15 Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami

15 Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami- Rambut merupakan mahkota yang menghiasi kepala seseorang, khususnya bagi kaum perempuan. Peran rambut dianggap sangat penting, disamping bisa mempercantik seorang wanita, tidak jarang yang menggunakan rambut indahnya untuk mengikuti ajang bergaya rambut. Memiliki rambut indah, kuat dan sehat tentu saja menjadi keinginan setiap insan. Dengan memiliki rambut yang subur dan sehat akan menambah rasa percaya diri pada seseorang.


Maka dari itu apabila terjadi beberapa masalah pada rambut, misalnya rambut mengalami kerontokan dan bahkan kering, maka rambut haruslah dirawat dan diberi solusi yang terbaik agar rambut bisa sehat kembali dan menjadi lebih kuat. Tahukah Anda bahwa rambut yang mengalami kerontokan berkisar antara 50-100 helai setiap harinya itu adalah hal yang wajar, namun, apabila Anda mengalami kerontokan rambut lebih dari batas kerontokan normal tersebut maka perlu dilakukan perawatan yang baik dan berkala sehingga kerontokan pada rambut tidak bertambah parah. 

Selain itu perlu anda ketahui juga bahwa pertumbuhan rambut kita dibagi dalam 3 fase yaitu fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase kerontokan. Nah setelah fase kerontokan tersebut maka rambut kita akan kembali tumbuh karena rambut rontok hanya sampai pada umbi, sedangkan papil atau bibit rambut dibawahnya sudah menyiapkan rambut baru sebagai penggantinya.

Anda dapat memilih cara yang mudah dan praktis dengan menggunakan obat terpercaya yang terdapat di pasaran untuk menjadi solusi rambut rontok Anda, atau Anda juga bisa menggunakan beberapa cara alami dari bahan tradisional. Dan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam memilih obat yang terpercaya di pasaran Anda harus cermat dan teliti, selain itu harga yang diberikan juga relatif melihat kemanjuran produk tersebut, sehingga cara alami tentu lebih dianjurkan karena Anda sendiri yang akan mengetahui bahan alami yang digunakan sehingga yakin bahwa bahan alami yang akan Anda gunakan tidak berbahaya dan tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan tubuh Anda. Selain itu, cara dan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok relatif murah dan juga mudah ditemukan disekitar tempat tinggal Anda.


Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alam


Rambut rontok biasanya disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya karena asap polusi , kekurangan nutrisi, paparan terik sinar matahari, faktor hormon, stress, pemakaian bahan kimia, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, Anda juga perlu meneliti penyebab dari kerontokan rambut Anda. Pasalnya rambut rontok juga dapat menjadi sebuah tanda adanya penyakit tertentu pada tubuh anda.

Nah setelah kita mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya kerontokan rambut parah kita, selanjutnya adalah solusi untuk mengobati rambut rontok tersebut. Berikut beberapa bahan alami beserta caranya yang kami ambil dari beberapa sumber terpercaya yang dapat Anda praktikan untuk mengatasi masalah rambut Anda. Silahkan disimak ulasan lengkapnya ^_^

1. Putih Telur
Putih telur memiliki banyak manfaat untuk perawatan tubuh kita, salah satunya yakni untuk rambut.
Penggunaan putih telur pada rambut dipercaya bisa membantu dalam memelihara tekstur dan kelembutan rambut yang Anda miliki.
Caranya :
- Pisahkan antara putih telur dan kuning telur
- Aduk-aduk putih tersebut pada wadah hingga berbentuk pasta
- Oleskan adonan tersebut pada rambut Anda hingga merata untuk memperlambat dan juga mengobati rambut rontok Anda

2. Campuran Tomat, Minyak Zaitun, dan Lidah Buaya
Beberapa bahan alami juga bisa dicampurkan dan digunakan untuk mengobati rambut rontok Anda.
Caranya :
- Siapkan tomat, minyak zaitun dan lidah buaya
- Ambil satu tomat lalu hancurkan pada wadah dan tambahkan satu sendok minyak zaitun
- Panaskan campuran ini hingga terasa hangat
- Oleskan ramuan ini pada kulit kepala Anda
- Diamkan sekitar 25-30 menit
- Bilas dengan air sampai bersih

3. Lidah Buaya Dan Madu
Vitamin dan mineral sangat baik untuk rambut, kedua bahan tersebut bisa Anda temukan pada lidah buaya dan madu. Kedua bahan alami ini bisa menjadikan rambut Anda subur dan menghentikan rambut rontok Dan pembuatannya pun juga sangat mudah.
Caranya :
- Potonglah sebatang lidah buaya dan pisahkan kulit dan buang getah yang menempel pada kulit lidah buaya karena gatal
- Gunakan gel dari lidah buaya saja, campurkan gel tersebut dengan sedikit madu
- Oleskan ramuan tersebut pada rambut Anda
- Diamkan sekitar 20 menit
- Setelah itu bilas dengan air sampai bersih

4. Teh Hijau
Teh hijau terkenal dengan khasiatnya untuk melangsingkan badan, namun tahukah Anda kandungan antioksidan pada teh jijau juga memiliki manfaat untuk mengurangi kerontokan pada rambut Anda, serta dapat memberikan kesegaran pada kulit kepala Anda.
Caranya :
- Sediakan teh hijau secukupnya
- Seduhlah teh hijau tersebut lalu diamkan semalaman hingga basi
- Gunakan ramuan tersebut untuk dibasukan pada permukaan rambut Anda
- Diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air hangat

5. Protein 
Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut Anda. Cara mengobati rambut rontok secara alami juga bisa dengan mengkonsumsi protein dengan jumlah yang cukup, protein pada tubuh kita dapat membantu pertumbuhan pada rambut dan menghentikan rambut rontok. Mulai dari sekarang Anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, telur atau bisa juga dengan mengkonsumsi protein shake sehingga rambut Anda akan tumuh kuat, sehat dan lebih tebal.

6. Kemiri 
Kemiri memiliki kandungan yang berkhasiat untuk menjadikan rambut lebih hitam, sehat, serta bisa digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri berkhasiat membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala Anda.
Caranya :
- Sangrai kemiri yang telah ditumbuk kasar
- Setelah disangrai, tumbuklah sampai halus hingga mengeluarkan minyak
- Selanjutnya, usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut Anda
- Diamkan selama 20-30 menit
- Keramas dengan samphoo hingga rambut terlihat bersih dan segar

7. Bawang Putih
Selain menjadi bumbu masakan yang enak, ternyata bawang putih juga memiliki manfaat untuk mengobati rambut rontok.
Caranya :
- Ambil beberapa butir bawang putih dan haluskan
- Balurkan bawang putih yang telah dihaluskan pada rambut sampai rata
- Diamkan hingga 20-30 menit
- Bilas dengan air hingga bersih

8. Minyak Lavender
Minyak lavender dipercaya juga berkhasiat untuk mengobati masalah rambut rontok Anda dan terbukti bisa menigkatkan pertumbuhan pada bagian rambut Anda.
Caranya :
- Sediakan minyak lavender
- Ambil secukupnya pada tangan lalu dipijatkan pada kulit kepala Anda
- Lakukan selama 15-20 menit
- Bilas hingga bersih dan lakukan secara rutin dua minggu sekali

9. Minyak Esensial 
Beberapa minyak esendial yang terbukti dapat menjadi solusi masalah rambut rontok yaitu seperti minyak zaitun, minyak wijen dan minyak kelapa.  Caranya hampir sama dengan yang diatas yaitu dengan membalurkan minyak esensial pada rambut dan kulit kepala Anda dengan secukupnya dan lakukan juga pemijatan secara lembut. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Buah Alpukat
Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat, Anda dapat menjadikan buah alpukat sebagai masker pada rambut Anda. Kandungan protein pada buah alpukat sangat efektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberikan nutrisi pada rambut Anda. Selain itu, buah ini juga dapat menjadi alat perangsang pertumbuhan rambut Anda. Caranya cukup dengan menghaluskan buah alpukat lalu balurkan pada rambut secara merata. Diamkan beberapa menit lalu bilas rambut dengan sampoo hingga bersih.

11. Yougurt
Yougurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut Anda. Caranya sangat mudah kok, yaitu Anda dapat mengoleskan yougurt pada bagian kulit kepala Anda lalu biarkan selama 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

12. Jahe
Jahe ternyata juga menyimpan khasiat ampuh untuk mengatasi rambut rontok Anda, caranya sangat mudah dan hampir sama dengan yang diatas. Tumbuklah jahe secukupnya sampai halus lalu balurkan pada rambut Anda, lalu diamkan beberapa saat dan bilas dengan air sampai bersih. Anda juga dapat mengkombinasikan jahe ini dengan bawang putih untuk menambah manjur khasiatnya.

13. Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang biasanya digunakan untuk obat sakit tenggorokan ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati rambut rontok. Dengan mengambil beberapa jeruk nipis saja, Anda dapat melakukan perawatan rambut rontok secara sehat dan alami. Caranya sangat mudah yaitu iris buah jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu usapkan pada kulit kepala. Jika Anda juga memiliki ketombe obat alami ini sangat efektif untuk menghilangkan ketombe dengan cepat. Nah setelah diusap Anda diamkan selama 15-20 menit, setelah itu bilas dan keramas hingga rambut terlihat bersih dan segar.

14. Hair Tonic
Hair tonic merupakan alternatif yang sangat dianjurkan jika Anda memiliki uang lebih. Sekarang hair tonic telah tersedia dalam berbagai merk dengan harga yang terjangkau. Tinggal Anda yang menentukan hair tonic mana yang paling cocok dan baik untuk mengatasi rambut rontok Anda.

15. Jangan Disisir ketika Basah
Pada umumnya, seseorang langsung menyisir rambutnya ketika masih basah terutama ketika selesai mandi, padahal kebiasaan ini tidak dianjurkan. Dan juga tidur dengan keadaan rambut masih basah juga dapat membuat rambut menjadi cepat rontok. Karena dalam keadaan rambut yang basah, resiko rambut patah semakin tinggi. Selain itu, Anda bisa memilih sisir yang mempunyai gigi jarang agar kerontokan dan resiko rambut patah dapat diminimalisir.

Baca Juga : Cara Ampuh Agar Rambut Tidak Cepat Beruban

Demikian artikel dari kami yang mengenai 15 Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami. Semoga dengan mempraktikan beberapa cara alami diatas dapat memberikan manfaat pada teman-teman yang sedang mengalami masalah rambut rontok. Dan bagi Anda yang memiliki rambut yang kuat dan sehat harus disyukuri dan terus menjaga serta merawat agar rambut tetap sehat, kurat dan hitam lebat. Dan silahkan menerapkan pola hidup sehat agar badan kita tetap sehat dan awet muda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^_^

Kata Kunci Terkait : mengatasi rambut rontok secara alami,mengatasi rambut rontok parah,mengatasi rambut rontok pada pria,mengatasi rambut rontok setelah melahirkan,mengatasi rambut rontok saat menyusui,mengatasi rambut rontok parah pada wanita,mengatasi rambut rontok dan ketombe,mengatasi rambut rontok dan kering

Apa teman-teman menyukai artikel 15 Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami diatas ?Jika bermanfaat, jangan lupa tekan tombol dibawah ini ya :D ?? Terima kasih. .
Share ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

PERHATIAN

Anda baru saja membaca artikel "15 Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami", silahkan tinggalkan komentar atau saran yang baik. "DILARANG COPAS".
Karena artikel ini dilindungi oleh : DMCA Protected.
Terima Kasih Atas Pengertiannya. Sukses Selalu !!
25 Responses to "15 Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami"
  1. Wah bermanfaat, bisa dicoba mantap gan!

    BalasHapus
  2. thanks gan, bermanfaat nih :)

    BalasHapus
  3. sangat bernmanfaat gan nice post (y)

    BalasHapus
  4. baru tau kalo yoghurt bisa jugak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, silahkan dicoba sendiri

      Hapus
  5. bagus gan,apalagi kayak kami para wanita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sista, silahkan dipraktekan ya dan semoga bermanfaat

      Hapus
  6. Mantep gan, jangan lupa kunjungi blog saya juga yah www.igihcksn.net

    BalasHapus
  7. Ane malah kpingin pendek, tiap bulan 2 kali ptong rambut, klrga ane trglong cpt tmbuh rmbutnya
    nice info gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm gitu gan, cepet banget gan ...josh

      Hapus
  8. Wah bermanfaat banget nih makasih infonya

    BalasHapus
  9. Saya pernah nyoba pake putih telur :v

    BalasHapus
  10. nice artikel gan, , jadi namabah pengetahuan nih gan

    BalasHapus
  11. wahh saya sering banget gan menyisir rambut satt basah , pantas saja rambut saya rontok ..

    BalasHapus

=

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings