8 Manfaat Dahsyat Mengonsumsi Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya8 Manfaat MengonsumsiIkan Gabus Bagi Kesehatan TubuhIkan gabus merupakan ikan air tawar yang dapat ditemukan di seluruh perairan Indonesia. Ikan gabus biasa did di danaurawasungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan ini memangsa aneka ikan kecil-kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok. Ikan Gabus terkenal dengan bentuk kepalanya yang mirip ular. Itu sebabnya Ikan Gabus dalam Bahasa Inggris disebut Snakehead. Namanya juga sangat beragam tergantung daerah dimana ia berada. Bocek (Riau), AruanHaruan (Banjar), Kocolan (Betawi), Bogo (Sunda), bayongbogolicingan (Banyumas), Kutuk (Jawa), Kabos (Minahasa). Tapi jangan salah, dibalik bentuknya yang agak menyeramkan, ikan satu ini memiliki rasa yang sangat gurih. Ikan Gabus sangat di gemari oleh masyarakat di pelbagai daerah. Banyak sekali olahan masakan dari ikan yang satu ini. Masyarakat di Jawa kerap mengolahnya menjadi botok, ikan asap, lalapan, bahkan lodeh.


Perlu anda ketahui bahwa selain rasanya yang gurih, ternyata Ikan Gabus menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan gabus dimasyarakat saat ini telah diasosiasikan dengan obat. Ikan gabus diolah menjadi berbagai jenis masakan lalu di sajikan kepada keluarga yang sakit, terutama bagi yang pasca operasi. Sebenarnya, pemahaman masyarakat tentang ikan gabus sebagai obat telah dikenal sejak nenek moyang kita dahulu terutama dibeberapa daerah di Sulawesi selatan seperti wajo, pinrang dan takalar, mereka menyarankan atau berusaha menyajikan masakan ikan gabus kepada keluarga yang sakit dengan keyakinan bahwa dapat membantu penyembuhan. Walaupun saat itu mereka tidak mengetahui kandungan yang terdapat dalam ikan gabus. Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi Ikan Gabus bagi kesehatan tubuh ?

8 Manfaat Mengonsumsi Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh


1. Meningkatkan Kadar Albumin

Penelitian Ikan Gabus secara klinis terutama mengenai albumin ikan gabus telah banyak dilakukan yaitu diantaranya hasil penelitian bahwa ekstrak ikan gabus mempunyai kandungan albumin yang tinggi. Harus anda ketahui bahwa albumin memelihara fungsi ginjal dan mengurangi edema (sembab) pada saluran pencernaan

2. Mempercepat Penyembuhan

Karena kandungan albumin yang tinggi, Ikan Gabus bisa membantu menyembuhkan luka. Saat terjadi inflamasi (radang), jumlah kadar albumin dalam plasma darah akan menurun. Sehingga jumlah kadar albumin yang menurun harus segera dikembalikan, Karena albumin memiliki berbagai fungsi yang dapat meredakan gejala inflamasi dan mempercepat kesembuhan luka.

3. Meningkatkan Asupan Gizi Bagi Penderita Malnutrisi

Penelitian yang dilakukan dengan memberikan kapsul tepung ikan gabus pada penderita malnutrisi ODHA dapat meningkatkan asupan zat gizi dari penderita tersebut, hal ini menunjukkan adanya perbaikan gizi penderita malnutris ODHA dengan adanya pemberian kapsul tepung ikan gabus.

4. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Pemberian protein albumin ikan gabus selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) lansia. Selain itu dapat meningkatkan kadar albumin, asupan energi, dan karbohidrat lansia

5. Sumber Protein

Ikan gabus dengan kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik menjadi sumber protein dalam asupan makan sehari-hari. Per 100 gram, kadar protein  ikan gabus / ikan kutuk mencapai 25,2 gram. Bandingkan dengan kadar protein telur yang hanya 12,8 gram, daging ayam 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram per 100 gram. Protein dalam tubuh memiliki fungsi selain sebagai sumber energi, juga berfungsi sebagai zat pembangun dan zat pengatur.

6. Menambah Berat Badan
Sehubungan dengan tingginya kandungan protein pada Ikan Gabus, menjadikan Ikan Gabus sebagai penambah berat badan yang alami. Sebab, bagi mereka yang ingin menambah berat badan tanpa khawatir risiko terkena penyakit adalah dengan banyak mengonsumsi makanan berprotein.

7. Meningkatkan Status Neurologis Bagi Pengidap Stroke

Pada penderita stroke, pemberian kapsul ikan gabus sebagai suplemen dengan kandungan albumin tinggi dapat mempertahankan status gizi dan meningkatkan status neurologis pasien stroke.

8. Sumber Kalori yang Pas Bagi Pengidap Diabetes
Kesulitan yang serimg dialami pengidap diabetes adalah menyeimbangkan kadar gula dalam tubuhnya. Padahal kita tahu bahwa tubuh juga butuh kalori. Kabar buruknya, makanan berkalori kebanyakan juga mengandung gula yang tentu berbahaya bagi penderita diabetes. Ikan Gabus bisa jadi pilihan yang pas karena kandungan kalori yang tinggi dalam dagingnya.

Baca Juga : Cara Menambah Berat Bada Secara Alami dan Aman

Jadi apa lagi yang anda tunggu? Rasanya sayang sekali bila anda tidak mengonsumsinya. Mengingat banyaknya manfaat mengonsumsi Ikan Gabus bagi tubuh kita. Selain itu, rasa yang nikmat dan juga pengolahan yang mudah menjadi nilai plus dari ikan unik satu ini. Terima kasih dan semoga artikel tentang 8manfaat mengonsumsi ikan gabus bagi kesehatan tubuh ini bisa menambah wawasan anda. Lebih jauh lagi, semoga kita semakin peduli dengan kesehatan tubuh kita.

Created By : Alvin Fatkurrochman



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Manfaat Dahsyat Mengonsumsi Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar