12 Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
CarakupunyaTips / Cara Sehat Mengecilkan Perut Buncit - Sering kali kita merasa tidak percaya diri dengan kondisi tubuh kita. Perut buncit adalah salah satu hal yang menyebabkan kita tidak bisa tampil maksimal karena sebagian besar orang menganggap perut buncit itu adalah suatu kekurangan fisik. Perut buncit tidak hanya dimiliki oleh mereka yang mengalami obesitas dan kegemukan badan. Bahkan, mereka yang memiliki badan ideal atau kurus sekali pun bisa memiliki perut yang buncit. Perut buncit terjadi karena adanya penimbunan lemak pada bagian perut. Untuk itu, kali ini kita akan mengulas beberapa cara untuk mengecilkan perut yang buncit.


Tips / Cara Mengecilkan Perut Buncit


1. Memasak Makanan Sendiri
Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah memasak sendiri makanan yang kita konsumsi. Hal ini dikarenakan kita dapat meminimalisir mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi dan menyebabkan perut buncit. Dengan adanya kita memasak makanan untuk diri kita sendiri, kita bisa dengan mudah memilih menu diet untuk mengecilkan perut buncit kita. Beberapa makanan yang baik untuk mengecilkan perut buncit antara lain apel, buah jeruk, cabai, kacang-kacangan, kayu manis, ketimun, jahe, asparagus, tomat, buncis, semangka, yogurt, oatmeal. Makanan-makanan tersebut sangat baik untuk membakar lemak. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori.

2. Mengubah Kebiasaan / Pola Makan
Seringkali kesibukan kita membuat jadwal makan kita menjadi tidak teratur. Ada kalanya kita memiliki sedikit waktu untuk mengisi perut kita sehingga kita berusaha makan dalam porsi banyak pada satu kali makan. Hal ini adalah kesalahan karena makanan yang kita konsumsi tidak bisa mengubah lemak menjadi energi, sehingga terjadi penumpukan lemak pada tubuh. Ada baiknya kita sering makan tapi dalma porsi yang cukup / sedikit, sehingga makanan yang kita konsumsi bisa menjadi energi dan tubuh hanya menyimpan sedikit lemak.

Selain itu, kita perlu mengurangi komsumsi minuman yang terlalu banyak mengandung gula atau pemanis, juga mengurangi frekuensi mengkonsumsi junk food yang berlebihan. Untuk itu, usahakan kita perbanyak meminum air putih, antara 8 sampai 10 gelas setiap hari. Rutin meminum air putih dapat menekan nafsu makan yang berlebih, juga dapat menjaga kesehatan sel dan membantu pencernaan.

3. Olahraga untuk Mengecilkan Perut
Olahraga memang salah satu cara yang paling efektif untuk melakukan program diet. Begitu juga dengan mengecilkan perut, ada olahraga tersendiri. Untuk mengecilkan perut buncit kita, olahraga yang perlu dilakukan adalah jenis olahraga cardio seperti jalan cepat, bersepeda, jalan santai, jogging, dll, olahraga aerobik, dan olahrga berenang. Cukup lakukan olahraga rutin tanpa harus membebani diri sendiri. Lakukan sekitar 40 – 60 menit setiap hari.

4. Ubah Gaya Hidup
Beberapa kebiasaan sehari-hari kita juga bisa mempengaruhi perut kita menjadi buncit. Misal saja kita setiap hari berangkat bekerja atau sekolah menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini membuat tubuh kita lebih sedikit bergerak karena kita jarang beranjak dari kendaraan. Maka dari itu, cobalah untuk naik kendaraan umum, misal 2 hari dalam 1 minggu, untuk membakar lemak dalam tubuh. Selain itu, cobalah sesekali menggunakan anak tangga dari pada elevator.

Kebiasaan konsumtif kita terkadang juga dapat mempengaruhi bentuk perut kita. Terlalu sering makan sebelum tidur atau makan ketika kita bangun malam merupakan salah satu pemicu terjadinya perut buncit. Maka dari itu, biasakan makan malam antara 2 – 3 jam sebelum kita tidur.

5. Mengkonsumsi Vitamin C
Perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C. Rutin mengkonsumsi Vitamin C dapat membantu mengurangi tingkat stres dan mengembalikan hormon stres (kortisol) ke tingkat yang normal. Pengurangan hormon stres tersebut dapat membantu untuk mencegah peningkatan penyimpanan lemak di perut. 

