8 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Masuk Angin dengan Cepat

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
CarakupunyaCara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Masuk Angin - Perut kembung atau sering disebut begah biasa terjadi ketika gas yang berlebihan pada saluran pencernaan yaitu pada lambung dan usus. Sistem tubuh manusia yang mengalami gangguan ini biasanya adalah sistem pencernaan, sistem pernapasan, serta juga sistem peredaran darah dan juga jantung.

Ada saatnya gangguan itu mengenai satu sistem saja, meskipun bisa mengenai lebih dari satu sistem. Tentunya bagi kita yang pernah mengalaminya akan ingat bagaimana rasanya apabila kita mengalami perut kembung

Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Masuk Angin dengan Cepat

Timbulnya gas yang berlebihan tersebut memiliki banyak penyebab, mengetahui penyebabnya akan mempermudah bagi kita untuk mengatasi perut kembung yang sedang dialami. Penyebab dari perut kembung masuk angin ini salah satunya adalah karena mengkonsumsi makanan yang banyak menimbulkan gas, misalnya adalah kubis atau kacang.

Makanan ini bisa menimbullkan rasa yang tidak enak yang disebabkan karena menumpuknya gas yang ada pada lambung tersebut yang kemudian menyebabkan gejala masuk angin perut kembung. Namun, kurang sempurnanya dari saluran pencernaan yang disebut sebagian masuk angin.


Penyebab, Gejala dan Pencegahan Terhadap Masuk Angin 

Selain melakukan penanganan masuk angin dengan cara yang alami, sebenarnya Anda juga bisa melakukan pencegahan terjadinya masuk angin dengan berbagai cara alternatif yang mudah dilakukan. Meski bagaimanapun pencegahan lebih baik daripada pengobatan, Nah berikut beberapa cara untuk mencegah datangnya masuk angin.

1. Hindari makanan dan minuman dingin 
Gejala masuk angin sering terjadi disebabkan oleh suhu sekitar kita yang rendah atau dingin. Nah, karena itu kita musti menghindari makanan dan minuman dingin untuk pencegahan terjadinya masuk angin

2. Pola Makan Yang Teratur
Perut yang keadaan kosong bisa menyebabkan masuk angin karena udara akan memenuhi perut kita yang kosong tersebut. Untuk itu usahakan tertibkan makan tiga kali dalam sehari pada pagi hari, siang hari dan malam hari. Inilah merupakan cara yang paling ampuh untuk mencegah masuk angin

3. Menggunakan Pelindung Jaket ketika Berkendara
Jika kita sedang melakukan perjalanan jauh terlebih menggunakan kendaraan motor, maka kita harus memakai jaket yang tebal untuk melindungi diri kita dan juga untuk pencegahan masuk angin.


Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Masuk Angin dengan Cepat


Untuk dapat mengobati perut kembung dengan cepat maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan perut kembung yang sedang Anda alami, sesuai dengan yang disebutkan di atas.

Jika ternyata Anda menduga penyebabnya adalah karena mengkonsumsi makanan penyebab perut kembung secara berlebihan, maka untuk sementara Anda musti menghindarinya.

Namun demikian secara umum bisa juga menggunakan obat untuk mengatasi perut kembung, yaitu obat yang mengandung simetikon, sebuah obat yang bekerja melarutkan gelembung gas, sehingga dapat mengurangi perut kembung, simetikon biasanya terdapat pada obat mag.

Kapan Harus Ke Dokter?

Perut kembung itu sendiri jarang terjadi dan bila terjadi merupakan tanda atau gejala dari kondisi yang serius. Namun dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan malu karena sering kentut.

Namun, lebih baik hubungi dokter jika perut kembung terus-menerus atau bertambah parah untuk konsultasi, atau jika kembung terkait dengan muntah, diare, sembelit, penurunan berat badan, darah dalam tinja (BAB Berdarah) atau perut mulas berlebihan.

Selain itu ada tips alami untuk  menghilangkan perut kembung, yaitu dengan memanfaatkan bahan dan cara yang alami yang tentunya aman untuk dipraktekan dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.


1. Cara Menyembuhkan Masuk Angin dan Perut Kembung Dengan Bawang putih
Bawang putih merupakan antibiotik alami yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita yang sedang turun akibat masuk angin. Untuk itu, konsumsi bawang putih secara lengsung atau bisa dicampurkan ke dalam masakan.

2. Cara Mengeluarkan Masuk Angin Dengan Jeruk
Selain bawang sebagai antibiotik alami yang dapat menghilangkan masuk angin, jeruk juga dapat menyembuhkan masuk angin karena jeruk kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dan mengatasi masuk angin. Makan jeruk saat Anda terkena masuk angin untuk menyembuhkannya.

3. Cara Mengatasi Masuk Angin Dengan Jahe
Haluskan jahe lalu seduh dengan air panas, setelah suhunya menjadi hangat, minum untuk mengobati masuk angin. Jahe dapat mengatasi masuk angin karena jahe dapat menghangatkan tubuh kita yang sedang masuk angin.

4. Cara Mengobati Masuk Angin Kronis Dengan Daun pepaya
Rebus daun pepaya lalu minum air rebusannya selagi masih hangat. Daun pepaya yang memiliki cita rasa yang pahit mampu mengatasi masuk angin. Jika Anda tidak kuat dengan rasa pahitnya, tambahkan sedikit madu.

5. Cara Menghilangkan Masuk Angin dan Perut Kembung Dengan Ubi merah
Ubi merah bsa kita temukan di pasar tradisional atau di mall. Rebuslah ubi merah ini bersama dengan gula merah, cengkeh, kapulaga, jahe merah dan kayu manis dengan air secukupnya. Minum ramuan ini dalam kondisi hangat untuk mengatasi masuk angin.

Baca Juga : 

Demikian artikel dari kami mengenai Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Masuk Angin, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat - SALAM SEHAT



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "8 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Masuk Angin dengan Cepat"

  1. Ada juga ya masuk angin kronis ? makasih infonya

    BalasHapus
  2. ternyata banyak ya bumbu dapur yang bisa menghilangkan kembung masuk angin. saya taunya cuma jahe , berhubung ga punya jahe jd nyangkit ke blog iini.

    BalasHapus
  3. banyak sekali ternyata yang bisa mengatasi sakit perut kembung karena masuk angin ya gan , terimakasih ..

    BalasHapus
  4. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di www.rahma-store.com

    BalasHapus