Penyebab dan 13 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan Pada Bibir Yang Menyakitkan Secara Alami

Carakupunya13 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan Pada Bibir Yang Menyakitkan - Sariawan merupakan keadaan dimana kita akan merasakan sakit yang luar biasa pada area bibir kita, bagi Anda yang pernah mengalami hal ini pasti bisa merasakan betapa luar biasanya sakit yang diakibatkan oleh sesuatu yang kecil, yakni mungkin terdapat luka atau goresan kecil yang terdapat pada area bibir. Biasanya diakbatkan karena bibir tergigit oleh gigi kita sendiri ataupun karena suatu hal lain yang mungkin tidak kita sadari. 

Bagi penderita sariawan biasanya akan merasa kesakita apabila bagian bibir yang terluka berbenturan dengan sesuatu, biasanya ketika menyikat gigi apabila sikat gigi sampai mengenai bagian bibir yang terluka atau sariawan maka akan terasa sakit yang tidak karuan, dan juga ketika makan sesuatu, meskipun itu sate sekalipun akan terasa tidak enak dan menyakitkan pada bibir karena mengalami sariawan atau bibir yang terluka tadi. Dan mungkin masih banyak aktifitas kita yang terhambat dikarenakan penyakit sariawan ini, Nah, bila Anda mengalami hal sariawan pada bibir maka dianjurkan agar bergegas mengambil tindakan untuk mengobati sariawan tersebut.

Diantaranya Anda bisa menggunakan obat atau bahan-bahan alami untuk menyembuhkan sariawan yang sedang Anda alami, karena selain bahan alami lebih mudah didapatkan di sekitar tempat kita dan juga tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan pada kita. Oke langsung saja berikut 13 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan Pada Bibir Yang Menyakitkan


Penyebab Timbulnya Sariawan Yang Menyakitkan Bibir

Keadaan sariawan yang kita alami ternyata bukan sesuatu yang terjadi secara kebetulan, tapi pasti ada hal-hal yang menjadi penyebabnya timbulnya, diantaranya :

1. Sariawan bisa terjadi dikarenakan kekurangan asupan nutrisi seperti Vitamin B 12, Vitamin C bisa menyebabkan sariawan dan zat besi.

2. Secara umum sariawan juga dapat terjadi karena bibir mulut yang tergigit oleh gigi kita, bisa saja pada saat anda makan ataupun saat anda ngobrol. Atau secara tidak sadar Anda menggigit bibir Anda sendiri.

3. Mengkonsumsi makanan yang panas secara berlebihan ataupun yang pedas-pedas, misalnya makan keripik yang pedas, sayuran yang pedas, gorengan, sambal dan lain-lain.

4. Selain itu, sariawan juga dapat diakibatkan karena penggunaan suatu produk kesehatan yang tidak cocok dengan kulit kita, misalnya menggunakan pasta gigi yang tidak cocok dengan gigi kita atau mengkonsumsi suatu obat-obatan yang memang tidak cocok dengan mulut kita.

5. Dan juga sariawan dapat disebabkan karena kebersihan mulut yang tidak terjaga, misalnya jarang menggosok gigi, jarang minum air putih dan lain-lain. Apalagi selalu lupa membersihkan mulut Anda menjelang tidur malam..

Atau bisa jadi penyebab sariawan Anda adalah karena keadaan suhu disekitar anda atau ditempat anda tinggal sekarang. 

Untuk bisa mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya sariawan yang terjadi pada bibir Anda, coba ingat kembali kegiatan apa saja yang Anda lakukan dalam kurun waktu seminggu lalu atau pada hari-hari sebelumnya, Nah setelah penyebab sariawan terdeteksi kita lanjut pada langkah berikutnya.

Menghentikan Kebiasaan Jelek yang bisa Mengakibatkan Sariawan

Seperti yang telah kita uraikan pada artikel diatas, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sariawan terjadi misalnya saja jika penyebab sariawan Anda dikarenakan terlalu banyak makan makanan yang pedas, maka berhentilah makan makanan tersebut. Jika sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C, maka cukupilah asupan vitamin C anda misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung bitamin C dsb. Jika penyebab sariawan adalah karena kebersihan mulut yang tidak terjaga, maka rajin-rajinlah untuk membersihkan mulut.


12 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan Pada Bibir Yang Menyakitkan


Ada beberapa langkah alami yang dapat Anda coba lakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengobati sariawan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi Sariawan Pada Bibir dengan Mengunakan Obat Parasetamol atau Mefenamat
Untuk menghilangkan rasa sakit karena sariawan Anda bisa menggunakan obat kumur atau obat yang diminum. Untuk obat yang dikumur bisa menggunakan listerin, cairan pada listerin dapat membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan infeksi pada kulit bibir, dan untuk obat yang diminum, Anda bisa menggunakan parasetamol atau asam mefenamat, namun ingat, disarankan berdasarkan dosis dari dokter, terutama dosis untuk anak kecil atau bayi dan juga balita, .

2. Mengobati Sariawan Parah dengan Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda
Selain cara diatas,  Anda juga bisa mencoba membuat obat buatan Anda sendiri, yaitu dengan membuat pasta berbahan garam dan baking soda. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mencampurkan garam dengan backing soda lalu tambahkan sedikit air. Setelah itu oleskan pada luka sariawan dan tunggu kurang lebih selama 10 menit, setelah itu basuh dengan air.

3. Menghilangkan Rasa Sakit Sariawan dengan Air Kelapa
Tidak dapat dipungkiri bahwa air kelapa dikenal dengan pendinginannya sehingga dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain dipercaya baik untuk mengatasi dehidrasi dan menghilangkan racun pada tubuh, air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.

4. Mengatasi Sariawan Pisang dan Madu
Anda dapat membuat pasta dari pisang dan madu untuk dijadikan obat oles pada sariawan. Caranya Anda haluskan buah pisangnya bisa dengan sendok ataupun diblender. Kemudian campurkan adonan tadi dengan madu secukupnya. Selanjuntnya Anda oleskan pada ulkus (luka sariawan). Hal tersebut berfungsi untuk mencegah peradangan.

5. Obat Alami Untuk Sariawan dengan Daun Jambu Biji
Daun jambu biji ternyata juga memiliki banyak manfaat, selain buahnya yang dapat dijadikan jus yang manis dan segar, ternyata daun buah jambu juga dapat mengobati sariawan. Caranya kunyahlah beberapa daun jambu biji lalu berkumurlah.

6. Mengatasi Sariawan dengan Yogurt
Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Dengan begitu anda dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan yang Anda alami. Selain itu anda juga telah melakukan langkah pencegahan sariawan.

7. Mengobati Sariawan dengan Meminum Vitamin
Minum vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan. Ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin tersebut.

8. Konsumsi Buah-buahan Yang Kaya Vitamin 
Misalnya anda bisa memakan tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya, manfaatnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh Anda.

9. Mengatasi Sariawan dengan Bawang Putih dan Pepaya
Anda juga dapat menggunakan bawang putih ataupun pepaya untuk menyembuhkan sariawan, Caranya sangat mudah, yaitu dengan menempelkan langsung bawah putih atau pepaya tersebut pada bagian luka sariawan.

10. Minyak Kelapa dan Madu Untuk Menyembuhkan Sariawan (lidah/bibir) 
Minyak kelapa bersifat anti bakteri, Anda dapat mencampurnya dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bagian bibir yang terluka dan meyebabkan sariawan. Sebaiknya lakukan langkah ini setiap Anda menjelang tidur.

11. Kunyit
Tumbuhan yang satu ini memang tumbuhan super, selain dapat dijadikan rempah-rempah atau bumbu masak yang mantap, kunyit juga sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit dibagian lambung atau saluran pencernaan. Selain itu juga kunyit ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, untuk caranya buatlah pasta dari kunyit. Langkahnya cukup mudah, cuci bersih kunyit, setelah itu haluskan & campurkan kunyit dengan satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau diblender. Selanjutnya oleskan ramuan tersebut pada bagian luka sariawan.

12. Mengatasi Sariawan Dengan Air Garam
Pada saat Anda mengalami sariawan, disarankan untuk mengobatinya dengan menggunakan air garam yaitu digunakan untuk obat kumur. Air garam digunakan untuk berkumur bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab terjadinya sariawan.

13. Menngobati Sariawan dengan Es Batu
Cara Alternatif lainnya yang bisa Anda coba untuk mengatasi sariawan adalah dengan menggunakan es batu, es batu bermanfaat untuk meredakan sakit dan bengkak akibat sariawan. Anda bisa menerapkan cara ini beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi tingkat peradangan sariawan.

Baca Juga : Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Dan Kering

Demikian artikel dari kami yang daapt kami bagikan untuk Anda mengenai 13 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan Pada Bibir Yang Menyakitkan, Intinya ketika kita menderita suatu penyakit maka solusi terbaik adalah dengan sabar dan berusaha menyembuhkannya, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan diri karena tubuh kita adalah aset yang sangat berharga. Oke, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ^_^



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Penyebab dan 13 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan Pada Bibir Yang Menyakitkan Secara Alami"

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings