10 Cara Ampuh dan Sehat Menambah Berat Badan secara Alami

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya10 Tips / Cara Ampuh danSehat Menambah Berat Badan secara Alami - Memiliki tubuh ideal adalah keinginan bagi setiap pria dan wanita. Tubuh ideal yang dimaksud disini bukanlah tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk. Namun, tubuh ideal yang dimaksud disini adalah tubuh yang sesuai proporsi dengan diri kita. Terkadang sebagian dari kita ada yang merasa dirinya terlalu kurus sehingga berusaha untuk menambah / menaikkan berat badan. Berbagai upaya akan dilakukan untuk mendapatkannya, misalnya dengan meminum obat atau ramuan herbal yang kini marak di kalangan masyarakat.


Setelah sebelumnya kita pernah membahas "6 Cara Diet Secara Alami Dan Sehat Dengan Waktu Singkat" dan "11 Macam Makanan yang Baik dan Efektif untuk Menurunkan Berat Badan secara Sehat dan Alami",  kini saatnya kita membahas bagaimana caranya untuk menambah / menaikkan berat badan secara alami. Banyak sekali di antara mereka yang ingin menambah / menaikkan berat badan justru melakukan kesalahan-kesalahan yang mengganggu kesehatan mereka. Berikut ini adalah beberapa cara / tips ampuh dan sehat untuk menambah / menaikkan berat badan secara alami :

Tips / Cara Ampuh dan Sehat Menambah Berat Badan secara Alami

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi
Berbeda dengan orang diet yang harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori rendah. Untuk menambah berat badan, cobalah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Beberapa contoh makanan yang mengandung kalori tinggi antara lain roti, buah alpukat, gandum, dan beberapa makanan lainnya. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan ini dengan porsi yang tidak terlalu berlebihan.

2. Konsumsi Buah-Buahan dan Sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat meningkatkan berat badan di tubuh, dengan cara mengkonsumsinya pada porsi yang tepat. Kandungan serat yang tinggi pada buah dan sayur dapat memperlancar metabolisme tubuh. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur, kita juga perlahan mengurangi konsumsi makanan yang kurang mengandung nutrisi, seperti snack atau junk food.

3. Tingkatkan Porsi Makan
Cara lain untuk menaikkan berat badan adalah dengan meningkatkan porsi makan kita. Namun, untuk memulai cara yang satu ini, lakukanlah secara perlahan, misalnya dengan menambah seperempat porsi dari biasanya. Lakukanlah secara rutin, dan apabila tubuh sudah terbiasa dengan porsi yang dilebihkan sedikit, kita bisa menambah jumlah porsinya secara perlahan. Jangan memaksa untuk meningkatkan porsi makan secara besar-besaran, karena hal itu akan mengejutkan sistem pencernaan kita untuk bekerja lebih keras. Ujung-ujungnya malah kita menjadi sakit.

4. Lebih Sering Makan
Jika kita sedikit kesulitan untuk meningkatkan jumlah porsi makan kita, masih ada cara lain untuk menambah berat badan kita, yaitu dengan cara lebih sering makan. Dengan cara ini, sistem pencernaan kita tidak perlu bekerja begitu keras untuk mencerna makanan. Namun, cara ini bisa membuat kita mengurangi porsi camilan kita yang tidak sehat, karena dengan lebih seringnya kita makan, kenyangnya perut kita membuat kita tidak terlalu ingin memakan camilan yang kurang sehat itu. Hal ini akan membuat berat badan kita bisa bertambah karena kita lebih sering makan makanan yang bernutrisi daripada camilan yang kurang menyehatkan.

5. Hindari Minum sebelum Makan
Hindari minum sebelum makan? Yah, karena hal ini akan membuat kita lebih cepat kenyang padahal porsi makan kita masih tersisa. Apabila kita minum sebelum makan, lalu kita berhenti makan karena kenyang, kondisi perut kita sebenarnya belum terisi nutrisi yang cukup karena kita belum menghabiskan porsi makan kita. Hal ini malah akan menghambat berat badan kita untuk bertambah.

6. Minum Air Putih yang Cukup
Minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Dengan rutin meminum air putih, tubuh kita tidak akna mudah kekurangan cairan. Selain itu, dengan rutin meminum air putih, maka kita akan terhindar dari minuman-minuman yang kurang menyehatkan badan, seperti minuman bersoda. Perbanyaklah minum air setidaknya delapan gelas setiap hari. Kebiasaan kecil ini justru dapat membantu Anda meningkatkan berat badan secara alami.

7. Mengunyah Makanan hingga Halus
Hal yang sepele ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena dengan mengunyah makanan hingga halus, maka proses pencernaan akan berlangsung lebih cepat sehingga nutrisi akan lebih banyak diserap oleh tubuh. Hal inilah yang membuat berat badan kita bisa meningkat. Cobalah mengunyah makanan hingga halus, terutama pada jenis makanan yang sulit dicerna tubuh, misalnya makanan yang keras dan berserat seperti daging.

8. Hindari Mengkonsumsi Minuman yang Mengandung Kafein
Berbagai macam minuman yang mengandung kafein seperti kopi harus dihindari. Pasalnya, kandungan kafein pada minuman tersebut dapat menahan nafsu makan kita, sehingga pola makan kita terganggu dan kebutuhan nutrisi tubuh tidak akan terpenuhi. Hal ini membuat berat badan kita sulit bertambah. Selain itu, ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein, asam lambung kita akan cepat naik dan menyebabkan maag yang akan menganggu kesehatan kita.

9. Berhenti Merokok
Bagi Anda yang perokok aktif, mungkin hal ini perlu diperhatikan. Ada kemungkinan bahwa Anda memiliki badan kurus karena Anda adalah perokok aktif. Ada sejumlah kandungan pada rokok yang mirip dengan kafein yang menyebabkan kita kurang nafsu makan, sehingga berat badan kita sulit meningkat. Selain itu, rokok yang tidak menyehatkan tubuh memang jelas akan merusak organ-organ tubuh kita. Bahkan, kita juga bisa saja mengganggu kesehatan orang lain karena asap rokok yang kita hasilkan.

10. Berolah Raga secara Teratur
Jangan berpikir bahwa olah raga yang teratur malah membuat berat badan kita turun, walau pun cara ini juga bisa dilakukan bagi orang yang sedang menjalani program diet. Dengan berolah raga secara teratur, massa otot kita akan naik yang juga akan menambah berat badan kita. Selain itu, dengan berolah raga secara rutin, akan membuat kita lebih sering makan. Disinilah kesempatan kita untuk memberi asupan tubuh dengan makanan yang bernutrisi.

Baca juga :

Demikianlah pembahasan artikel 10 Tips / Cara Ampuh dan Sehat Menambah Berat Badan secara Alami. Berusahalah sebaik yang Anda bisa lakukan dan jangan terlalu memaksa untuk merasakan hasilnya dalam waktu yang singkat. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba ^_^



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "10 Cara Ampuh dan Sehat Menambah Berat Badan secara Alami"

  1. makasip tipsnya sob, mau tak coba nanti supanya bb saya turun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ^_^

      Hapus