10 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya | Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari - Mengantuk adalah hal yang manusiawi. Apalagi di saat kita merasa benar-benar lelah dan letih. Namun, terkadang mengantuk itu bisa menjadi hal yang tak wajar apabila kita sering mengalaminya. Misalnya saja saat kita sedang mendengarkan guru di kelas, saat bekerja, atau bahkan saat kita sedang mengerjakan tugas yang menumpuk. Hal itu sangat mengganggu karena kita harus melawan rasa ngantuk yang berat di saat kita harus menyelesaikan pekerjaan kita.

10 Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari



Ada berbagai faktor penyebab rasa ngantuk yang kita alami sulit sekali dihilangkan. Misalnya saja karena faktor energi yang terkuras akibat bekerja keras, begadang semalaman, atau karena kondisi tubuh kita kurang mendukung. Sebenarnya, ada banyak cara ampuh dan mudah untuk mengatasi rasa ngantuk yang terjadi pada diri kita.


10 Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari


1. Aturlah Pola Tidur
Jagalah pola tidur Anda dengan baik. Tidur yang baik dilakukan selama kurang lebih 7 jam setiap harinya. Jika waktu tidur kita kurang, jelas kita akan merasa ngantuk. Selain itu, tidur siang yang terlalu lama akan mengakibatakn kita sulit tertidur di waktu malam, sehingga kita akan tertidur lebih malam dari jam tidur normal.

2. Batasi Jarak dengan Alat Elektronik
Jauhkanlah diri Anda dari alat-alat elektronik yang seperti televisi, komputer, speaker, dan alat-alat lain yang memiliki radiasi terlalu tinggi yang mengakibatkan kita lebih cepet lelah. Ditambah, jauhkanlah smartphone Anda dari posisi Anda tidur, karena tanpa kita rasakan secara langsung, radiasi smartphone bisa mengurangi kualitas tidur Anda. Ada baiknya bila kita mengaturnya menjadi airplane mode atau lebih baik bila dimatikan.

3. Matikan Lampu Kamar Tidur
Usahakan matikan lampu ketika kita hendak tidur. Cahaya almpu yang terlalu terang dapat membuat kita sulit unutk tertidur. Selain itu, terangnya cahaya lampu membuat mata kita beerja terlalu keras sekali pun kita sudah tertidur. Karena terkadang beberapa jenis lampu memiliki terang cahaya yang sebagian bisa menembus kelopak mata. Bagi Anda yang tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap, Anda bisa mematikan lampu kamar dan menggantinya dengan lampu tidur. Hal itu lebih baik karena lampu tidur tidak memiliki intensitas cahaya yang terlalu tinggi.

4. Lakukan aktivitas
Terkadang kita merasa berat ketika akan bangun di pagi hari. Bahkan, kita masih merasa lesu dan tak bergairah setelah bangun. Ketika bangun pagi, cobalah duduk sebentar di ranjang sambil mengatur nafas kita. Setelah itu, lakukanlah aktivitas pagi yang Anda senangi, misalnya menonton acara televisi, berjalan keliling rumah, atau berolah raga ringan, agar badan kita tergerak dan pikiran kita terangsang sehingga mengurasi rasa ngantuk yang menyebabkan kita menjadi malas.

5. Peregangan / Berolah Raga
Kita pasti sering terserang rasa ngantuk ketika baru mulai berlativitas, misalnya ketika kita baru beberapa jam duduk di meja kantor, atau beberapa jam berada di kelas. Untuk mengusir rasa ngantuk, kita bisa melakukan peragangan tubuh. Manfaatnya adalah agar hormon endorfin kita meningkat dan memperlancar sirkulasi darah di tubuh. Hal ini akna membuat tubuh kita terasa lebih nyaman dan bertenaga. Selain itu, rutin berolah raga akan meningkatkan sistem ketahanan tubuh kita, sehingga kita tidak mudah mengantuk di pagi hari.

6. Tahan nafas
Ketika kegiatan di ruangan sangat kondusif, misalnya di saat ujian di kelas atau di kantor masih ada sedikit orang, suasananya terlalu sepi sehingga kita lebih mudah mengantuk. Terkadang sutuasikita tak memungkinkan untuk melakukan olah raga ringan atau bahkan hanya sekekdar melakukan peregangan biasa. Cobalah menarik nafas melalui hidung dalam-dalam lalu tahan hingga batas kemampuan kita. Kemudian keluarkan melalui mulut secara perlahan-lahan saja, jangan langsung mengeluarkan semua. Kegiatan ini akan memicu kerja jantung sedikit meningkat, sehingga penekanan yang terjadi bisa mengusir rasa ngantuk.

7. Aturlah Menu Sarapan Pagi
Biasakanlah unutk sarapan pagi agar perut kita terisi tenaga yang cukup untuk melakuakn aktivitas kita di pagi hari. Jangan haya sekedar meminum kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk. Karena jka kita hanya minum kopi saja di pagi hari, perut kita masih belum terisi penuh. Selain itu, kopi hanya berdampka sementara terhadap rasa ngantuk kita. Ada berbagai menu yang tepat dan sehat seperti yogurt, susu, oatmeal, sereal, telur, roti gandum dengan selai kacang, pepaya, atau pisang, yang bisa kita pilih dan kita variasikan unutk sarapan pagi.

8. Segelas Air Putih
Minumlah segelas air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, terutama saat kita bangun pagi setelah semalaman cairan tubuh kita terkuras ketika kita tidur. Ada baiknya kita meminum air putih dingin karena lebih ampuh dibandingkan dengan air hangat. Namun, tak ada salahnya jika kita ingin minum segelas air hangat.

9. Mandi
Sebagian besar orang menganggap ini adalah cara yang paling efektif unutk menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari. Dengan mandi, kita bisa membersihkan badan kita dan menyegarkannya kembali. Setelah beberapa jam tertidur, badan kita pasti akan terasa lesu dan tidak bersemangat. Oleh karena itu, mandi di pagi hari adalah cara yang sangat ampuh. Selain itu, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mandi di waktu pagi-pagi buta (sekitar waktu Shubuh) adalah waktu yang sangat efektif untuk menyeharkan badan kita. Tentunya hal ini juga membuat badan kita segar lebih lama.

10. Sunbathing
Siapa yang tidak mengenal istilah sunbathing? Yah, sunbathing atau yang lebih akrab disebut sebagai berjemur merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Selain dapat memperkuat tulang-tulang kita, berjemur di pagi hari juga dapat memperlancar peredarah darah kita, sehingga pikiran kita bisa lebih kuat untuk konsentrasi.

Baca Juga :

Demikian itulah artikel Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari , cobalah untuk melakukan beberapa cara yang menurut Anda paling mudah dan ampuh untuk mengatasi rasa ngantuk Anda di pagi hari. Semoga bermanfaat ^_^



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "10 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari"

  1. artikel ini sangat bermanfaat sekali buat saya, apalagi saya ini sering ngantuk kalau kerja pagi pagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm iya mas semoga bisa bermanfaat ya

      Hapus