
Anda yang sedang berdiet, tidak perlu risau. Tips ini berlaku juga untuk mengonsumsi cemilan sehat seperti buah dan sayur. Tidur dengan perut lapar akan sangat sulit dilakukan sebab tubuh akan memberi sinyal bahwa ia memerlukan asupan makanan. Makan dengan porsi kecil namun cukup mengganjal perut adalah pilihan tepat. Pastikan porsi makanan tidak terlalu besar karena hal itu justru dapat memicu susah bangun keesokan harinya.


7. Hindari stres dan tumpukan pikiran


Tak bisa dipungkiri, tumpukan beban dan pikiran jelas menjadi salah satu faktor utama penyebab insomnia. Maka dari itu, usahakan untuk berpikir relaks dan jauhkan pemikiran-pemikiran buruk. Ingatlah bahwa ada hari esok yang bisa jadi memunculkan keajaiban yang tak pernah Anda banyangkan. Tidak ada yang tidak mungkin selama Anda yakin. Pemikiran positif adalah ekndaraan terbaik menuju tidur nyenyak dan berkualitas.


8. Jauhkan perangkat elektronik dari jangkauan
Telepon seluler atau HP adalah peranti yang jamak digunakan dimanapun, termasuk di atas tempat tidur. Padahal, membawa ponsel ke atas ranjang justru mempengaruhi jam tidur kita. Apalagi jika iseng-iseng membuka hal-hal baru di sosial media yang tiada habisnya, maka jelas sudah tidur kita akan semakin molor.



9. Rutin berolahraga
Sebuah studi menyatakan bahwa olahraga bisa memicu pelepasan hormon endorfin sehingga tubuh menjadi lebih relaks. Selain suasana hati terkontrol dan cenderung bisa bahagia, olahraga juga memberi pengaruh positif untuk peningkatan kualitas tidur.



10. Membersihkan diri

Apa jadinya jika tidur dalam keadaan kotor, bau, dan penuh peluh? Tentunya terasa mengganggu dan tidak nyaman. Sebaiknya, lakukan ritual minimal mencuci tangan, kaki, wajah, dan menggosok gigi. Tubuh yang wangi membuat nyaman dan tidurpun akan semakin nyenyak.


11. Gunakan aroma terapi

Wangi khas aromaterapi yang memberi efek menenangkan dipercaya ampuh mengusir insomnia. 


12. Berdoa
Kegiatan satu ini benar-benar baik untuk merelaksasi pikiran Anda. Sambil menunggu mata terpejam, ada baiknya sambil berdoa dan menenangkan pikiran. 


13. Membaca buku/kitab suci
Selain bisa menambah wawasan, membaca buku juga awal yang baik sebagai pengantar tidur. Diberitakan bahwa Mark Zuckerberg—pendiri Facebook—rutin membaca buku minimal 15 menit sebelum tidur, di samping membaca buku di jam-jam efektif. Kebiasaannya ini sukses mengantarkan ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Mark berhasil menduduki peringkat kelima orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.


Selain menjernihkan pikiran, membaca buku bisa juga sebagai persiapan untuk menyambut hari esok dengan semangat. 

14. Stop mendengarkan musik/suara-suara berisik


Bagi sebagian orang, tak lengkap rasanya jika tiur tanpa mendengarkan musik. Tapi, jangan sampai aktivitas ini berlarut-larut dan membuat proses memejamkan mata terganggu. Sebaiknya, jauhkan alat musik, lepaskan headphone dari telinga, dan mulailah memejamkan mata dengan tenang. 


15. Tidurlah dengan teratur
Jam biologis tidur yang berubah-ubah bisa memberi dampak buruk pada tubuh.  Salah satunya insomnia. Tubuh akan kesulitan menyesuaikan waktu jika jam tidur malam Anda tidak menentu.


16. Matikan lampu

Tidur berkualitas hanya akan bisa didapat jika suasana tenang dan nyaman. Salah satu cara mengkondisikan hal tersebut adalah dengan mematikan lampu utama dengan nyala terang. Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan lampu tidur yang tidak terlalu terang. Pancaran cahaya yang terlalu intens bisa membuat otak tetap bekerja walaupun mata telah terpejam.  


17. Konsultasikan pada dokter
Jika langkah-langkah di atas sudah Anda terapkan, namun insomnia terus berlanjut, maka konsultasikan masalah Anda ke dokter. Ceritakan apa keluhan Anda, dan dokter akan memberi solusi untuk masalah tidur Anda.




Baca Juga : 

Selamat mencoba !

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "17 Cara Paling Ampuh Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)"

Posting Komentar

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings