18 Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi Yang Bengkak Secara Alami

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya18 Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi Yang Bengkak Secara Alami - Mengalami gusi yang bengkak merupakan hal yang sangat menyiksa, meskipun hanya sebagian kecil dari tubuh kita namun seperti semua terasa sakit. Banyak orang yang mengeluh kesakitan dan tidak nyaman dengan adanya gusi bengkak. Namun, untuk mengatasi gusi yang membengkak tersebut sekarang sudah banyak produk pengobatan yang dijual yang berkhasiat mengatasi gusi bengkak. Tapi Anda juga harus paham bahwasannya tidak semua produk yang terdapat di pasaran itu aman untuk digunakan.

18 Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi Yang Bengkak Secara Alami


Lebih disarankan Anda mencoba untuk menggunakan Cara Mengobati Gusi yang Bengkak dengan Bahan atau Cara yang Alami. Disamping khasiatnya yang jelas baik untuk kesehatan, bahan atau cara yang alami dinilai lebih aman dan juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kita. Namun sebelum kita mengetahui cara menghilangkan rasa sakit pada gusi bengkak, perlu kita ketahui juga apa saja penyebabnya. 

Penyebab, Gejala dan Tanda-Tanda Gusi Bengkak

1. Gusi bengkak dikarenakan Kehamilan
Hal yang paling umum terjadi adalah gusi yang membengkak pada pada seorang ibu yang sedang hamil. Ini disebabkan oleh hormon tubuh meningkatkan aliran darah yang menuju ke gusi sehingga akan menjadikan gusi lebih mudah terkena infeksi.Hal ini juga yang ternyata bisa membuat ibu hamil lebih mudah terserang sakit radang gusi apabila sistem imunnya kurang kuat

2. Gusi Bengkak Disebabkan oleh Infeksi 
Biasanya yang menjadikan gusi kita membengkak adalah jamur dan virus, Apalagi jika Anda memiliki riwayat sakit herpes maka Anda mengalami herpes akut Gingivostomatitis. Selain tiu pertumbuhan jamur candida di dalam mulut juga bisa menjadi asal usul oral trush yang menyebabkan gusi bengkak

3. Gusi yang Membengkak Karena Radang Gusi 
Radang gusi adalah sebuah penyakit yang menjadikan gusi Anda mengalai pembengkakan dan iritasi. Dikarenakan gejalla dari sakit ini sangat ringan bahkan tidak terasa maka banyak orang yang kurang respon untuk menyadarinya. Padahal bila hal ini tetap dibiarkan terus menerus maka akan dapat menghilangkan gigi Anda. Hal seperti ini biasa terjadi dikarenakan kurannya kepedulian terhadap perawatan kesehatan mulut dan gigi sehingga tumpukan plak makanan semakin banyak dan mengundang berbagai bakteri masuk. Setelah lama kelamaan plak tersebut akan mejadi karang pada gigi yang bisa menusuk gusi dan membuat gusi Anda membengkak.

4. Kawat Gigi atau Behel
Salah satu penyebab utama terjadinya gusi yang membengkak adalah kawat gigi atau biasa disebut behel. Karena jika pemasangan behel atau kawat gigi ini sangat rapat dengan gusi maka dapat mengakibatkan tekanan yang dapat menyababkan gusi membengkak dan bahkan hingga iritasi.

5. Gusi Bengkak Karena Makanan Tidak Sehat
Ternyata mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan dan juga menyebabkan pembengkakan pada gusi. Maka dari itu Anda harus belajar menghindari makanan atau minuman yang mengandung banyak gula.

6. Kekurangan Vitamin Menyebabkan Gusi Bengkak
Kekurangan vitamin C juga dapat mengakibatkan sariawan dan juga berpotensi menjadikan gusi membengkak.


Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi Yang Bengkak Secara Alami 


 1  Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi Menggunakan Garam
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang pertama yaitu menggunakan garam. Bahan alami yang satu ini memang menjadi bahan makanan yang umum untuk mengobati gusi bengkak. Caranya, Anda cukup menggunakan satu sendok teh garam dan mencampurnya dengan air hangat. Kemudian aduk sampai rata dan setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi bengkak bisa cepat sembuh dalam waktu yang singkat.

2. Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi dengan Minyak Cengkeh
Cara menghilangkan sakit gusi bengkak yang kedua adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Minyak pada cengkeh memang memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak secara cepat maka Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli dan alami. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada gusi yang terasa sakit. Kerjakan tips ini dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang singkat gusi yang bengkak bisa kembali normal.

3. Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi Menggunakan Jeruk Nipis
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang ketiga adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Anda cukup memakai jeruk nipis yang sudah matang, kemudian peras jeruk nipis tersebut. Lalu tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Setelah itu gunakan ramuan ini untuk berkumur. Rekomendasi dari ahli lebih baik lagi jika Anda menggunakan ramuan ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat Anda bangun pagi.

4. Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi Menggunakan Madu
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang berikutnya adalah menggunakan khasiat madu. Madu adalah bahan makanan yang memiliki berbagai manfaat terutama untuk hal kesehatan. Di dalam madu mengandung zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Bila Anda menghendaki menggunakan madu untuk mengatasi gusi bengkak caranya sangat mudah yaitu, Anda cukup mengoleskan madu secukupnya pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi yang bengkak akan cepat sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.

5. Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi dengan Bawang Merah
Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan pada gusi. Caranya, Anda cukup menghaluskan bawang merah, kemudian oleskan pada gusi yang terasa sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh untuk mengobati gusi yang sakit. Namun, banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam. 

6.Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi dengan Lemon dan Air Hangat
Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi dengan Lemon dan air hangat adalah cara yang cukup ampuh dan alami, Anda hanya perlu menggunakan ¼ lemon, kemudian peras airnya dan campurkan dangan ½ gelas air hangat. Setelah itu gunakan untuk kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari maka gusi anda akan cepat sembuh dari pembengkakan.

7. Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi dengan  Banyak Minum Air Putih
Perbanyaklah untuk mengkonsumsi atau meminum air putih, tujuannya untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan mengonsumsi air putih dengan banyak. Dari para ahli menyarankan Anda meminum 8 gelas air putih dalam sehari untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

8. Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi dengan  Mengurangi Stress
Kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang juga dipengaruhi oleh adanya stress. Strees memiliki dampak negatif untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu mulai sekarang belajarlah untuk mengurangi stess dan carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran anda. Dengan menghindari stress, maka kesehatan mulut pun akan menjadi lebih baik.

9. Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi dengan  Pijatan Gusi
Mengobati Sakit Pada Gusi dengan Pijatan Gusi ini sangat efektif untuk mengobati gusi yang membengkak. Anda bisa melakukan pijatan gusi pada gusi anda dengan menggunakna jari telunjuk dan memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang, lakukan dengan lembut agar tidak menyakiti gusi. Dan juga pastikan untuk menggunakan tangan yang bersih agar tidak memicu bakteri lain pada mulut anda.

10. Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi dengan  Modifikasi Diet
Hindarilah makanan yang kurang baik bagi gusi dengan menggantikannya dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. jadi tambahkanlah menu pada diet anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C yang baik bagi tubuh.

11.  Mengobati Gusi Bengkak dengan Hidrogen peroksida atau baking soda
Obat kumur bisa anda buat sendiri dengan mencampurkan air dan juga hidrogen peroksida atau baking soda. Anda bisa terbantu dengan obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Anda bisa berkumur beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di dalam mulut.

12. Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi dengan  Kulit Andong
Kulit andong juga bisa sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada gusi, Caranya sangat mudah, Siapkan garam dapur secukupnya serta kulit dari tanaman andong. Lalu cucilah kulit andong sampai benar-benar bersih dan kotoran yang tertempel benar-benar hilang, anda bisa mengunyah kulit andong dan berilah garam dapur secukupnya lalu masukkan pada gusi yang sedang sakit.

13. Ramuan Lemon Untuk Sakit Gusi Bengkak
Lemon juga memiliki khasiat yang ampuh untuk mengobati sakit yang disebabkan oleh gusi yang bengkak.Caranya, siapkan 1/4 buah lemon yang masih bagus, lalu peras lemon tersebut dan dicampur dengan 1/2 gelas air hangat. Kemudian gunakan air ini untuk kumur-kumur secara teratur 2x sehari

14. Gosok Gigi dengan Tepat
Pastikan juga Anda menggosok gigi dengan tepat dan benar dan tidak melukai gusi Anda. Karena kalau menyikat gigi dengan asal-asalan dapat menyebabkan gusi terluka dan juga menimbulkan infeksi yang berakibat gusi bengkak.

15. Daun Krokot Untuk Ramuan Gusi Bengkak
Manfaat daun krokot ternyata juga sangat bagus untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh gusi yang membengkak. Nah cara membuat ramuannya sangat mudah, Ambillah tanaman krokot dan rebus dengan 3 gelas air, setelah itu biarkan hingga mendidih dan menyusut airnya sampai tersisa kira-kira satu gelas, Terakhir apabila sudah dingin silahkan diminum untuk mengobati rasa sakit pada gusi.

16. Memanfaatkan asam Jawa Untuk Pengobatan Gusi Bengkak
Manfaat dari asam jawa sendiri biasanya digunakan untuk menghilangkan masalah karang pada gigi. Cara membuat ramuannya simple, Ambil biji asam jawa secukupnya, kemudian sangrai beberapa saat lalu langsung ditumbuk hingga halus, setelah itu gunakan ramuan tersebut untuk  digosokan pada gigi berkarang dengan bantuan sikat gigi ( Dijadikan pasta gigi)

17. Menggunakana Buah Gambir Untuk Ramuan Herbal Ampuh
- Ambil 3 potong gambir, dua gelas air dan kunir/kunyit 1/2 jari
- Silahkan direbus samua bahan hingga tersisa air kira-kira 1 gelas saja
- Biarkan hingga air hangat  lalu gunakan ramuan tersebut untuk berkumur 4x sehari

18.Mengobati Gusi Bengkak dengan Mengkonsumsi Obat
Obat ini bisa Anda temukan di Apotek terdekat di wilayah Anda. Beberapa hal yang dapat dipakai ialah :

– Obat Anti Peradangan : Obat ini biasanya dikonsumsi bertujuan mengurangi masalah pembengkakan pada gusi. Beberapa jenis obat ini adalah : Dexametason ( harus Dengan resep Dokter )
Obat Penghilang Rasa Sakit : Umumnya analgetik digunakan untuk mengurangi rasa sakit sehingga Anda yang sedang mengalami sakit gigi bisa tidur dengan nyenyak. Beberapa obat jenis ini adalah : Metampiron/ analgin, paracetamol, ibuprofen dan Asam Mefenamat
Obat Anti Biotik : Seringkali diperlukan antibiotik untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi

Sebagai Catatan : Untuk meminum obat kimia modern maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli karena umumnya obat medis berbahan kimia kalau dikonsumsi dalam dosis yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping dan kekebalan pada virus / bakterinya. Jadi Berbahaya.

Baca Juga :
Mengobati Gusi Berlubang dengan Cara Alami
Memerahkan Bibir dengan Cepat dan Alami


Demikian artikel yang dapat kita bahas kali ini mengenai 18 Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi Yang Bengkak Secara Alami, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ^_^



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

25 Tanggapan untuk "18 Cara Ampuh Mengobati Sakit Pada Gusi Yang Bengkak Secara Alami "

  1. artikel yang menarik sob,,, thankss

    BalasHapus
  2. nice gan pas bener lagi musim uja gini sering sakit gusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, bisa dipraktekin nih gan.. :D

      Hapus
  3. makasih gan infonya, ane sering dah kek gitu -_-

    BalasHapus
  4. bagus ini tips nya, biasanya gusi bengkak karena karang gigi yg menumpuk, biasanya ke dokter, kalau ada yg alami bisa jd solusi yg aman, tks

    BalasHapus
  5. makasih tips nya ijin coba buat adek saya ya :)

    BalasHapus
  6. Mantap nih postingan.. AMPUH KHASIATNYA

    BalasHapus
  7. semoga hasilnya memuaskan setelah dicoba

    BalasHapus
  8. makasih mas , akhir2 ini sy mnemukan gusi yg bengkak di bagian bawah gigi sy . akhirnya dapet solusi juga

    BalasHapus
  9. ouh ternyata ada obatnya juga ya..baru tau saya gan..

    BalasHapus
  10. artikel yang bermanfaat

    BalasHapus
  11. thanks infonya gan tapi ane sikat gigi secara teratur jadi belum pernah ngalami gusi bengkak

    BalasHapus
  12. emang gak enak banget gan sakit di gusi susah makan

    BalasHapus
  13. sip gan ,soalnya belakangan ini gusi jadi sering bengkak

    BalasHapus
  14. Postingannya cukup membantu kak, terima kasih banyak..apa lagi tentang obat
    gusi bengkak
    nya

    BalasHapus
  15. Terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat

    http://peredamsuararuangan.simdif.com

    BalasHapus