15 Cara Cepat Mengobati Masuk Angin dan Kembung Secara Alami

Carakupunya15 Cara Cepat Mengobati Masuk Angin dan Kembung Secara AlamiMasuk angin adalah kelebihan angin di dalam tubuh, caramengobati masuk angin meliputi pengusiran kelebihan angin itu dari tubuh. Kalau anginnya sudah dikeluarkan, keseimbangan badan dapat dipulihkan dan bisa kembali kepada keadaan sehat lagi. Angin dibuang melalui sendawa, kentut atau lewat pori-pori kulit. Angin juga sering dikeluarkan melalui muntah.



Masuk angin memang bisa dikategorikan sebagai penyakit ringan. Namun, tetap saja ini bisa mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Pada beberapa kasus, masuk angin adalah gejala awal dari gangguan kesehatan yang oleh orang Indonesia disebut “angin duduk”. Dampaknya tidak main-main, yaitu kematian. Oleh karena itu, penting kiranya bagi kita untuk bisa menghindari menagalami masuk angin. Apabila anda sudah mengalaminya, berikut ini kami berikan 20 Cara Mengobati Masuk Angin Secara Alami.

20 Cara Mengobati Masuk Angin Secara Alami


1.Wedang Jahe Obat Alami untuk Meredakan Masuk Angin
Siapa tidak kenal wedang jahe? Orang-orang di Jawa sudah sedari dulu menggunakan wedang jahe sebagai obat alami masuk angin. Minuman ini akan menghangatkan tubuh anda, sehingga tubuh berkeringat. Pertama, parut atau iris kecil satu rimpang jahe berukuran sedang. Seduh bersama segelas air panas, biarkan selama 5 menit. Tiriskan airnya, campur dengan gula batu. Minum airnya selagi hangat. Sebagai variasi bisa anda padukan dengan teh hijau. Dengan cara ini, masuk angin biasanya akan sembuh dalam waktu singkat.

2.Minyak Angin Solusi Mudah Sembuhkan Masuk Angin
Suatu metode mengobati masuk angin yang lebih sederhana lagi adalah pengolesan minyak angin pada kulit badan. Saya percaya sekali anda semua sudah familiar dengan minyak angin. Minyak angin termasuk minyak kayu putih, minyak tawon alau balsem. Minyaknya dioles di bagian punggung, leher, dada, perut dan telapak kaki. Minyak angin efektif untuk menghangatkan bagian badan itu yang paling peka masuk angin kalau kedinginan. Setelah badannya dioles, sebaiknya yang sakit berbaring, beristirahat dan pakai selimut hangal. Kalau si sakit berkeringat dan sendawa, itu tanda bahwa pengobatan mulai berpengaruh. Pengobatan ini efektif untuk masuk angin yang tergolong ringan.

3.Bawang Merah dan Bawang Putih Sebagai Penghangat Badan
Anda bisa menghaluskan bawang merah, lalu oleskan merata ke bagian perut, dada, dan leher. Bawang merah mampu membantu daya tahan badan melawan penyakit dan memperlancar aliran darah. Untuk bawang putih, anda bisa memakannya langsung. Bawang putih ini mengandung senyawaalicin lebih tinggi yang bertindak layaknya antibiotik dan antioksidan alami.

4. Madu dan Teh Lemon Efektif Bagi Orang yang Masuk Angin
Madu sudah dari dulu diketahui memiliki kandungan nutrisi lengkap yang bisa meningkatkan sistem imun dan regerenasi sel tubuh. Di sisi lain, lemon memilki kandungan vitamin c yang baik bagi daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Masukan madu dan perasan lemon kedalam teh hangat, lalu konsumsilah sebelum tidur.

5. Daun Rimpang Solusi Cepat Penyembuh Masuk Angin
Bahan
- 4 lembar Daun Sembung Segar
- 2-3 tetes Minyak Kayu Putih
- 1 gelas air
Cara Pembuatan
Daun sembung dididihkan dengan air sehingga tinggal setengah gelas. Setelah dingin disaring kedalam gelas. Campur dengan minyak kayu putih dan minumlah.

6. Daun Sembukan yang Berkhasiat
Daun beraroma menyengat ini punya khasiat luar biasa dalam urusan menyembuhkan masuk angin. Sudah sejak lama masyarakat di Jawa menggunakannya sebagai penyembuh masuk angin. Orang Jawa biasanya melilitkan daun sembukan di bagian perut seperti sabuk. Bagi anda yang kurang nyaman dengan cara tersebut bisa melakukan langkah-langkah berikut :

Bahan
- 25 lembar Daun sembukan (daun kentutan)

Cara Pembuatan
Rebus daun sembukan
Konsumsilah daun tersebut seperti mengonsumsi sayur pada umumnya.

7. Campuran Jahe dan Jeruk Nipis untuk Jaminan Masuk Angin Hilang
Jahe memang baik hati dan tidak sombong. Jahe bisa dipadukan dengan berbagai jenis tanaman herbal lainnya tidak terkecuali jeruk nipis. Berikut ini cara pembuatannya :

Bahan
-1/3 jari rimpang jahe
-1/2 buah jeruk nipis yang tua
-1 jari gula merah

Cara Pembuatan
Jahe dikupas dan diiris-iris, jeruk nipis diperas
Seduh air panas3/4 cangkir
Tambahkan gulanya
Konsumsilah selagi hangat dan rasakan manfaatnya.

8. Ubi Merah yang Bermanfaat
Mungkin sulit bagi anda untuk mendapatkan ubi merah. Ubi merah sangat jarang dikonsumsi masyarakat modern sekarang ini, padahal ia mengandung berjuta manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satu manfaat dari ubi merah adalah mampu mengobati masuk angin saat musim penghujan. Cara membuat ramuan: Setelah kulitnya dikupas, rebus ubi merah dan bahan alami lainnya seperti 8 butir merica, jahe merah, 8 butir kapulaga, secuil kayu manis, sepotong gula merah, dan 4 biji cengkeh. Biarkan airnya mendidih beberapa saat, kemudian saring. Minum air rebusan 7 bahan alami ini saat masih hangat. Agar khasiatnya semakin lengkap, kombinasikan juga dengan jahe, merica, kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan masih banyak lagi.

9. Daun Pepaya
Daun pepaya telah dipercaya menyembuhkan masuk angin secara tradisional, daun pepaya dapat menjadi obat alternatif. Lupakan rasanya pahit seperti masa lalu anda dengannya, daun satu ini sangat efektif sebagai obat perut kembung. Cara membuatnya tidaklah sulit. Ambil 5 lembar daun pepaya gantung, tumbuk dan peras untuk mengambil airnya. Rebus airnya sampai mendidih, minum saat air masih hangat. Anda dapat menambahkan sedikit garam, untuk mengurangi rasa pahitnya.

10. Jahe dan Bawang Merah
Lagi-lagi jahe datang dengan berjuta manfaatnya meski tidak lagi bersama jeruk nipis. Perpaduan antara jahe dan bawang merah jadi jaminan mutu bagi hilangnya masuk angin dari tubuh anda. Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan :
Bahan
- Jahe
- Bawang merah
Cara Pembuatan
Bakar bawang merah dan jahe
Kupas kulitnya dan tumbuk sampai halus
Masukkan satu gelas air panas atau hangat diaduk.

Minum dalam keadaan hangat. Ramuan ini juga bisa diminum sebelum bepergian untuk mencegah masuk angin.

11. Perbanyak Minum Air Hangat
Perbanyak minum air hangat dan hindari minuman es, terutama saat cuaca tidak menentu. Akan lebih baik bagi anda, untuk lebih banyak minum air hangat. Kunci kesembuhan dari masuk angin adalah tubuh yang tetap hangat. Tujuannya agar tubuh bisa berkeringat dan melakukan detoksifikasi.

12. Konsumsi Apapun yang Mengandung Vitamin C
Saat tubuh terserang masuk angin, itu merupakan tanda lemahnya daya tahan tubuh akibat kelelahan. Konsumsi vitamin C sangat penting untuk meningkatkan stamina tubuh. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang anda bisa dapatkan di apotek terdekat. Sedangkan bagi anda yang sedang krisis moneter, silahkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin c  seperti jambu biji, buah kiwi, jeruk, lemon, dan lain sebagainya. Semakin banyak mengonsumsi buah-buahan tersebut, maka akan semakin baik bagi kondisi kesehatan tubuh.

13. Sup Ayam Pedas yang Nikmat dan Menyehatkan
Sup ayam bisa jadi solusi tepat bagi pedas penderita masuk angin yang biasanya tidak doyan makan. Rasa mual akibat masuk angin menyebabkan selera makan menurun. Sup ayam yang pedas dapat menjadi pilihan tepat saat kondisi tubuh seperti itu. Dengan menambahkan lada atau merica, akan membuat sup makin pedas. Tubuh penderita pun akan berkeringat, sehingga masuk angin sembuh secara perlahan.

14. Istirahat yang Cukup
Perbanyak waktu istirahat Jangan paksakan diri anda untuk tetap bekerja, saat tubuh merasa lelah. Hindari begadang di malam hari untuk mencegah masuk angin datang. Waktu tidur yang cukup sangat dibutuhkan. Untuk menjaga kondisi tubuh, setidaknya anda butuh 8 jam untuk tidur malam.

15. Kunyit dan Madu
Campuran kunyit dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan rasa mual akibat masuk angin. Ramuan herbal ini telah sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dari zaman ke zaman. Berikut cara pembuatannya :
Bahan
-Kunyit
-Madu
Cara Pembuatan
-Parut kunyit sesuai selera anda
-Peras parutan kunyit untuk mengambil sarinya
-Tambahkan beberapa sendok madu
Untuk menambah rasa hangat bisa dikombinasikan dengan jahe merah maupun putih.

Baca Juga : 

Itulah 15 cara mengobati masuk angin secara alami yang bisa anda coba di rumah. Semoga cara-cara tersebut bisa membuat anda terbebas dari masuk angin. Selalu prioritaskan obat-obatan alami sebelum kimiawi. Tuhan telah menciptakan alam dan seisinya untuk kita manfaatkan bagi kehidupan kita. Selalu jaga kesehatan anda karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Terima kasih J

Created By : Alfin Fatkurochman 

Tag : obat sakit perut melilit,obat sakit perut kembung,perut kembung mencret air,perut sakit melilit,penyebab sakit perut tiba-tiba,obat sakit perut mencret,sakit perut pada anak,penyebab sakit perut dan mencret


Pasang Iklan disini

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "15 Cara Cepat Mengobati Masuk Angin dan Kembung Secara Alami"

  1. terimakasih atas informasinya jangan lupa kunjungi kami
    di http://idblackwalet.com/sabun-jerawat-meradang/

    BalasHapus