8 Cara Mudah Menyembuhkan Tangan yang Keseleo dengan Aman

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya8 Cara Mudah Menyembuhkan Tangan yang Keseleo dengan Aman - Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting bagi mobilitas kita setiap hari, seperti halnya kaki. Bagian tubuh ini sangat kompleks dan memiliki jaringan yang lebih rumit dari organ-organ tubuh lainnya. Sering kali tangan menjadi andalan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Malah, hampir keseluruhan kegiatan manusia melibatkan peran tangan di dalamnya. Namun, tak jarang pula tangan luput dari kewaspadaan kita dan kadang-kadang mengalami cedera.



Apabila tangan mengalami cedera, seperti keseleo, patah tulang, terkilir, dan sebagainya, perlu segera ditangani dengan baik oleh dokter. Kerena, menurut ahli bedah mikro dan tangan dari RS Premier Bintaro, dr Margareta Arianni SpOT (K), apabila salah dalam penanganannya, kemungkinan fungsi tangan yang cedera pun akan mengalami kemunduran. 

Salah satu bagian tangan yang rentan cedera adalah daerah triangular fibrocartialgr complex (TFCC). Bagian ini yang merupakan pertemuan tiga tulang di pangkal tangan dan dua ujung tulang besar lengan bawah atau biasa disebut pergelangan tangan. Maka dari itu, diperlukan cara penanganan yang tepat pada tangan yang keseleo. Berikut kami berikan 7 cara menyembuhkan tangan yang keseleo.

8 Cara Mudah Menyembuhkan Tangan yang Keseleo


Istirahatkan Pergelangan Tangan yang Keseleo


Selain akibat jatuh atau kecelakaan, hal lain yang menyebabkan cedera atau nyeri pada tangan adalah akibat melakukan suatu pekerjaan berat yang berulang. Cara yang paling baik untuk mengurangi rasa nyeri tersebut adalah menghentikan kegiatan sementara. Istirahatkan pergelangan tangan anda setidaknya selama 48 jam. Itu adalah waktu minimal bagi tangan yang keseleo untuk melakukan recovery.

Kompres dengan Menggunakan Es


Penatalaksanaan yang tepat adalah melakukan metode RICE, yakni rest (istirahat), ice (dibebat menggunakan es yang dilapisi handuk), compress, dan elevate (mengangkat bagian yang cedera lebih tinggi dari badan). Ini merupakan pertolongan utama yang wajib dilakukan. Perlu diketahui, cedera membuat jaringan pembuluh darah sobek dan membengkak. Maka, metode RICE harus dilakukan tiga sampai empat kali selama 15 menit. Setelah itu lihat perkembangannya. Kalau tidak ada kemajuan baru dibawa ke dokter. Pergelangan tangan Anda untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Lakukan selama 20-30 menit setiap tiga sampai empat jam selama dua sampai tiga hari, atau sampai rasa sakit hilang.

Balut Pergelangan Tangan Anda


Tujuan pembalutan adalah untuk mengurangi resiko kerusakan jaringan yang telah ada sehingga mencegah maut,mengurangi rasa sakit,dan mencegah cacat serta infeksi kegunaan pembalutan adalah :
1.menutup luka agar tidak terkena cahaya,debu,kotoran,dll
2.melakukan tekanan
3.mengurangi atau mencegah pembekakan
4.membatasi pergerakan
5.mengikatkan bidai

Posisikan di Tempat yang Tepat


Angkat pergelangan tangan anda di atas jantung anda, di atas bantal atau di belakang kursi sesering mungkin.

Jangan Pijat atau Urut Tangan yang Keseleo


Selanjutnya, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah cedera apa pun pada tangan atau kaki tidak boleh dipijat atau diurut. Karena, memijat hanya akan membuat darah beku menumpuk pada satu titik sehingga membuat efek cederanya semakin bengkak.

Ambil Obat Penghilang Rasa Sakit Antiinflamasi


Obat antiinflamasi non steroid (NSAID), seperti Advil, Aleve, atau Motrin, akan membantu rasa sakit dan pembengkakan. Namun, obat ini bisa memiliki efek samping, seperti peningkatan risiko perdarahan dan borok. Mereka hanya boleh digunakan sesekali, kecuali jika dokter Anda secara khusus mengatakan sebaliknya.

Gunakan Cor atau Belat


Agar pergelangan tangan anda tidak terlalu banyak bergerak, anda bisa memasang cor atau belat. Ini seharusnya hanya untuk waktu yang singkat, sampai anda menemui dokter. Kemudian ikuti saran dokter tentang apakah akan terus menggunakan belat atau tidak. Menggunakan belat terlalu lama dapat menyebabkan kekakuan dan kelemahan otot dalam beberapa kasus.

Latih Pergelangan Tangan yang Keseleo


Latihan peregangan dan penguatan jika dokter anda merekomendasikannya. Sebaiknya anda melihat ahli terapi fisik atau pekerjaan untuk memandu program yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga :

Apa pun yang anda lakukan, jangan terburu-buru. Jangan mencoba kembali ke tingkat aktivitas fisik lama anda sampai anda tidak merasakan sakit di pergelangan tangan saat beristirahat. Anda bisa bekerja di luar dan mencengkeram dan memindahkan benda - seperti tiang ski, kelelawar, atau raket - tanpa rasa sakit. Pergelangan tangan Anda yang terluka, begitu juga tangan dan lengan di sisi itu, terasa sekuat pergelangan tangan, tangan, dan lengan yang tidak terluka. Jika Anda mulai menggunakan pergelangan tangan Anda sebelum disembuhkan, Anda bisa menyebabkan kerusakan permanen.

(Diolah dari berbagai sumber)

Created By : Alfin Fatkurochman

Tag : cara mengurut tangan keseleo,cara mengurut keseleo yang benar,obat tradisional keseleo urat,obat keseleo engkel kaki,nama obat keseleo di apotik,obat keseleo tangan anak,pergelangan tangan sakit saat ditekuk,obat keseleo lutut



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "8 Cara Mudah Menyembuhkan Tangan yang Keseleo dengan Aman"