8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki

Carakupunya8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada KakiKram bisa menjadi mimpi buruk, terutama saat itu membangunkan anda di malam hari. Kram kaki paling sering menyerang betis dan paha belakang anda, meski bisa muncul pada otot apa saja. Terkadang mereka tampaknya datang entah dari mana, tapi juga bisa dikaitkan dengan gerakan anda. 

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki


Kram otot terjadi saat otot tanpa sengaja berkontraksi sendiri. Biasanya, anda merasakan benjolan keras pada titik rasa sakit - itulah otot yang dikontraksikan. Kram biasanya terjadi karena suatu alasan. Jika bukan karena menegangnya otot, anda mungkin kram karena otot anda terlalu lelah atau terlalu sering digunakan, karena tubuh anda mengalami dehidrasi, atau karena anda tidak mendapatkan cukup elektrolit, seperti potassium atau magnesium. Mineral tersebut membantu otot anda bekerja lebih lancar, dan cairan membantu tubuh anda mengolah mineral.

Sebagian besar kasus kram otot tidak menunjukkan kondisi mendasar yang mengkhawatirkan. Orang yang berusia 65 dan lebih tua lebih berisiko terhadap kram. Kram mungkin terkait dengan konsumsi alkohol, hipotiroidisme, atau diabetes. Jika frekuensi kejang mengganggu anda, beritahu dokter. Sementara itu, ada beberapa solusi yang bisa anda coba sendiri. Berikut ini adalah 8 cara mengatasi kram pada kaki.

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki


1. Pemanasan

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki


Lemaskan otot kram. Hentikan aktivitas apa pun yang mungkin menyebabkan kram dan peregangan otot ringan, dengan lembut memegang peregangan. Anda bahkan mungkin memijat otot saat atau setelah Anda berbaring, dan mungkin menggunakan bantalan pemanas seperti yang dijelaskan di bawah ini, ke area setelah peregangan.

2. Magnesium

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki

"Rekomendasi pertama saya untuk pasien yang datang dengan kram kaki adalah magnesium," kata Sarah Thompson, doula dan ahli akupunktur di Sacred Vessel Acupuncture. Magnesium telah disarankan untuk mengobati kram otot wanita hamil, namun diperlukan lebih banyak penelitian. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen jika anda hamil.

Jika anda secara teratur mengalami kram kaki yang tidak terkait dengan kondisi yang lebih serius, anda mungkin mencoba menambahkan lebih banyak magnesium ke makanan anda. Kacang dan biji merupakan sumber magnesium yang sangat baik.

3. Campuran Air Panas dan Garam Epsom

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki

Banyak profesional seperti pelatih pribadi, pelatih, dan terapis fisik juga merekomendasikan magnesium di bagian luar tubuh, dalam bentuk garam epsom. Obat tua ini bisa dioleskan ke kain basah dan ditekan ke otot yang tegang, atau anda bisa menambahkan beberapa ke bak mandi air panas untuk berendam. Sebenarnya, rendaman air panas memberikan kelegaan bagi banyak orang, dengan atau tanpa garam Epsom.

4. Bantalan Pemanas

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki


Suhu panas saja bahkan bisa membantu. "Jika anda tidak berada di dekat bak mandi, ambil bantalan pemanas," kata seorang pelatih pribadi bersertifikat Shane Allen. Mulai pada pengaturan terendah dan hanya meningkatkan panas jika anda tidak merasakan dampak apapun pada otot yang bermasalah. Jika anda menderita diabetes, cedera tulang belakang, atau kondisi lain yang mungkin menghalangi anda dari rasa panas, bantalan pemanas bukanlah pilihan yang baik.

5. Rehidradi

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki


Cara lain yang mungkin untuk menghentikan kram kaki adalah rehidrasi. Mungkin perlu waktu sedikit lebih lama untuk mengatasi rasa sakit anda, tapi begitu anda memiliki air atau minuman olahraga dengan elektrolit, anda bisa mencegah kram lain.

6. Bergerak

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki


"Jika anda mengalami kram kaki, hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah berjalan-jalan," kata pelatih pribadi bersertifikasi Henry Halse. "Ini akan mengirim sinyal bahwa otot anda perlu berkontraksi dan kemudian rileks. Anggap saja seperti menekan tombol reset pada otot.” Jika semuanya gagal dan anda terus mengalami kram otot biasa, Halse menyarankan untuk mendapatkan pemijatan biasa.

7. Relaksan Otot

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki


Relaksan otot seperti cyclobenzaprine (Flexeril), orphenadrine (Norflex), dan baclofen (Lioresal) dapat membantu untuk mengendurkan otot kram. Beberapa orang diuntungkan dengan meminum air yang mengandung kuinin sederhana (air tonik) sebelum tidur. Dalam beberapa tahun terakhir, suntikan dosis toksik botulisme terapeutik (Botox) telah berhasil digunakan untuk beberapa gangguan otot spastik. Respon yang baik bisa berlangsung beberapa bulan atau lebih, dan injeksinya kemudian dapat diulang.

8. Ganjal Ujung Kaki

8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki


Ganjal kaki anda dengan bantal saat tidur untuk mencegah kram. Pemberian alas yang nyaman bagi kaki akan mempercepat pelemasan otot. Efeknya, kram pada otot akan cepat hilang.

Baca Juga : 

Itulah 8 caramengatasi kram pada kaki, semoga bermanfaat. Ingatlah untuk selalu menjaga kondisi tubuh anda. Terlalu lelah bisa berakibat buruk bukan hanya pada otot namun juga tubuh anda secara keseluruhan. Selalu ingat untuk mengecek kesehatan tubuh secara rutin. Terima kasih

Created By : Alvin Fatkurrochman

Tag : kaki sering kram gejala penyakit apa, kram telapak kaki, cara mengatasi kram jari kaki, penyebab kram kaki pada ibu hamil, penyebab kaki sering kram dan kesemutan, obat kram kaki alami, kram betis kiri, obat kram kaki dan tangan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Kaki"

Posting Komentar

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings