15 Manfaat Minum Air Putih bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya | 15 Manfaat Minum Air Putih bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Air putih sangat bermanfaat bagi seluruh organ tubuh kita. Hal ini tidak diragukan lagi. Karena air merupakan unsur yang penting dalam menunjang efektifitas kerja tubuh kita Tubuh manusia terdiri dari 58% - 78% air, tergantung dari ukuran badan. 



Setiap harinya, tubuh manusia membutuhkan setidaknya 1 liter hingga 7 liter air untuk menghindari dehidrasi Jumlah kebutuhan air setiap orang berbeda, tergantung dari aktivitas yang dilakukan, suhu sekitar, kelembaban udara ruangan, dan faktor-faktor lainnya.Berikut adalah beberapa manfaat dari minum air cukup setiap harinya

15 Manfaat Minum Air Putih bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh 

1. Menghilangkan Haus dan Dehidrasi

15 Manfaat Minum Air Putih bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh


Manfaat utama air yang paling mdah kita rasakan adalah untuk menghilangkan dahaga atau haus. Minum cukup air dapat membantu menghilangkan haus dan dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh dan dapat meningkatkan efisiensi kerja keseluruhan organ tubuh ketika sedang beraktivitas setiap harinya.




2. Menjaga Keseimbangan Kadar Cairan dalam Tubuh



     Begitu besar persentase jumlah air dalam diri kita, dengan begitu kita perlu menjaga keseimbangan jumlah cairan dalam tubuh kita. Hal ini berguna untuk membantu distribusi nutrisi dalam tubuh, menjaga suhu tubuh, membantu pencernaan makanan, dan masih banyak lagi.

3. Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang mungkin tidak tahu bahwa terdapat hubungan antara penurunan berat badan dengan konsumsi air putih pada manusia. Sebuah penelitian dari University of Birmingham di Inggris menemukan bahwa meminum air (Air putih, bukan air berkarbonasi maupun air yang telah diberi campuran bahan lain) sebanyak 500 ml atau setara 2 gelas sekitar 30 menit sebelum maka dapat membantu penurunan berat badan hingga 4,3 kg per hari jika dalam sehari dilakukan selama 3 kali.


4. Membantu Mengeluarkan Racun


Seperti kita ketahui bahwa air putih adalah pelumas pada sistem pencernaan kita serta bagian penting dari transportasi nutrisi dalam tubuh kita. Dengan minum cukup air, racun dalam tubuh dapat dilarutkan keluar tubuh dengan mudah melalui air kencing maupun keringat.


5. Membantu Mempercantik Kulit




Air penting untuk menjaga kelembaban kulit serta memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas. Hal ini nantinya akan membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus. Dengan demikian, untuk kulit lembut dan lentur, minum cukup air lebih penting daripada menerapkan krim topikal. Air juga adalah pengganti paling sempurna untuk tindakan perawatan mahal  anti – penuaan. Air akan membuat kulit terhidrasi dengan baik, dengan demikian juga meningkatkan kecerahan kulit.


6. Menjaga Fungsi Ginjal

Pernah mendengar penyakit batu ginjal, gagal ginjal? penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci/senjata utamanya.


7. Meningkatkan Kinerja Tubuh



Minum segelas air putih dapat membantu meningkatkan fokus dan mengembalikan tenaga (menrefresh tubuh) agar kembali dapat bekerja secara normal. Minum air putih juga dapat meningkatkan kembali konsentrasi serta dapat membantu menenangkan emosi yang berdampak pada kinerja yang lebih optimal.


8. Mencegah Penuaan Dini


     Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat minum air putih adalah untuk mencegah penuaan dini. Minum air putih yang banyak dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang dapat mengencangkan kulit mengecilkan pori pori dan akan berdampak pada penuaan dini. Tidak heran bahwa rahasia awet muda para selebritis Indonesia ataupun dunia adalah minum air putih secara teratur dan cukup.


9. Mengembalikan Mood


     Sedang stress atau tidak mood terhadap pekerjaan, masalah rumah tangga, atau dengan teman? cobalah minum segelas air putih yang dapat membantu anda mengembalikan mood dan kembali segar.

10. Meningkatkan Fungsi Otak


Minum air putih minimal 2 litter satu hari dapat meningkatkan fungsi otak, air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.


11. Mencegah dan Mengobati Demam


Anda pernah demam? nah dari pengalaman saya sendiri jika saya demam sangat jarang pergi ke dokter, yang saya lakukan adalah meminum air putih yang banyak secara rutin. Perjam usahakan minum air putih beberapa gelas, hal ini akan membuat kita sering buang air kecil dan dalam 1 dua hari demam pun turun (pengalaman saya).


12. Membantu Menyembuhkan Penyakit



Sariawan, panas dalam, sakit tenggorokan adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan minum air putih yang cukup.

13. Mengoptimalkan Sistem Peredaran Darah


Air dapat membantu meningkatkan dan mempelancar sistem peredaran darah manusia. Konsumsi air akan membantu dalam proses transportasi dalam tubuh manusia.

14. Membantu Mengobati Sakit Kepala dan Migrain


Jika anda mengalami sakit kepala atau migrain, hal pertama yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan bantuan adalah minum banyak air. Sakit kepala dan migrain sering disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Dalam studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Neurology, peneliti menemukan bahwa peningkatan asupan air membantu mengurangi jumlah dan intensitas sakit kepala pada peserta penelitian

15. Menjaga Otot agar Sehat


Otot terdiri hingga 75% air, sehingga perlu bagi kita untuk menyediakannya cukup air. Cukup air akan membantu menjaga kontraksi otot yang normal dan mencegah kram otot. Hal Ini akan membantu jika Anda berolahraga, sehingga menjadi lebih kuat dan sehat.


Demikian itulah artikel dari kami kali ini mengenai 15 Manfaat Minum Air Putih bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh , semoga informasi dari kami tentang manfaat air ini bisa bermanfaat untuk kita semua, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ^_^



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "15 Manfaat Minum Air Putih bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh "

Posting Komentar