8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan

Carakupunya8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan - Belum pernah mendengar beras hitam? Tidak mengherankan sebenarnya, itu sangat langka dibandingkan dengan kerabatnya yang merah dan putih. Catatan Cina kuno mengklaim bahwa beras hitam hanya diperuntukkan bagi Kaisar dan Keluarga Kerajaan, karena profil nutrisi dan kemampuan penyembuhannya. Kembali pada masa itu, jika anda tertangkap makan tanpa izin, hidup anda dalam bahaya! Apakah Kaisar benar saat dia memutuskan untuk menyimpan semuanya untuk dirinya sendiri? Apakah beras hitam layak dikonsumsi karena sifatnya yang menyehatkan? Berikut adalah 8 manfaat mengonsumsi beras hitam. Silahkan menyimak

8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan


8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam


1. Sumber Sehat Karbohidrat

8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan

Beras putih tidak buruk untuk anda, namun karena sekamnya dikeluarkan, maka lebih rendah dari segi nutrisi. Beras merah merupakan pilihan yang lebih baik, dengan kandungan serat lebih tinggi. Tapi bisakah beras hitam mengalahkannya? Inilah yang biasa disajikan (seperempat cangkir, tidak dimasak) nasi hitam akan memberi tubuh anda:

160 kalori
5 g lemak - 2% Recommended Daily Value (RDV)
34 g karbohidrat - 11% RDV
2 g serat makanan - 8% RDV
1 g gula
5 g protein
Tidak ada lemak jenuh
Tidak ada kolesterol

Mari kita bandingkan dengan beras putih dan merah. Beras merah memiliki 170 kalori, 45 g karbohidrat dan 4 g protein, sedangkan beras putih memiliki 180 kalori, 53 g karbohidrat dan 3 g protein. Seperti yang bisa anda lihat, beras hitam sangat mirip dengan jenis beras lainnya dalam hal macronutrition. Tapi, yang tertinggi adalah kandungan mikronutriennya.

2. Kaya Antioksidan
8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan


Beras hitam benar-benar mengungguli nasi merah atau putih adalah ketika menyangkut kandungan antioksidannya. Analisis dari 12 varietas padi yang berbeda menemukan bahwa kandungan antioksidan beras hitam sekitar enam kali lebih tinggi dari pada nasi putih atau coklat. Studi lain menemukan hasil yang serupa.

3. Menghambat Inflamasi atau Peradangan

8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan


Sementara peradangan adalah respons tubuh yang sehat terhadap bakteri dan virus asing, terkadang peradangan bisa lepas kendali, yang mana yang paling jelas bukan hal yang baik! Periset dari Suwon University di Korea Selatan melakukan tes menggunakan hewan pada dedak padi hitam dan dedak beras merah karena efektivitasnya terhadap peradangan kulit. Sementara dedak beras merah tidak menekan peradangan, dedak beras hitam itu! Hal ini menyebabkan para periset menyarankan bahwa beras hitam mungkin merupakan agen terapeutik yang berguna untuk pengobatan dan pencegahan penyakit yang terkait dengan peradangan kronis. Studi lain, yang diterbitkan dalam Journal of International Immunopharmacology, menemukan bahwa penyusun utama nasi hitam (C3G) sangat efektif dalam menekan peradangan di tubuh. Tentu saja, Anda tidak akan mengalami peradangan kronis dengan mengonsumsi nasi saja!

4. Cocok Untuk Diet

8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan


Manfaat lain mengonsumsi beras hitam adalah membantu orang mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat. Harus diakui, kalau menyangkut produk yang membuat klaim seperti ini, membuat beberapa orang jadi sangat skeptis. Ada terlalu banyak produk di pasaran sekarang yang membuat klaim yang sama. Demikian juga sains mengembalikan klaim tentang beras hitam dan pengaruhnya pada lemak. Sebuah studi tahun 2008 di Departemen Makanan dan Gizi di Universitas Hanyang Korea, para peneliti membagi 40 wanita dewasa yang kelebihan berat badan menjadi dua kelompok untuk studi enam minggu.

Satu kelompok makan makanan yang mengandung beras putih, sementara yang lain memakan makanan yang hampir identik - satu-satunya perbedaan adalah nasi putih diganti dengan campuran hitam dan merah. Meskipun kedua kelompok memiliki penurunan berat badan yang signifikan, BMI dan lemak tubuh, kelompok merah/hitam tersebut menikmati pengurangan yang lebih besar di ketiga wilayah tersebut, jika dibandingkan dengan kelompok beras putih. Tentu saja, ini hanya satu studi dan itu menampilkan campuran nasi hitam dan merah. Hal ini membuat sulit untuk mengatakan apakah beras hitam bertanggung jawab atas penurunan berat badan ekstra, atau jika hanya disebabkan kandungan serat tinggi dari beras hitam dan merah. Namun, penelitian ini (dan banyak lainnya) menyoroti pentingnya serat dalam menjaga berat badan yang sehat. Karena tubuh kita mencerna serat secara perlahan, makanan berserat tinggi membuat kita kenyang lebih lama, mencegah rasa lapar, dan ngidam.

5. Kesehatan Jantung

8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan

Bukan rahasia lagi bahwa menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyatakan bahwa penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di AS untuk pria dan wanita, terhitung satu dari setiap empat kematian. Bisakah beras hitam berperan dalam kesehatan jantung? Beberapa penelitian tampaknya memberi kesan. Salah satu penelitian tersebut, yang ditampilkan dalam Journal of Nutrition, menemukan bahwa beras hitam menurunkan plak aterosklerotik di arteri. Bila plak ini menumpuk, hal itu menyebabkan arteri mengeras dan menjadi tersumbat. Ini adalah faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke.

Dalam penelitian ini, kelinci jantan disuntik dengan kadar kolesterol tinggi sehingga menyebabkan pembentukan plak ini. Mereka kemudian dibagi menjadi lima kelompok, empat di antaranya diberi makan makanan kolesterol tinggi, satu tanpa nasi dan yang lainnya dengan berbagai jenis nasi, termasuk hitam. Plak tersebut 50% lebih rendah pada kelinci yang diberi nasi hitam (atau nasi merah) daripada yang diberi nasi putih. Peneliti menyimpulkan bahwa antioksidan dalam beras hitam dapat berperan dalam mengurangi aterosklerosis. Itu adalah situasi yang sangat artifisial, tapi ini mengindikasikan beras hitam bisa membantu melindungi jantung dan arteri anda.

6. Kesehatan Hati

8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan


Hati adalah salah satu organ terbesar kita, bertanggung jawab untuk memproses banyak nutrisi dari makanan kita ke dalam bahan yang tubuh kita dapat gunakan dan mengatur hormon. Menurut beberapa penelitian, beras hitam bisa berperan dalam kesehatan hati. Pada tahun 2012, jurnal Nutrition & Metabolism menerbitkan sebuah studi yang meneliti efek ekstrak beras hitam pada penyakit hati berlemak non alkohol. Kondisi umum ini, yang mempengaruhi hingga 90 juta orang Amerika (bahkan anak-anak!), Terjadi saat timbunan lemak terbentuk di hati. Tikus dengan penyakit hati berlemak diberi makan diet lemak normal, diet tinggi lemak, atau diet tinggi lemak ditambah dengan ekstrak beras hitam.

Setelah tujuh minggu, ditemukan bahwa tikus yang diberi makanan dengan beras hitam telah memperbaiki tingkat lipid darah dan secara signifikan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol total daripada yang lainnya. Dari penelitian ini, peneliti dituntun untuk percaya bahwa beras hitam dapat berperan dalam mencegah penyakit hati berlemak. Ini agak awal untuk melangkah sejauh itu, tapi ini bisa membantu anda mempertahankan berat badan yang sehat sebagai bagian dari makanan sehat. Mempertahankan berat badan yang sehat adalah hal terpenting yang bisa anda lakukan untuk menghindari penyakit hati berlemak.

7. Mengandung Antosianin
Antosianin, seperti antioksidan lainnya, membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker. The Journal Chemico-Biological Interactions menerbitkan sebuah penelitian yang mengamati kemampuan antosianin beras hitam untuk menghentikan metastasis tumor, penyebaran kanker ke bagian tubuh yang lain. Penyebaran ini merupakan sumber kematian kanker yang signifikan sehingga para ilmuwan terus-menerus mencari cara untuk menghentikan hal ini terjadi.

8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan

Ditemukan dalam penelitian khusus bahwa antosianin yang diekstraksi dari beras hitam menunjukkan 'hambatan yang ditandai' pada penyebaran sel kanker tertentu. Sebuah studi yang lebih baru, dari tahun 2014, juga mengindikasikan bahwa anthocyanin beras hitam berpotensi menghentikan metastasis tumor pada sel kanker payudara. Penelitian lain menunjukkan kemampuan beras hitam untuk melawan kanker payudara dengan menyebabkan sel kanker mati. Sementara penelitian ini menunjukkan bahwa beras hitam menunjukkan beberapa harapan untuk mencegah penyebaran kanker, namun ini bukan obatnya. Masih banyak penelitian yang perlu dilakukan di bidang ini.

8. Tingkat Kognitifitas
Sementara belum ditemukan penelitian yang secara khusus melihat efek beras hitam pada memori dan pembelajaran, ada banyak hal yang menghubungkan antioksidan, terutama antosianin, dengan fungsi otak. Beberapa peneliti percaya bahwa stres oksidatif berkontribusi terhadap kerusakan ingatan, jadi masuk akal jika antioksidan akan melawan hal ini sampai batas tertentu. Sebuah studi enam tahun terhadap lebih dari 16.000 pasien menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya antosianin dapat menunda penuaan mental hingga dua setengah tahun. Hasilnya juga menunjukkan bahwa semakin banyak asupan anthocyanin dan flavonoid lainnya dikaitkan dengan tingkat penurunan kognitif yang lebih lambat.

8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan


Kelompok antioksidan tertentu ini tidak hanya memperlambat proses penuaan mental, tapi juga membantu meningkatkan pembelajaran dan ingatan. Sebuah penelitian di tahun 2009 terhadap tikus menunjukkan bahwa mereka yang diberi anthocyanin menunjukkan peningkatan fungsi belajar dan memori, melebihi mereka yang tidak mengkonsumsi anthocyanin apapun. Seperti sudah disampaikan di awal, penelitian ini tidak secara khusus menghubungkan beras hitam dengan fungsi kognitif yang lebih baik, namun ada beberapa penelitian di luar sana yang menghubungkan antioksidan dalam nasi hitam dan pengaruhnya terhadap ingatan yang lebih baik.

Itulah 8 manfaat mengonsumsi beras hitam. Beras hitam tentu memiliki beberapa manfaat kesehatan, nomor satu dari kandungan antioksidannya. Nilai antioksidan beras ini tampaknya tidak jadi masalah. Efek kesehatan lainnya dari beras hitam, seperti penurunan berat badan dan klaim anti-kankernya, memerlukan lebih banyak penyelidikan sebelum kita dapat mengatakan dengan pasti apakah ia bekerja di area ini. Bagi yang menjadikannya pilihan menu diet, makanan sehat harus ditambahkan ke dalam rencana anda untuk memberi kita lebih banyak variasi. 

Beras hitam tentu makanannya sehat! Ini juga memiliki rasa pedas yang unik yang disukai mayoritas orang Indonesia! Jadi jika anda menyukai nasi dan anda menyukai manfaat kesehatan ini, maka dengan segala cara cobalah 'nasi terlarang' ini. Ingat, ini bukan 'obat ajaib' untuk segala hal!

(source : https://legionathletics.com/)


Created By : Alvin Fatkurrochman

Tag : manfaat beras hitam untuk diet, manfaat beras hitam organik, beras hitam vs beras merah, harga beras hitam, manfaat beras coklat, manfaat beras hitam untuk wajah, manfaat beras hitam untuk diabetes, perbedaan beras hitam dan ketan hitam


Pasang Iklan disini

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Manfaat Hebat Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Kesehatan"

Posting Komentar