8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler Secara Alami

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler Secara Alami - Hidung meler bisa terjadi pada siapa saja. Ada beberapa alasan mengapa anda bisa menderita hidung meler. Penyebab paling umum adalah infeksi virus sinus -biasanya flu biasa. Dalam kasus lain, hidung meler mungkin terjadi karena alergi, demam, atau penyebab lainnya. Influenza atau bersin-bersin yang disebabkan rhinitis alergi, alergi terhadap radikal bebas dan bulu-bulu hewan, sering menjadi penyebab hidung meler

8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler


Selain itu, penyebab lain adalah karena tubuh sedang lemah yang menyebabkan menurunnya sistem imunitas dalam tubuh kita, implikasinya terhadap tubuh kita adalah pilek. Namun, perlu diwaspadai bahwa tidak semua penyebab hidung berair adalah gejala flu biasa. 

Bisa saja ini sebab gangguan kesehatan lain dalam rongga hidung anda yang mengindikasikan adanya polip, atau karena serangan virus dan bakteri yang lama menetap didalam rongga hidung lalu menyebabkan peradangan dan infeksi. Keadaan tersebut menjadi penyebab seseorang menderita hidung berair atau meler, dan bisa saja kembali akan mengalir sesaat setelah cairan ingus dikeluarkan dan akibatnya sulit disembuhkan dalam jangka waktu yang relatif singkat.

               Sebenarnya, anda tidak usah terlalu khawatir dan panik dalam mengatasi hidung meler ini. Banyak “cara rumahan” bukan “murahan” yang bisa anda manfaatkan. Semua bisa anda temukan dengan mudah. Tentunya ini aman dan tidak menguras kantong anda. Akan tetapi, perlu anda ingat bahwa tidak ada yang instan bila itu alamiah. Ini bisa memakan waktu beberapa lama. Berikut adalah 8 cara ampuh mengatasi hidung meler.


8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler



Minum Banyak Cairan Khususnya Air Putih Saat Hidung Meler

8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler


Minum cairan dan tetap “terhidrasi” saat berhadapan dengan hidung meler. Ini memastikan bahwa lendir di sinus anda makin encer, sehingga menjadi konsisten keluar dan mempermudah bagi anda untuk membuang sebanyak mungkin lendir mukus satu ini. Jika tidak, mungkin tebal dan lengket, yang akan menghimpun lebih banyak lendir dalam hidung untuk dibuang. Tujuannya adalah mengurangi sebanyak mungkin lendir dalam hidung. Selain itu, bisa membantu membersihkan racun dalam tubuh. Hindari minuman yang membuat anda mengalami dehidrasi dan bukan terhidrasi. Ini termasuk minuman seperti minuman kopi dan minuman beralkohol.


Teh Panas Solusi Hidung Meler Anda

8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler


Di sisi lain, minuman panas seperti teh terkadang lebih bermanfaat daripada yang dingin. Ini karena panas dan uapnya, yang membantu membuka dan melonggarkan saluran udara. Teh herbal tertentu mungkin mengandung ramuan yang merupakan dekongestan. Carilah teh yang mengandung ramuan antiinflamasi dan antihistamin, seperti chamomile, jahe, mint, atau jelatang. Buat secangkir teh herbal panas (sebaiknya tidak berkafein) dan hirup uap sebelum minum. Sakit tenggorokan sering menyertai hidung meler - minum teh herbal panas bisa membantu menenangkan sakit tenggorokan juga.


Sauna Wajah Saat Hidung Meler

8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler


Menghirup uap panas telah terbukti membantu mengatasi hidung meler. Sebuah studi tahun 2015 tentang orang dengan flu ringan dan hidung meler membuktikan bahwa penggunaan uap cukup efektif. Ini memempercepat waktu pemulihan penyakit sekitar satu minggu dibandingkan dengan tidak menghirup uap sama sekali.

Selain menghirup uap dari secangkir teh panas, cobalah uap wajah. Begini caranya:

Panaskan air bersih di panci bersih di kompor Anda.

Panaskan saja cukup agar uap dibuat - JANGAN biarkan mendidih.

Letakkan wajah Anda di atas uap selama 20-30 menit setiap kali.

Ambil napas dalam-dalam melalui hidung anda. Istirahat jika wajah anda menjadi terlalu panas.

Hembuskan hidung anda sesudahnya untuk menyingkirkan lendir. Jika diinginkan, tambahkan beberapa tetes minyak esensial sebagai dekongestan ke air uap wajah anda. Sekitar dua tetes per ons air sudah cukup. Eucalyptus, peppermint, pinus, rosemary, sage, spearmint, pohon teh (melaleuca), dan minyak thyme adalah pilihan bagus. Senyawa pada tanaman ini (seperti mentol dan timol) juga ditemukan di banyak dekongestan. Jika anda tidak memiliki minyak esensial ini, gunakan ramuan ini dalam bentuk kering. Ganti uap wajah anda menjadi teh herbal dan hirup uapnya - anda akan mendapatkan manfaat yang sama.


Mandi Air Panas untuk Atasi Hidung Meler

8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler


Apa anda butuh solusi cepat? Apa anda butuh kepastian? Cobalah mandi air panas. Sama seperti teh panas atau uap wajah, semprotan air panas bisa membantu meringankan hidung yang berair dan pengap. Tempatkan wajah dan hidung anda langsung di uap dan hiruplah uap beserta air masuk ke hidung untuk hasil terbaik. Lendir akan keluar bersama air dan hidung meler akan segera sembuh.


Mengonsumsi Makanan Pedas

8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler


Makanan pedas bisa membuat hidung berair semakin parah. Namun, bila anda ingin lendir segera habis, makan makanan pedas bisa membantu. Jika anda bisa mentolerir sedikit panas dalam makanan anda, cobalah. Jika anda tidak terbiasa dengan kepedasan, cobalah sedikit bumbu pedas pada awalnya untuk melihat apakah ini membantu. Bumbu panas seperti cabe rawit, lada hantu, habanero, wasabi, lobak, atau jahe adalah pilihan bagus. Bumbu ini, sekaligus menciptakan rasa panas saat dimakan, melebarkan pori-pori di tubuh dan bisa meringankan masalah sinus.


Beristirahatlah yang Banyak

8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler


Bila anda merasa tidak enak badan, sangat penting untuk mendapatkan banyak tidur agar tubuh anda dapat sembuh. Plus, istirahat akan memberi anda tenaga yang sangat dibutuhkan tubuh anda. Beberapa zat yang mempengaruhi daya tahan tubuh diproduksi saat anda istirahat.


Bersihkan Hidung Anda Secara Teratur

8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler


Bila hidung Anda berair, hembuskan. Cara terbaik untuk menangani hidung meler adalah mengeluarkan cairan. Jika Anda tidak berhasil mengeluarkan iritan dari lubang hidung Anda, cobalah poli neti atau produk pengencer mukus lainnya!


Hindari Penyebab Iritasi Hidung

8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler


Hidung berair dapat disebabkan oleh alergi terhadap serbuk sari, hewan peliharaan, lateks, tungau debu, dan makanan. Jika anda terus-menerus berhubungan dengan hewan, tumbuhan, atau bahan yang membuat anda alergi, anda mungkin semakin sering mengalami hidung meler. Jika anda memiliki alergi, cobalah untuk menjauh dari hewan peliharaan dan minum obat jika anda ingin bersentuhan untuk waktu yang lama.

Bersihkan rumah anda dengan hati-hati untuk menghilangkan tungau debu, dan jauhi makanan dan hewan yang sekiranya anda alergi. Hidung meler juga bisa disebabkan oleh cuaca yang terlalu kering atau dingin. Cobalah menggunakan pelembab udara untuk mengembalikan kelembaban udara di rumah anda. Jaga kelembapan udara dan hangatkan udara untuk menjaga agar hidung tetap nyaman. Udara dingin yang kering bisa mengiritasi selaput lendir dan menyebabkan rhinitis. Bagian hidung kering bisa menjadi terinfeksi dan berdarah.

Baca Juga :

Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Masuk Angin
10 Cara Ampuh Mengobati Demam Pada Anak Secara Alami

Demikian 8 cara ampuh mengatasi hidung meler yang bisa anda terapkan. Silakan pilih mana yang cocok bagi anda. Semua bisa anda coba dan lihat sendiri hasilnya. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan anda. Jangan remehkan penyakit ringan. Segera tangani sebelum semua makin memburuk. Terima kasih J 



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Meler Secara Alami"

Posting Komentar