Penyebab dan 5 Cara Mudah Mengatasi Tangan Gatal dengan Cepat dan Aman

CarakupunyaPenyebab dan Cara Mudah Mengatasi Tangan Gatal dengan Cepat - Apakah Anda juga pernah mengalami kondisi tiba-tiba telapak tangan terasa gatal dan ingin terus menggaruknya. Terjadinya telapak tangan terasa gatal ini merupakan gejala yang lazim dialami seseorang karena beberapa penyakit yang diderita. Biasanya, jika hal ini mungkin jarang terjadi dan terjadi secara tiba-tiba, maka bisa disimpulkan kulit tangan kita alergi terhadap sesuatu dan cukup diolesi menggunakan salep khusus kulit. Namun, jika masalah ini berkelanjutan tentu akan membuat tidak nyaman dan harus dilakukan penanganan khusus atau Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter.

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Tangan Gatal dengan Cepat

Penyebab Telapak Tangan Terasa Gatal

Faktor atau kondisi penyakit tertentu bisa menjadi hal yang menjadi penyebab telapak tangan gatal secara tiba-tiba.  Gangguan yang terjadi tersebut adalah sirosis bilier primer. Pada umumnya penyakit ini menyebabkan gatal pada telapak tangan bahkan juga pada telapak kaki. Tingkat rasa gatal ini juga kadang berubah sesuai dengan keadaan lingkungan dan biasanya akan terjadi ketika malam atau siang hari. Nah rasa gatal ini sebenarnya disebabkan oleh adanya asam empedu yang terdapat di dalam aliran darah, yang merupakan hasil patologi dari sistem saluran empedu.

Telapak Tangan Gatal Akibat Alergi

Penyebab telapak tangan gatal ini juga bisa diperkirakan karena adanya alergi seperti alergi terhadap makanan dari jenis tertentu seperti kacang-kacangan, ikan laut, ataupun makanan yang lain yang mungkin tidak kita ketahui. Nah selanjutnya adalah tunnel syndrome carpal, yang disebabkan oleh gangguan pada saraf median. Hal ini mungkin diakibatkan oleh terlalu banyak menulis, mengetik dan kegiatan yang menggunakan jari dan tangan. Gejalanya berupa nyeri, gatal, mati rasa pada telapak dan jari-jari tangan.

Terakhir, faktor penyebab telapak tangan gatal adalah lupus eritematosus sistemik (SLE) yaitu penyakit yang biasanya menyerang pada sel-sel tubuh yang sehat. Gejalanya, kemerahan pada kulit telapak tangan, ruam-ruam jari gatal. Pengobatan pada telapak tangan yang gatal bergantung pada penyebab dari munculnya rasa gatal tersebut. Sayangnya, dibutuhkan waktu dan proses yang cukup kompleks untuk mendiagnosa penyebab dari penyakit ini.


Cara Efektif Untuk Menghentikan Gejala Telapak Tangan Gatal

Rasa gatal pada  tangan ini juga pernah pribadi saya sendiri alami, rasanya ketika digaruk tidak akan berasa apa-apa namun kalau tidak digaruk akan terasa gatal yang luar biasa. Meskipun tergolong keadaan yang cukup rumit, namun paling tidak kita dapat berusaha menghentikan atau setidaknya kita bisa mengurangi gejala telapak tangan terasa gatal tersebut.

1. Faktor Primary Biliary Cirrhosis, Kondisi ini menyebabkan gatal-gatal atau kulit pruritus. Bahkan jika penyakit belum berkembang, salah satu dari tanda-tanda yang paling awal adalah gatal pada telapak tangan dan juga telapak kaki. Tingkat keparahan gatal berfluktuasi karena baik bisa menyerang yang terburuk di malam hari atau di siang hari. Gatal dikatakan disebabkan oleh asam empedu bebas dalam aliran darah, yang hasil dari patologi dari sistem saluran empedu dapat menggunakan asam ursodeoxycholic untuk menunda perkembangan penyakit. Untuk mengurangi rasa gatal, antihistamin adalah pilihan yang tepat.

2. Kedua, bagi Anda yang mengalami telapak tangan gatal yang disebabkan karena Alergi, cobalah untuk menghindari hal-hal yang mendatangkan alergi Anda tersebut. Misalkan menghindari makanan atau bahan-bahan lainnya yang menyebabkan alergi. Untuk mengatasi gatal dan mengurangi dampak jeleknya, Anda bisa menggunakan antihistamin kuat dapat digunakan.

3. Selanjutnya, Untuk Anda yang mengalami telapak tangan gatal dikarenakan Carpal Tunnel Syndrome bisa diobati dengan cara non bedah atau bedah secara alami.  Ibuprofen dan aspirin serta kortikosteroid seperti prednisone mampu meringankan tekanan saraf dan mengurangi gejala gatal hingga batas tertentu. Untuk pengobatan alami, akupuntur terbukti dapat mengurangi sakit dan memperkuat pegangan tangan.

4. Untuk Anda yang mengalami telapak tangan gatal dikarenakan Eksim, Ini adalah suatu kondisi penyakit yang luas yang memiliki banyak subtipe yang sebagian besar ditandai dengan telapak tangan gatal, kaki, dan kulit pada umumnya. Jenis yang kurang umum eksim dikenal gejala ciri atas telapak tangan gatal dan telapak kaki. Kondisi ini dikenal sebagai dyshidrosis atau dermatitis palmoplantar. Angka (jari) juga gatal di sisi mereka. 

Gatal memburuk pada malam hari dan selama kondisi cuaca hangat. Tidak terdapat pengobatan khusus untuk penyakit dengan katogori ini. Pengobatan yang dilakukan hanya bersifat mengurangi rasa gatal yang diderita. Sedangkan untuk dermatitis atopik pengobatan berfokus pada perawatan serta emolien untuk meredakan alergi dan pembengkakan. Untuk meringankan rasa gatal, antibiotik, antihistamin dan steroid dapat digunakan bersama-sama.

5. Terakhir SLE. Lupus Eritematosus Sistemik - SLE adalah penyakit autoimun, yang berarti menyerang atau membunuh sel-sel sehat tubuh. Tanda-tanda dan gejala dari SLE termasuk lesi dan kemerahan pada telapak tangan. Ruam dapat menjadi sangat gatal, sehingga sangat tidak nyaman bagi mereka yang mengalami telapak tangan gatal. Meskipun sulit disembuhkan, dapat diredakan dengan obat kekebalan tubuh seperti siklofosfamid dan kortikosteroid.

Solusi terakhir yang bisa kalian coba yaitu dengan membiarkan tangan gatal tersebut, biasanya keadaan tangan gatal ini akan hilang dengan sendirinya tanpa kita sadari. Asalkan kita sanggup untuk menahan rasa gatal yang terdapat pada tangan kita hingga rasa gatal tersebut hilang dengan sendirinya.

Atau bisa juga dengan istiratkan badan Anda, keadaan ini akan membuat tubuh kita memperbaiki diri dan menetralisir rasa gatal yang terdapat pada tangan kita.

Baca Juga :


Demikian pembahasan kali ini mengenai Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Tangan Gatal dengan Cepat , Intinya ketika kita mengalami masalah penyakit telapak tangan gatal ini hendaknya bisa ditangani dengan cara yang tepat. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Edited By : Flady Nasrulloh

Tag : telapak tangan gatal artinya,telapak tangan gatal dan bengkak,gatal pada telapak tangan dengan bentol kecil berisi cairan,cara menghilangkan gatal di telapak tangan secara alami,gatal di telapak tangan dan berair,telapak tangan gatal dan berbintik,telapak tangan sering gatal tanpa sebab,telapak tangan gatal dan panas


Pasang Iklan disini

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Penyebab dan 5 Cara Mudah Mengatasi Tangan Gatal dengan Cepat dan Aman"

  1. wah, menambah wawasan saya gan, thanks!

    BalasHapus
  2. Thanks gan Sangat bermanfaatartikelnya.. Pernah ngalamin kayak gitu jg..

    BalasHapus
  3. Thanks gan Sangat bermanfaatartikelnya.. Pernah ngalamin kayak gitu jg..

    BalasHapus
  4. Kalo kata orang dulu , telapak tangan gatel yang kanan artinya mau dapet rejeki tuh gan , emang bener atau cuma mitos ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh ada2 aja itu gan, kan risky iku datangnya dari Alloh dan kita disuruh berusaha dan berdoa saja..

      Hapus
  5. kalau yang gatal-gatal telapak kaki gimana gan tipsnya..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm nanti kita bahas pada artikel selanjutnya insy

      Hapus
  6. hoho info nya menarik sekali ... untung aja ane gk pernah :3

    BalasHapus
  7. ternyata banyak sekali ya gan penyebab2nya , thanks ..

    BalasHapus