Penyebab Kulit Wajah menjadi Kering dan Cara Mengatasinya

CarakupunyaPenyebab Kulit Wajah menjadi Kering dan Cara Mengatasinya - Kulit kering merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada wajah. Biasanya, kulit kering pada wajah akan menyebabkan wajah terlihat kusam dan sulit dirias. Ciri yang lain yaitu kulit yang kering akan terasa kaku/tegang seperti tertarik saat mandi; terlihat mengkerut dan dehidrasi; terasa gatal dan terlihat pecah-pecah; bersisik (scaling) atau mengelupas (peeling); bahkan bisa menyebabkan pendarahan ringan.

Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Kering pada Wajah

1. Cuaca. Pada umumnya, cuaca yang dingin dan ekstrim dapat menyebabkan wajah menjadi kering karena kulit kehilangan kelembabannya.

2. Bertambahnya usia. Faktor usia juga mempengaruhi kesehatan kulit. Semakin tua usia seseorang, hormon-hormon yang diproduksi oleh tubuh semakin berkurang, termasuk hormon yang mengontrol kesehatan tubuh.

3. Mandi air panas / berenang. Terlalu sering mandi menggunakan air panas dapat mengikis lapisan minyak pada kulit yang merupakan pelembab alami pada kulit, sehingga wajah lebih cepat kering. Selain itu, terlalu lama berenang pada kolam yang mengandung klorin juga dapat menyebabkan kulit menjadi semakin kering.

4. Penggunaan sabun wajah salah. Menggunakan sabun wajah yang tidak cocok dengan jenis kulit kita bisa menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit, termasuk kulit menjadi kering. Selain itu, penggunaan sabun mandi untuk membersihkan wajah juga dapat menyebabkan wajah menjadi kering karena sabun mandi mengandung bahan yang terlalu keras bila digunakan pada wajah.

5. Ruangan ber-AC. Terlalu sering berada di ruangan ber-AC dapat menyebabkan wajah menjadi kering karena kehilangan kelembaban pada kulit.

Cara Mengatasi Kulit Kering

1. Mengatasi Wajah Kering dengan Pelembab Wajah dan Tabir Surya
Mengatasi Wajah Kering dengan Pelembab Wajah dan Tabir Surya
Cara pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan lotion atau pelembab pada wajah, karena kedua bahan ini praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Pakailah pelembab yang berbahan dasar krim atau air yang dapat mengunci kelembaban pada kulit. Saat yang paling tepat menggunakannya adalah setelah mandi atau setelah mencuci wajah. Jika wajah kita mengalami kekeringan yang fatal, kita bisa menggunakannya lebih sering selama tidak merusak kulit wajah. Lalu kita bisa melengkapinya dengan menggunakan tabir surya, jika kita sering beraktifitas di luar ruangan atau sering terpapar sinar matahari

2. Mengatasi Wajah Kering dengan Mandi yang Baik
Mengatasi Wajah Kering dengan Mandi yang Baik
Mandi yang baik cukup dua kali sehari. Dengan begitu wajah kita akan lebih terjaga kebersihannya  dan dengan mandi kita bisa memberikan kesegaran pada wajah. kemudian, hindari terlalu sering mandi menggunakan air panas, karena suhu air panas dapat mengikis lapisan minyak alami pada wajah. Hal tersebut dapat menyebabkan wajah lebih rentan menglami kekeringan dan kusam.

3. Mengatasi Wajah Kering dengan Mengkonsumsi Air Putih
Mengatasi Wajah Kering dengan Mengkonsumsi Air Putih
Rutin mengkonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter atau delapan gelas per hari dapat membantu menjaga kelembaban pada wajah dan mencegah kusam. Karena dengan rutin mengkonsumsi air putih, tubuh akan terhindar dari dehidrasi kulit yang menyebabkan wajah menjadi kering dan kusam. Kandungan mineral pada air putih memberikan asupan cairan yang menyehatkan tubuh, termasuk kulit wajah.

4. Mengatasi Wajah Kering dengan Mengkonsumsi Vitamin Yang Cukup
Mengatasi Wajah Kering dengan Mengkonsumsi Vitamin Yang Cukup
Penuhi nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A dan C, sehingga tubuh terjaga kebugarannya. Kemudian, konsumsi juga makanan yang mengandung Vitamin E. Karena Vitamin E sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, kulit lebih elastis dan lebih kencang.

5. Mengatasi Wajah Kering dengan Berolahraga secara Teratur
Mengatasi Wajah Kering dengan Berolahraga secara Teratur
Berolahraga bukan hanya menyehatkan organ-organ tubuh atau sekedar membentuk tubuh. Bahkan berolahraga juga dapat menjaga kesehatan pada kulit wajah. Ketika kita berolahraga, tubuh akan berkeringat. Saat wajah berkeringat, kulit wajah akan mengeluarkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Ini merupakan salah satu teknik facial yang mudah dan murah. Namun, jangan sekali-kali menggunakan make up ketika kita sedang berolahraga. Biarkan wajah Anda berada pada keadaan bersih tanpa make up.

6. Mengatasi Wajah Kering dengan Asupan Lemak yang Cukup
Mengatasi Wajah Kering dengan Asupan Lemak yang Cukup
Nutrisi dari lemak, khususnya asam lemak omega dapat membantu menjaga kelembaban pada kulit wajah. Karena nutrisi ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat menjaga kelembaban pada kulit, sehingga kulit tidak mudah kering dan kusam. Kita dapat memperoleh asupan lemak ini pada makanan seperti ikan salmon, buah kelapa, dan buah alpukat.

7. Mengatasi Wajah Kering dengan Beberapa Masker Wajah Pilihan
Jika cara-cara di atas masih belum memuaskan, terkadang kita ingin mengatasi kulit wajah yang kering melalui perawatan (treatment) pada wajah. Nah, cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan masker alami yang dapat mengatasi kulit wajah yang kering. Berikut adalah beberapa masker alami pilihan yang dapat kita gunakan :

a) Masker Minyak Zaitun
Masker Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang cocok digunakan untuk melembabkan kulit yang kering. Nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun dapat memberikan kesegaran yang melebabkan kulit wajah. Selain itu, minyak zaitun tidak akan mempengaruhi produksi minyak alami pada wajah. Caranya bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak zaitun pada wajah secara merata. Setelah 15 menit, bilas minyak zaitun pada wajah hingga bersih.
b) Masker Pisang Susu
Masker Pisang Susu
Masker pisang juga merupakan salah satu masker yang ampuh untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Pasalnya, kandungan vitamin dan mineral pada buah pisang sangat berkhasiat untuk menyegarkan dan melembabkan wajah yang kering dan kusam. Caranya, lumatkan buah pisang lalu campur dengan minyak zaitun secukupnya. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnnya. Tunggu sekitar 15-20 menit lalu bilaslah masker dari wajah hingga bersih.

c) Masker Lidah Buaya
Masker Lidah Buaya
Tanaman yang satu ini sangat baik karena kemungkinan kecil menyebabkan iritasi, bahkan bisa dibilang tidak ada efek samping iritasi dalam penggunaannya. Kandungan lidah buaya sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah. Selain itu, juga bermanfaat untuk membersihkan dan mencerahkan wajah. Caranya, cukup gunakan lendir lidah buaya untuk dioleskan pada wajah secara merata, lalu diamkan kira-kira 10 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

d) Masker Susu
Masker Susu
Bukan hanya bermanfaat untuk bagian tubuh seperti memperkuat tulang dan gigi. Susu juga bermanfaat untuk mengatasi wajah yang kering. Kandungan pada susu dipercaya mampu mencerahkan kulit, membersihkan wajah, bahkan mampu mencegah penuaan dini. Untuk membuat masker susu, didihkan dua sendok makan susu full cream dengan setengah gelas air. Diamkan hingga benar-benar dingin. Ambil lapisan kental yang berada pada permukaan air susu. Oleskan ke seluruh kulit wajah secara merata. Jangan lupa untuk menggosok secara lembut dan memijatnya dengan halus. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.
Demikian itulah pembahasan artikel Penyebab Kulit Wajah menjadi Kering dan Cara Mengatasinya kali ini. Mulailah dengan cara yang sederhana atau yang menurut Anda paling mudah dilakukan. Semoga ulasan yang sederhana ini memberikan manfaat untuk mengatasi wajah kering yang menggangu penampilan pada diri kita. Sampai jumpa ^_^


Pasang Iklan disini

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Penyebab Kulit Wajah menjadi Kering dan Cara Mengatasinya"

  1. Anda Punya penyakit ? Anda ingin mendapat Informasi tentang keputihan ? Wasir , kencing Nanah , Gonore?? Konsultasi Dokter secara online Gratis (PMS) www.m.klinikapollo.com jangan lupa kunbal gan

    BalasHapus
  2. Anda Punya penyakit ? Anda ingin mendapat Informasi tentang keputihan ? Wasir , kencing Nanah , Gonore?? Konsultasi Dokter secara online Gratis (PMS) www.m.klinikapollo.com jangan lupa kunbal gan

    BalasHapus