6. Istirahat dan Tidur yang Cukup
Untuk menjaga kesehatan tubuh kita, istirahat dan tidur yang cukup memang sangat diperlukan. Begitu juga ketika kita ingin mengecilkan perut buncit kita. Kurangnya istirahat dan tidur dapat membuat kita kebih sering makan karena hormon ghrelin (yaitu hormon yang meningkatkan nafsu makan) akan semakin meningkat. Dengan kata lain, kita akan sulit kenyang sehingga kita makan dengan porsi yang lebih banyak dari pada porsi normal kita. Kebiasaan ini membuat kita sulit mengontrol rasa lapar kita.

Penyebab Perut Buncit

1. Alkohol
Mengkonsumsi alkhohol dapat menyebabkan lemak menumpuk pada perut karena alkohol mengandung banyak gula dan kalori yang berlebihan bagi tubuh. Akibatnya, perut kita semakin buncit dan terkadang juga diiringi bertambahnya berat badan yang terus menerus. Selain itu, rutin mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan beberapa penyakit mudah menyerang tubuh, seperti gangguan pencernaan, gangguan hati atau liver, diabetes dan berbagai masalah berat lainnya. Bila kita sudah terlanjur rutin mengkonsumsi alkohol, muali sekarang cobalah untuk mengurangi porsinya agar nantinya kita bisa berhenti untuk mengkonsumsi alkohol.

2. Makan di malam hari
Terlalu sering makan di malam hari sangat rawan untuk terjadinya perut buncit, karena percernaan kita tidak bisa bekerja dengan sempurna selama kita tidur, padahal makanan yang ada di dalam perut baru saja terisi. Jika memang kita terbiasa bangun malam untuk makan, maka kita harus mengganti camilan kita dari makanan-makanan ringan dengan buah-buahan. Dengan begitu, selain kita menghindari makanan-makanan yang kurang berguna bagi tubuh, kita juga membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang bernutrisi bagi tubuh.

3. Jarang Berolahraga
Olahraga buakan hanya sekedar untuk membentuk tubuh dengan otot-otot yang kekar. Berolahraga juga dianjurkan karena dapat membakar lemak-lemak yang menumpuk pada tubuh. Maka, bagi kita yang hampir seluruh kegiatan sehari-harinya jarang melakukan gerak, misal bekerja sebagai operator di depan komputer, sangat dianjurkna untuk melakukan olahraga ringan atau aktivitas-aktivitas yang dapat mengurangi lemak pada tubuh. Hal ini bukan hanya mengurangi berat badan kita, namun juga bermanfaat untuk mengecilkan perut kita yang buncit.

4. Tidur Setelah Makan
Sama halnya dengan terlalu sering makan di malam hari. Tidur setelah makan pun dapat menyebabkan perut buncit karena kalori yang ada di tubuh tidak dimanfaatkan untuk beraktivitas.

5. Kebanyakan Konsumsi Makanan Instan
Hampir semua makanan instan mengandung penyedap rasa, pemanis buatan, dan lemak jenuh yang tinggi. Hal ini dapat menganggu kesehatan dan dapat membuat tubuh cepat gemuk, akibatnya perut kita juga ikut-ikutan menjadi buncit. Kandungan-kandungan dalam makan instan sedikit sulit dicerna oleh tubuh dan kurang mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kita.

6. Stres
Sebagian orang akan mengalami perut buncit akibat stres, walau tidak jarang stres juga menyebabkan turunnya berat badan. Sebagian orang, ketika swdang menderita stres, nafsu makan akan menjadi tidak terkendali sehingga pola makan pun sulit diatur. Akibatnya, berat badan semakin bertambah diiringi dengan perut yang semakin membuncit. Selain itu, ketika stres melanda, kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Bila hal ini terus terjadi, kadar hormon kortisol yang meninggi menyebabkan penumpukan lemak di perut dan membuat sel-sel lemak di perut semakin membesar. Pada akhirnya, perut kita menjadi buncit.
Demikian itulah pembahasan artikel Tips / Cara Sehat Mengecilkan Perut Buncit kali ini. Mulailah dengan cara yang sederhana atau yang menurut Anda paling mudah dilakukan. Semoga ulasan yang sederhana ini memberikan manfaat untuk mengatasi perut buncit yang menggangu penampilan pada diri kita. Sampai jumpa ^_^



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "12 Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami"

Posting Komentar