9 Cara Ampuh Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
CarakupunyaTips / Cara Ampuh Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar - Wajah yang sehat diawali dari kebersihannya. Banyak di antara kita yang sering melakukan kesalahan dalam membersihkan wajah. Atau mungkin kita tidak tahu bagaimana caranya membersihkan wajah dengan baik dan benar. Kesalahan dalam membersihkan wajah malah menyebabkan wajah rusak dan iritasi, juga malah membuat kotoran di wajah semakin menumpuk. Untuk itu, kita perlu memahami bagaimana caranya membersihkan wajah dengan baik dan benar.

Tips / Cara Ampuh Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar

Tips / Cara Ampuh Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar


Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membersihkan wajah, antara lain :

1. Bersihkan Tangan Terlebih Dahulu
Bersihkan Tangan Terlebih Dahulu sebelum mencuci wajah

Sebelum kita membersihkan wajah, terlebih dahulu kita bersihkan tangan kita. Jika tidak, maka kotoran yang berada pada tangan malah akan berpindah kada kulit wajah kita dan membuat kotoran di wajah menumpuk semakin banyak. Selain itu, ketika tangan kita yang belum bersih kita tuangi sabun wajah, maka kotoran tersebut akan bercampur dengan sabun wjah tersebut, sehingga ketika kita oleskan pada wajah, kotoran pada tangan juga ikut menempel pada wajah. Maka dari itu, bersihkan tangan kita sebelum kita membersihkan wajah.

2. Gunakan Air Hangat untuk Mencuci Wajah
Gunakan Air Hangat untuk Mencuci Wajah

Gunakanlah air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Air yang terlalu panas akan membuat kulit kering. Sedangkan air yang terlalu dingin akan merusak pembuluh-pembuluh darah pada wajah. Maka dari itu, gunakanlah air dengan suhu normal sesuai dengan suhu kita untuk membersihkan wajah.

3. Pilih Sabun Wajah yang Sesuai


Pilih Sabun Wajah yang Sesuai untuk membersihkan wajah

Perhatikan juga jenis sabun yang digunakan untuk membersihkan wajah. Salah menggunakan sabun muka dapat menyebabkan iritasi dan tidak bisa memberishkan wajah dengan optimal. Pilihlah sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita. Selain itu, hindari membersihkan wajah dengan sabun mandi, karena sabun mandi memiliki pH (tingkat kesamaan) basa, sedangkan wajah kita membutuhkan pembersih dengan pH netral. Penggunaan sabun mandi malah akan meyebabkan kulit wajah semakin kering, kusam, bahkan sampai iritasi. Membersihkan wajah dengan sabun adalah menghilangkan residu, kotoran, atau minyak sehingga harus dilakukan dengan rutin dan dengan sabun yang sesuai.

4. Hindari Mencuci Wajah dengan Sabun Terlalu Sering


Hindari Mencuci Wajah dengan Sabun Terlalu Sering

Wajah yang mulai kotor dan berminyak memang harus dibersihkan. Tapi, terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun wajah bisa menyebabkan wajah lebih kering dan rentan iritasi. Batas normal mencuci wajah adalah dua kali sehari. Jika kita memiliki jenis kulit wajah kering, kita mungkin perlu mencucinya dengan sabun wajah sekali dalam sehari. Sedangkan untuk jenis wajah yang berminyak, memang lebih tepat dua kali sehari, karena terlalu serng menggunakan sabun wajah malah membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak. Untuk mengatasi wajah kita agar minyak tidak berlebihan, cukup gunakan air bersih atau tisu basah.

5. Hindari  Menggosok Wajah dengan Handuk


Hindari  Menggosok Wajah dengan Handuk

Setelah dibersihkan, tentu wajah kita akan basah karena air. Sering kali kita mengeringkan wajah kita yang basah dengan handuk. Namun, mengeringkan wajah dengan cara menggosok adalah kesalahan yang fatal. Hal ini dapat menggores kulit wajah dan mengakibatkan keelastisitasan wajah berkurang. Selain itu, coba hindari menggunakan handuk yang sama dengan handuk mandi. Gunakan handuk khusus untuk mengeringkan wajah.

6. Gunakan Pelembab setelah Mencuci Muka


Gunakan Pelembab setelah Mencuci Muka

Terkadang, setelah mencuci wajah, kulit kita akan terasa kering karena sabun wajah yang kita gunakan. Untuk itu, gunakanlah pelembab wajah sebelum kulit kita benar-benar kering. Jika kulit kita sudah benar-benar kering, pelembab yang kita berikan pada wajah tidak akan bisa meresap secara maksimal.

Beberapa tips / cara di atas dapat digunakan secara umum untuk semua jenis kulit. Nah, berikut ini adalah tips / cara membersihkan wajah yang baik dan benar untuk kulit berjerawat, kulit berminyak dan kulit kering.

Tips / Cara Membersihkan Wajah Berjerawat
Membersihkan wajah memang dapat menghindarkan kita dari masalah dan gangguan yang sering muncul pada kulit. Namun, kita perlu perlakuan yang khusus untuk kulit berjerawat. Tips / cara membersihkan wajah dari kulit berjerawat antara lain :
  • Gunakanlah pembersih wajah khusus untuk kulit berjerawat. Dengan menggunakan sabun jenis ini, jerawat pada wajah kita akan lebih cepat teratasi. Selain itu, lengkapilah dengan pembersih wajah (toner) atau krim wajah khusus untuk kulit berjerawat, sehingga wajah kita terhindar dari jerawat yang semakin banyak.
  • Membersihkan wajah dua kali sehari. Runtinlah membersihkan wajah pada pagi hari, agar kulit kita terasa lebih segar. Juga rutinlah membersihkan wajah pada malam hari untuk mengangkat sisa make up yang menempel pada kulit. Sisa make up yang tidak segera dibersihkan akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat lebih banyak.
  • Bersihkan wajah secara lembut dan berhati-hati. Bila kita membersihkan wajah terlalu keras, hal itu akna menggores kulit wajah dan melukai wajah yang berjerawat. Luka jerawat yang tergores akan menyebabkan kulit menjadi iritasi.
Tips / Cara Membersihkan Wajah Berminyak
Sama halnya dengan wajah yang berjerawat. Wajah berminyak juga membutuhkan perlakuan secara khusus agar wajah tidak menghasilkan minyak yang berlebih. Tips / cara membersihkan wajah dari kulit berminyak antara lain :
  • Gunakanlah cleanser. Wajah kita yang berminyak sangat rentan mengkilap. Maka dari itu, unutk menghilangkna kilap pada wajah, cukup gunakan tisu basah atau kertas minyak untuk wajah. Kita jga bisa membilas wajah dengan air bersih, lalu keringkan menggunakan tisu atau handuk khusus wajah yang bersih.
  • Gunakanlah toner wajah. Tips membersihkan wajah berminyak juga dapat dilakukan dengan menggunakan toner wajah. Toner wajah dapat mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah. Caranya dengan mengusapkan kapas yang telah dibasahi dengan toner pada wajah secara lembut dan merata.
Tips / Cara Membersihkan Wajah untuk Kulit Kering
Kulit wajah yang kering juga butuh perlakuan yang berbeda dengan kulit jenis lainnya. Tips / cara membersihkan wajah dari kulit kering antara lain :
  • Pilihlah sabun wajah yang sesuai untuk jenis kulit kering. Beberapa jenis sabun berikut ini wajib dihindari bagi kita yang memiliki jenis kulit kering, antara lain : sabun yang terlalu banyak mengandung busa atau detergen, sabun keras seperti sabun yang mengandung sulfur atau antiseptik, sabun yang banyak mengandung alkohol, pewangi atau parfum buatan, pewarna dan pengawet
  • Bersihkanlah wajah dengan facial wash yang mengandung minyak. Kebanyakan orang memilih facial wash yang oil free untuk menghindari produksi minyak yang berlebih. Namun, bagi kita yang memiliki kulit wajah yang kering, penggunaan facial wash yang mengandung minyak dapat membantu kulit untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Cobalah facial wash yang mengandung minyak alami seperti minyak almond, minyak biji anggur, atau minyak biji bunga matahari, yang baik untuk kesehatan kulit.
  • Gunakanlah air hangat untuk mencuci wajah. Hal ini dikarenakan air yang hangat dapat membantu merangsang pruduksi minyak pada wajah. Dengan begitu, wajah kita tidak akan terlalu kering. Lalu, jangan lupa untuk memberikan pelembab pada wajah segera setelah wajah dibersihkan.
Baca juga :
8 Masker Alami dan Sehat untuk Mengatasi Wajah Berjerawat secara Alami
7 Masker Alami dan Sehat untuk Memutihkan Wajah secara Alami
10 Cara Ampuh Mengatasi dan Mencegah Wajah Berminyak dengan Tepat

Demikian itulah pembahasan artikel Tips / Cara Ampuh Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar kali ini. Semoga ulasan yang sederhana ini memberikan manfaat untuk mengatasi wajah berjerawat agar sehat dan mudah dirias. Selamat mencoba ^_^



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9 Cara Ampuh Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar"

Posting Komentar