11 Cara Mudah Mengobati Flu (Pilek) secara Alami dan Cepat

CarakupunyaCara Mudah Mengobati Flu (Pilek) secara Alami dan CepatInfluenza alias flu alias pilek, adalah penyakit yang terbilang ringan namun cukup mengganggu. Gejala umum yang dirasakan penderita adalah pusing disertai suhu tubuh yang meninggi, tenggorokan gatal, hidung tersumbat, terkadang disertai batuk. 

Tidak seperti kebanyakan penyakit ringan yang disebabkan oleh kuman, flu disebabkan oleh virus. Jika beberapa penyakit yang disebabkan virus dapat dicegah oleh imunisasi, namun berbeda dengan flu. Virus flu mudah berevolusi (berkembang). Karena hal ini pula, hingga saat ini diketahui virus flu telah berkembang sebanyak lebih dari 200 jenis. Seandainya seseorang mendapat imunisasi pencegah virus flu tipe A, maka esok-lusa ia tidak akan kebal terhadap virus flu tipe B, C, hingga Z. 



Ada banyak faktor penyebab flu, namun yang paling utama adalah lemahnya daya tahan tubuh. Adalah mitos yang salah jika mengatakan bahwa udara dingin dapat menyebabkan flu. Suasana dingin tidak membuat orang terkena flu, namun bisa memperparah kondisi tubuh. Kecuali jika Anda alergi terhadap hawa dingin. Musim panca roba disinyalir mempengaruhi daya tahan tubuh sebab pada masa inilah kuman dan virus berkembang lebih banyak.  

Meski sebenarnya flu bisa sembuh dalam waktu kurang lebih tujuh sampai sepuluh hari, namun para penderita biasanya tidak sabar ingin segera sembuh dan dapat beraktivitas dengan normal. Sehingga, pilihan untuk menyembuhkan flu dengan berbagai cara pun ditempuh, salah satunya mengonsumsi obat.

Perlu diketahui bahwa, cara kerja obat kimiawi yang dijual di pasaran hanyalah meredakan gejala-gejala flu. Beberapa komposisi seperti paracetamol untuk menurunkan suhu tubuh dan ibu profen sebagai penghilang nyeri (dalam hal ini sakit kepala/pusing) merupakan bahan yang terkandung dalam obat flu. Secara teknis, flu tidak benar-benar sembuh dan hilang. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa flu dapat kembali menyerang beberapa waktu kemudian (meski dalam tempo yang lama). 

Jika Anda termasuk paranoid dengan efek samping obat pabrik, maka langkah-langkah berikut bisa jadi alternatif yang layak ditempuh:


Cara Mudah Mengobati Flu (Pilek) secara Alami dan Cepat


1. Perbanyak minum air putih

Sudah jamak diketahui jika air putih adalah “obat” mujarab bagi segala macam penyakit. Hal ini karena air adalah komponen utama terbesar dalam tubuh. Sekitar 90% air terkandung dalam tubuh bayi dan 70% air pada tubuh manusia dewasa. Sehingga, memperbanyak mengonsumsi air, minimal 8 gelas perhari atau setara dengan 2L air putih (bening) akan memperlancar metabolisme tubuh. 

2. Protein untuk penyembuhan
Selain sebagai sumber energi, protein juga baik untuk regenerasi sel dan pemulihan dari sakit. Di negara-negara barat, makanan berprotein tinggi semisal chicken soup (sup ayam) hangat lazim dibuat untuk meringankan rasa tidak nyaman sekaligus “menyembuhkan” pilek.

3. Uap panas untuk hidung tersumbat
Aroma wangi yang berasal dari uap yang dipanaskan tungku dipercaya melegakan hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan. Atau, jika Anda tidak mau repot-repot menyiapkan, ada pula produk inheler (batang berbentuk lonjong pendek dengan lubang di atasnya, mengeluarkan aroma kuat) dari berbagai merek yang mudah dipakai dan dibawa ke mana-mana.

4. Makanan pedas 
Mungkin terdengar lucu, tapi makanan pedas yang belakangan naik daun ternyata bisa melegakan tenggrokan dan mencairkan lendir (ingus) akibat flu. Masakan pedas dengan kuah berbumbu pekat dan hangat adalah perpaduan sempurna. Seperti diketahui, bahwa flu akan menghambat kinerja indra penciuman. Senikmat apapun aroma makanan, akan terasa hambar sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Pilihan hidangan berkuah hangat dan pedas bisa jadi alternatif yang menyenangkan dan membuat aktivitas makan lebih bersemangat. 

5. Vitamin C untuk imunitas
Buah-buahan kaya vitamin C semisal jeruk nipis dan lemon terbukti mampu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem imunitas (daya tahan tubuh). Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin C pada saat flu bisa mempercepat kesembuhan. 

6. Istirahat
Sesibuk apapun Anda, luangkan waktu lebih banyak untuk istirahat. Meski tampak sepele, flu yang tidak diatasi dan ditunjang dengan istirahat cukup akan membuat masa pemulihan kondisi tubuh semakin lama. Anda tentu tak ingin berlarut-larut dalam sakit, bukan? Jadi, tangguhkan pekerjaan dan berbaringlah di kasur dengan nyaman.

7. Minum teh mint
Berdasarkan penelitian, daun mint terbukti dapat menurunkan suhu tubuh. Flu yang disertai suhu tubuh tinggi (badan panas) akan berbahaya jika dibiarkan saja. Teh mint hangat layak dipertimbangkan sebagai pengganti paracetamol alami. Selain menurunkan suhu tubuh, teh mint berkhasiat pula untuk melegakan tenggorokan gatal dan tersumbat.

8. Hindari air es
Seperti sudah disampaikan sebelumnya, air dingin (es) bukanlah penyebab utama flu. Namun, jika Anda mengonsumsi minuman dingin saat sedang terkena penyakit tersebut, maka flu akan menjadi semakin parah dan menimbulkan rasa tak nyaman. Di samping itu, meminum air es akan memperlambat proses penyembuhan.

9. Mengoleskan balsem
Mengoleskan balsem/minyak kayu putih di daerah leher bermanfaat untuk memberi efek hangat pada tenggorokan. Jangan lupa pula mengoleskan pada bagian atas bibir (di bawah hidung) untuk kehangatan maksimal.

10. Hindari penggunaan AC
AC (Air conditioner) alias pendingin udara memang bukan benda yang layak disalahkan untuk penyakit flu. Tapi udara sejuk cenderung dingin yang dihasilkan bisa membuat hidung tersumbat dan badan menggigil, terutama jika diatur pada suhu rendah.   

11. Lilin aromaterapi
Lilin, selain memberikan efek hangat, pada produk tertentu juga memiliki fungsi sebagai penenang (mengandung aroma terapi). Sementara waktu, alih-alih menggunakan pendingin (AC), lebih baik nyalakan beberapa lilin aroma terapi di kamar Anda. Beberapa pilihan wangi tertentu semisal lavender memiliki efek signifikan pada kualitas tidur. Anda juga bisa memilih aroma lembut lain contohnya melati dan vanila yang juga bisa mempengaruhi tidur menjadi lebih nyenyak.


Itulah tadi beberapa tips alami dan mudah untuk penyembuhan flu. Sebenarnya, flu bisa sembuh dengan sendirinya (tanpa obat-obatan kimia) selama tujuh hari (atau kurang dari itu). Jika dalam seminggu keluhan Anda tidak kunjung berkurang dan kondisi tubuh makin memburuk, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Pada beberapa kasus, flu bukanlah jenis penyakit, tapi gejala untuk penyakit lain. (/IAF)


Create By : Ilma 

Tag : cara menyembuhkan pilek dalam sehari,cara cepat sembuh dari flu,cara menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat,obat pilek yg manjur,cara cepat menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan,cara alami mengobati flu dan hidung tersumbat,cara mengobati flu tanpa obat,obat pilek dewasa

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "11 Cara Mudah Mengobati Flu (Pilek) secara Alami dan Cepat"

Posting Komentar

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings