20 Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Carakupunya | 20 Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami - Pada umumnya mulut digunakan untuk mengeluarkan suara sesuai perintah dari otak, yang kemudian dilontarkan oleh si mulut dan akan direspon oleh lawan bicara yang berada di hadapannya ataupun tidak secara langsung yakni bisa melalui alat komunikasi. Namun dalam beberapa kasus, mulut yang berbau tidak sedap akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Mungkin Anda juga termasuk orang yang memperhatikan penampilan bukan ? memang penampilan sangatlah penting untuk menjadikan percaya diri, namun disisi lain kita juga harus bisa mengintropeksi diri kita sendiri apakah kekurangan yang ada pada diri kita.



Kadang kala ketika bersama orang lain kita merasa tidak percaya diri, baik dari sisi penampilan maupun yang lain. Maka dari itu kita harus bisa membuat diri kita menjadi percaya diri dengan cara merubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup sehat. Termasuk seperti yang akan kita bahas kali ini yakni Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami. Bau mulut sangatlah membuat kita tidak percaya diri, ketika kita mencium bau mulut kita lewat pantulan tangan dan ternyata baunya sangat menyegat, pastilah hal tersebut akan membuat kita pesimis untuk berbicara dengan orang lain, lebih-lebih dengan jarak bicara yang dekat.

Penyebab Bau Mulut Yang Tidak Sedap


1. Tidak Rutin Membersihkan Mulut
Penyebab paling dominan bagi para pemilik bau mulut yang tidak sedap yaitu kurangnya perawatan terhadap gigi dan mulut, sehingga akan membuat plak dan bakteri dari makanan dan minuman akan mengendap di dalam mulut dan akan mengakibatkan bau mulut yang tidak enak.

2. Sariawan
Sariawan merupakan salah satu penyebab bau mulut yang tidak sedap, karena di dalam mulut terdapat infeksi yang mengakibatkan nanah berbau tidak sedap dari mulut.

3. Merokok
Kita sama mengetahui bahwa merokok akan menimbulkan bau nafas yang tidak enak, dan tentunya akan membuat orang lain merasa terganggu dengan bau tidak sedap dari mulut kita.

4. Gigi Berlubang 
Faktor paling mempengaruhi bau mulut adalah gigi berlubang. Ini merupakan faktor utama pemicu bau mulut, hal ini terjadi dikarenakan banyaknya tumpukan sisa makanan pada sela gigi berlubang yang lama kelamaan mengalami pembusukan dan menimbulkan bau mulut disertai masalah lain seperti gusi bengkak.


15 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

1. Rutin Membersihkan Gigi
Cara ampuh yang pertama dan utama untuk mengatasi bau mulut tidak sedap ialah dengan rutin dan teratur membersihkan atau menggosok gigi setiap hari. Usahakan Anda menggosok gigi Anda minimal 2 kali dalam sehari, yakni pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Dan juga perhatikan ketika Anda menggosok gigi, jangan terlalu agresif dan berlebihan yang pada akhirnya akan menghancurkan enamel gigi dan akan mengakibatkan gigi rentan terhadap kerusakan.

2. Membersihkan Kotoran Yang Menyelip di Gigi
Biasanya ketika selesai makan terutama makanan daging, maka sisa makanan akan menyelip di antara sela-sela gigi dan akan membentuk plak dan karang gigi, karena tempat tersebut sangat digemari oleh bakteri untuk bisa bertahan hidup di dalam mulut.  Nah, untuk mengatasi hal tersebut maka Anda perlu untuk membiasakan untuk membersihkan daging yang menyelip di sela-sela gigi Anda dan bila perlu gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi 

3. Merutinkan Memakai Obat Kumur Anti Bakteri
Nah untuk memaksimalkan usaha menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, maka disarankan untuk berkumur menggunakan obat kumur anti bakteri beberapa detik saja, dan biasakan untuk merutinkannya setelah bangun tidur. Kebiasaan baik ini akan menjadikan bakteri dan plak yang telah bersarang semalaman akan berkurang dan bahkan hilang.

4. Membersihkan Kotoran dan Bakteri pada Lidah
Ternyata bakteri tidak hanya menempel pada karang gigi, namun lidah pun juga bisa menjadi sarang yang nyaman bagi bakteri. Dan secara tidak langsung, permukaan pada lidah nantinya akan terbentuk lapisan yang akan menimbulkan bau busuk akibat bakteri tadi.

5. Berusaha Berhenti dari Merokok
Memang untuk 100% berhenti dari kebiasaan merokok memang sulit, dan pasti sangat sulit. Tetapi kalau Anda tidak ingin dijauhi orang-orang sekitar karena bau napas Anda, lebih baik motivasi diri Anda untuk mengurangi kebiasaan merokok hingga nanti dapat berhenti total. Jika Anda butuh sedikit bantuan, belilah nikotin tempel yang dijual di apotik. Hal tersebut akan membantu mengurangi kecanduan pada merokok.

6. Memperbanyak Mengkonsumsi Air Putih
Air Putih dapat membuat Anda selalu keadaan segar dan terhindar dari dehidrasi (kekurangan cairan). Nah apabila produksi air liur pada mulut berkurang, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, sepadat apapun kegiatan Anda usahakan tetap menjaga keadaan mulut jangan sampai keadaan kering, caranya silahkan Anda perbanyak mengkonsumsi air putih atau minimal setidaknya minumlah 8 gelas air putih.

7. Waspada dengan Penyakit Gusi 
Periodontal atau banyak orang menyebutnya sebagai penyakit gusi sangat berpotensi untuk menimbulkan bau yang tidak sedap dari mulut Anda. Hal ini terjadi karena pada dasar gigi atau gusi terdapat banyak bakteri  yang tidak pernah dibersihkan. Nah jika kondisinya bisa terbilang parah, maka kunjungi periodontist yaitu dokter yang khusus menangani penyakit gusi.

8. Membersihkan Kawat Gigi Secara Rutin
Cara Menghilangkan Bau Mulut ini Khusus bagi Anda yang mengenakan kawat atau plindung pada gigi dengan tujuan medis dan mengikuti trend. Kawat gigi merupakan alat penahan yang menempel pada gigi Anda guna untuk mengatasi gigi yang mungkin sakit atau tidak tumbuh seperti seharusnya. Bersihkanlah alat ini secara menyeluruh setiap kali Anda menggosok gigi  dan juga pastika Agar semua celah dan sudut sudah dibersihkan.

9. Konsultasi dengan Dokter Anda
Jika Anda ingin mendapatkan mulut yang sehat dan terindar dari bau mulut tidak sedap maka disarankan untuk mengkonsultasikan masalah Anda tersebut pada dokter spesialis gigi, luangkanlah waktu dalam 6 bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan Anda, dan minta juga pada dokter tersebut untuk melakukan spa pada gigi Anda paling tidak dua kali dalam sebulan.

10. Mengganti Manis-Manisan Permen dengan Permen Karet Tanpa Gula
Nah jika Anda memiliki kebiasaan senang mengkonsumsi permen, maka sehabis selesai makan malam jangan mengunyah permen manis karena akan mendorong pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang berdampak pada bau mulut tidak sedap. Tapi lebih baik Anda mengganti permen yang manis dengan permen karet bebas gula. Menurut salah satu Dr. Kesehatan Gigi terkemuka: “Permen karet dapat memberi pertahanan alami terhadap asam plak penyebab kerusakan gigi dan bau mulut dengan cara merangsang produksi air liur lebih banyak”.

11. Selalu Sediakan Buah-buahan Segar di Dalam Kulkas
Jika Anda benar-benar ingin memiliki mulut yang bebas dari bau mulut, maka cobalah untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan yang masih segar. Buah-buahan memiliki rasa yang bervariasi, dari asam, manis, pahit dan lain-lain, bisa dicoba buah apel yang rasanya manis. Bila buah apel dikonsumsi secara rutin maka sedikit demi sedikit akan mengurangi masalah bau mulut yang tidak sedap.

Buah-buahan selain apel yang bermanfaat untuk mengatasi masalah bau mulut :

-Stroberi - Stroberi adalah buah berasa asam (ada juga yang manis) yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Ini dikarenakan terdapat kandungan Vitamin C yang mampu membunuh bakteri atau kuman di dalam mulut.
Lemon. 
- Lemon - Buah lainnya yang mampu mencegah bau mulut tidak sedap adalah lemon. Rasa asamnya dapat menetralisir bakteri penyebab bau mulut.
- Pir - Berkat tekstur yang sedikit keras dari buah ini membuat pir menjadi buah pemberantas sisa makanan yang menyelip ataupn menempel pada permukaan gigi.
- Jambu Biji - Entah ini hanya sekedar pendapat atau bukan, namun melihat berdasarkan kasus yang sudah-sudah. Banyak orang yang berhasil menghilangkan bau mulutnya dengan cara konsumsi buah jambu biji.

12. Mengkonsumsi Vitamin C
Vitamin C ini bisa kita dapatkan dari berbagai macam buah-buahan yang segar, contoh buah yang terkenal memiliki vitamin C yang banyak ialah buah jeruk. Vitamin C dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut tidak sedap. Vitamin C juga dapat Anda dapatkan dari suplemen seduhan.

13. Memanfaatkan Bahan Alami 
Pasti Anda yang memiliki mulut yang berbau tidak sedap ingin segera menyelesaikan masalah tersebut, Sebaiknya Anda memilih cara yang paling aman dari berbagai efek samping, yakni dengan bahan-bahan alami. Anda bisa menggunakan bahan alami dibawah ini untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Ketumbar. Rempah ini dapat dgunakan untuk mengurangi bau napas tidak sedap. Caranya dengan merebus ketumbar, kemudian airnya disaring dan diminum ketika dingin.
Jeruk Nipis dan Madu. Ramuan herbal ini bisa juga diminum untuk mengobati batuk. Caranya dengan mencampurkan kedua bahan pada gelas kecil, aduk rata dan minum.
Daun Sirih dan Lengkuas. Kedua bahan dapur ini sangat mudah didapatkan, Anda bisa membeli di tukang sayur terdekat. Cara mengatasi bau mulut dengan bahan alami ini diawali dengan merebus daun sirih dan lengkuas, kemudian gunakan untuk berkumur.
Kayu Manis. Selain khasiatnya yang dipercaya oleh masyarakat sebagai obat penyakit, kayu manis ternyata juga berguna untuk meringankan bau mulut. Caranya dengan menyeduh kayu manis di dalam teh hangat, kemudian minum sehari 2 kali.
Kencur. Cara penggunaannya, yaitu diawali dengan merebus 10 gram potongan kencur, pinang, tanaman adas, dan 15 gram daun sirih temu ros bersama setengah liter air. Ketika mendidih, saring airnya dan minum ketika menjelang tidur malam. Lakukan rutin 2 - 3 kali dalam seminggu.


Cara Mencegah Bau Mulut yang Tidak Sedap

Setelah diatas kita membahas berbagai cara untuk menghilangkan bau mulut, kali ini terapkan juga cara untuk mencegah pada nafas tidak sedap. Nah pada bagian ini kami akan memberikan tips untuk mencegah bau mulut.

1. Selalu sediakan permen mint di dalam tas atau kantong Anda. Alasannya karena permen mint akan memberikan napas segar pada mulut Anda, meski hanya sementara waktu.

2. Beri asupan yogurt apabila tidak ingin mengalami problem ini. Berdasarkan penelitian, yogurt plain (tanpa gula) mampu mengurangi jumlah bakteri yang menumpuk di dalam mulut. Susu hasil fermentasi ini jga dapat mengurangi plak pada gigi.

3. Makanlah keju rendah karbohidrat namun tinggi kalsium. Keju jenis ini dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat meredakan bau mulut.
Demikian itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan bila ingin lebih percaya diri bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain. Mungkin sedikit peringatan, ketika menjalani tips menghilangkan bau mulut dengan bahan alami, lebih baik memilih salah satu dari cara diatas dan dirutinkan atau konsisten. Jangan memilih banyak cara yang pada akhirnya sebelum ada hasil menghilangkan bau mulut tidak sedap lantas menyerah. Oke, itu saja dari kami mengenai 20 Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami , silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ^_^

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "20 Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami"

  1. merokok gan bikin bau mulut jadi asem gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, makanya harus dikurangi bagi yang membiasakannya

      Hapus
  2. yang rokok tuh ane kadang heran gan. soalnya perokok tuh tau efek negatifnya merokok termasuk mempengaruhi bau mulut tapi mereka tetap aja ngelakuin. BTW nice artikel gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, kita sebagai generasi penerus harus bisa menjadi generus yang unggulan

      Hapus

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings