20 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya20 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara AlamiPerawatan rambut kering diperlukan untuk mengembalikan kesehatan dan kecantikan rambut. Rambut adalah kebanggaan bagi kaum pria maupun wanita. Tanpa rambut yang sehat kecantikan dan ketampananan tampak berkurang. Secara alami rambut kering adalah hal lumrah. Namun, bila dibiarkan maka bisa berakibat rambut rontok. Kerontokan pada rambut biasa terjadi setiap hari asal tidak lebih dari seratus helai perharinya. Rambut yang terus menerus rontok dalam jumlah besar dan tidak segera diatasi dapat menyebabkan kebotakan. Maka sebelum hal tersebut menimpa anda, anda perlu mengetahui cara mengatasi rambut kering.

20 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering Secara Alami


Biasanya orang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas akan memilih melakukan perawatan ke salon. Pada beberapa kasus ada juga kalangan menegah ke bawah yang juga menghabiskan banyak dana hanya untuk ke salon. Kasus satu ini bisa kita anggap sebagai BPJS (Budget Pas-pasan Jiwa Socialita). Lalu bagaimana dengan kalangan yang tidak punya cukup biaya untuk perawatan di salon? Tenang saja, Tuhan telah menyediakan semua yang kita butuhkan di alam. Berikut adalah 20 cara mengatasi rambut kering secara alami.


20 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering Secara Alami


1. Mengatasi Rambut Kering  dengan Hair Massage Menggunakan Mentega

20 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Cobalah cara ini di rumah : manjakan rambut kering dan rapuh dengan sedikit mentega untuk kilau yang mengilap. Pijat ke rambut kering anda, lalu tutupi rambut anda dengan tutup shower sekitar setengah jam. Kemudian keramas seperti biasa, dan bilas semua mentega keluar.

2. Mengobati Rambut Kering dengan Minyak Cendana

20 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Campur beberapa tetes minyak kayu cendana dengan beberapa tetes minyak zaitun atau jojoba, gosok campuran antara telapak tangan anda, lalu bilaskan sampai ujung rambut anda untuk kehalusan instan dan cara yang efektif untuk mencegah rambut yang rapuh dan kering. Bergantian, semprot beberapa tetes lotion tangan di telapak tangan anda dan bilaskan ke rambut yang kering dan rusak.

3. Mengatasi Rambut Kering dengan Kuning Telur

Mengatasi Rambut Kering


Tidak hanya menjadi bahan makanan khususnya kue, kuning telur pun dapat sangat bermanfaat bagi produk kecantikan, salah satunya untuk rambut. Ya, ini memang terdengar konyol. Atau anda pernah dijahili menggunakan telur saat berulang tahun? Siapa sangka ternyata telur tersebut memiliki manfaat yang sangat baik. Tentu ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan agar mendapat manfaatnya, yaitu:

A Pisahkan kuning dan putih telur lalu tuangkan ke dalam sebuah wadah yang sudah disediakan.

B Lalu, jangan lupa menambahkan 1 sdm air bersih dan kocok sampai merata.

C Tuangkan cairan kunng telur ke kepala anda dan remas rambut sampai telur merata ke kulit kepala.

D Tunggu beberapa saat sampai agak mengering lalu bilas sampai bersih.

Seperti yang kita ketahui, telur memiliki bau yang amis. Oleh karena itu, pastikan anda membilas rambut sampai bersih dan bau amis tidak tercium sama sekali. Barangkali anda tidak harus terlalu marah bila anda dikerjai teman saat ulang tahun.

4. Menyembuhkan Rambut Kering dengan Membersihkan Rambut 2-3 Hari Sekali

Mengatasi Rambut Kering

Mungkin cara yang satu ini terdengar sepele, tapi tahukah anda bahwa hal ini tidak boleh diabaikan? Ya, membersihkan rambut dengan cara keramas haruslah dilakukan secara rutin. Idealnya, keramas dilakukan sekitar 2-3 hari sekali. Jangka waktu ini pun harus diperhatikan karena rambut anda akan terpenuhi kebutuhan vitamin E-nya. Kandungan ini sangatlah berguna untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada rambut anda.

Ini yang harus anda perhatikan:

 - Pemilihan sampo haruslah yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala anda.

- Cara membersihkan sampo dari rambut, pastikan tak ada sisa sampo pada rambut anda.

Lalu sebenarnya berapa waktu ideal untuk berkeramas? Durasi yang sesuai adalah 3 menit. Ya, sebaiknya diamkan sampo selama 3 menit agar menyerap dengan sempurna.

5. Mengatasi Rambut Kering dengan Minyak Kelapa dan Tepung

Mengatasi Rambut Kering


Siapa bilang merawat rambut yang kering selalu membuat kita mengeluarkan uang yang banyak? dengan menerapkan cara yang satu ini, perawatan rambut kering menjadi sangat mudah dan murah. Ini yang perlu anda siapkan:

-Minyak kelapa

-Tepung terigu

-Wadah

Tidak perlu merasa bingung dengan bahannya. Campuran minyak kelapa dan tepung terigu memang memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan rambut. Cukup lakukan langkah sederhana ini:

- Tuangkan kedua bahan secukupnya ke dalam wadah

- Campurkan kedua bahan sampai rata

- Oleskan semua campuran tersebut ke kepala

- Pastikan kamu menggosoknya sampai ke kulit kepala

- Diamkan sekitar 5 menit dan bilas menggunakan air bersih

- Sangat mudah, cepat, dan murah bukan? Coba bandingkan dengan pergi ke salon, tentu membutuhkan waktu yang sangat lama dan biaya yang cukup menguras kantong.

6. Mengobati Rambut Kering dengan Biarkan Rambut Anda Mengering Secara Alami

Mengatasi Rambut Kering

Beberapa orang seringkali tidak percaya diri ketika rambutmu masih basah. Akhirnya mengeringkan rambut secara paksa menggunakan pengering rambut atau yang dikenal dengan hair dryer menjadi pilihan. Sebenarnya, menggunakan mesin pengering rambut diperbolehkan saja asalkan, tidak melakukannya secara berlebihan. Sebab, sebuah mesin pengering rambut merupakan sumber utama penyebab rambut kering, bercabang, dan kerusakan lainnya.

7. Mengatasi Rambut Kering dengan Minyak Zaitun

Mengatasi Rambut Kering

Masih terkait dengan minyak, siapa yang tidak kenal dengan minyak zaitun? Anda pasti tidak asing dengan minyak satu ini kan? Apalagi minyak zaitun memang memiliki kandungan yang sangat baik, sehingga banyak digunakan untuk merawat kecantikan. Kandungan Vitamin E dan antioksidan dalam minyak zaitun dapat menjaga kelembapan rambut, mengatasi rambut kering, dan menghindarkan rambut dari bahaya kerusakan. Untuk hasil yang maksimal, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun sampai merata pada rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambutmu dengan air bersih.

8. Mengatasi Rambut Kering dengan Kemiri

Mengatasi Rambut Kering

Kemiri memiliki kandungan vitamin B1. Manfaat vitamin B1 atau Thiamin merupakan salah satu kandungan dari manfaat kemiri yang banyak digunakan untuk perawatan dan kecantikan. Salah satu manfaatnya bagi kesehatan rambut adalah untuk mencegah rambut kering yang berujung pada kerontokan. Vitamin B1 dapat memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan sistem saraf disekitar rambut. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri yang mengandung banyak vitamin B1 sangat baik untuk kesehatan rambut dan kekuatan akarnya.

9. Mengatasi Rambut Kering dengan Madu

Mengatasi Rambut Kering

Madu yang memiliki rasa manis ini memanglah obat yang mujarab bagi berbagai jenis penyakit. Tidak hanya bagi tubuh, madu pun sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut anda. Banyak kerusakan rambut yang dapat diatasi oleh madu, salah satunya adalah masalah rambut kering. Berikut ini cara yang harus anda lakukan:

- Campurkan madu secukupnya dengan 4 gelas kecil air bersih

- Gunakan campuran ini untuk membasahi rambut mulai dari akar sampai ujung rambut

- Tunggu beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih

- Anda tidak akan kesulitan mencari bahannya dan penggunaannya juga mudah bukan?

- Tentu cara ini akan sangat membantu dalam menghemat pengeluaran dan juga waktu anda.

10. Mengobati Rambut Kering dengan Cuka Apel



Cara yang satu ini dijamin akan membantu anda menghilangkan masalah kerusakan rambut. Percaya atau tidak, kerusakan pada rambut anda akan hilang secara permanen. Padahal, waktu yang dibutuhkan hanyalah 10 menit. Lalu, apa lagi yang anda tunggu? Untuk melakukan cara ini, anda hanya harus menyiapkan:
Setengah cangkir cuka apel
1 sendok makan minyak gandum
2 cangkir air bersih

Jika bahannya sudah siap, ikuti cara ini:
Campurkan semua bahan tersebut sampai merata.
Oleskan campuran tersebut pada rambut sesaat setelah keramas.
Diamkan selama 10 menit dan bilas tanpa menggunakan sampo.

Mudah bukan? Anda pun dapat melakukan cara ini setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

11. Menyembuhkan Rambut Kering dengan Buah Alpukat

Tahukah anda jika ternyata buah alpukat ini sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk perawatan tubuh? Sudah sejak lama, buah berwarna hijau ini dipercaya memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh. Langsung saja, ini dia cara yang perlu anda lakukan jika memilih metode menggunakan buah alpukat:

Haluskan 1 buah alpukat dengan menggunakan blender.
Ketika dihaluskan, tambahkan 1 sendok madu dan 2 sendok minyak kelapa muda.
Oleskan campuran tersebut sampai merata di setiap bagian kepala dan gunakan topi mandi untuk menutupnya.
Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Alpukat kaya akan kandungan mineral, vitamin, dan minyak alami yang diperlukan oleh bagian dalam dan luar tubuh. Namun, buah alpukat akan sangat sulit dibersihkan dari rambut jika dibandingkan dengan bahan lain.

12. Lidah Buaya

Mengatasi Rambut Kering

Anda pasti sudah tidak asing dengan tanaman lidah buaya. Atau barangkali punya tanaman ini di rumah? Mari kita memanfaatkannya!

Tanaman lidah buaya memang sudah dikenal sejak zaman dahulu karena memiliki banyak manfaat. Lalu bagaimana dengan kondisi rambut kering? Tentunya tanaman berwarna hijau ini adalah solusi yang sangat tepat. Yang anda butuhkan adalah bagian gel yang ada di dalam lidah buaya. Berikut cara pemanfaatannya :
Bersihkan rambut menggunakan sampo
Keringkan rambut menggunakan handuk
Oleskan gel lidah buaya pada rambut yang masih lembab dan diamkan sekitar 30 menit.
Bilas rambut menggunakan air bersih.

Atau anda bisa melakukan ini:
Buat rambut menjadi 4 bagian dan oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian kepala.
Pijat dengan lembut agar zat yang terkandung bisa menyerap dengan sempurna
Tutup rambut menggunakan handuk kering dan diamkan selama 30 menit
Bilas rambut sampai bersih menggunakan air dingin.
Bila anda merasa kesulitan mencari tanaman lidah buaya, cari saja gel lidah buaya instan yang kini sudah banyak diproduksi oleh berbagai produk perawatan rambut.

13. Mengatasi Rambut Kering dengan Menggunakan Kondisioner

Mengatasi Rambut Kering


Kondisioner bukanlah benda yang asing lagi bagi kita. Tua, muda, perempuan dan laku-laki pun sudah banyak yang menggunakan produk ini. Apalagi kini kondisioner mudah ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan dan penggunaannya pun sangatlah mudah. Anda sama sekali tidak perlu ke salon. Fungsinya adalah sebagai pelembab rambut kita. Pemakaiannya sendiri hanya dapat dilakukan ketika kita sudah selesai keramas. Namun, perlu diingat! Kondisioner hanya dapat digunakan 1 kali dalam 1 minggu.

Artinya, anda tidak bisa menggunakan kondisioner setiap kamu selesai keramas. Untuk pemakaiannya sendiri pun tidak membutuhkan waktu yang lama karena anda cukup luangkan waktu selama lima menit saat setelah melakukan keramas. Sama seperti menggunakan sampo, anda pun harus membilas kondisioner dengan bersih. Penting diingat! Jangan sampai kondisioner mengenai kulit kepala. Jika terkena kulit kepala, rambut anda akan terlihat berminyak dan juga lepek.

14. Asupan Protein yang Cukup

Mengatasi Rambut Kering

Sudah banyak bahasan kita mengenai cara mengatasi rambut kering darii luar tubuh. Namun tahukah kamu? Perawatan dari dalam pun tak kalah penting. Akan percuma kalau anda melakukan perawatan dari luar tanpa melakukan perawatan dari dalam tubuh anda sendiri. Caranya? Tentu dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Pertanyaannya makanan apa yang harus kita makan? Jawabannya adalah makanan yang banyak mengandung protein. Mengapa? Karena, rambut kita terbuat dari protein. Jadi konsumsilah protein yang cukup agar rambut pun menjadi sehat. Kandungan protein dapat kamu temukan dalam:

- Sayuran hijau
- Buah-buahan
- Gandum utuh

Tidak hanya protein, anda juga harus memakan makanan yang mengandung Vitamin B seperti : telur, buah pisang, kacang-kacangan, dan lainnya. Tidak lupa Omega 3 seperti :  bayam, ikan salmon, dan lainnya. Tidak hanya rambut yang akan sehat, tapi tubuh anda juga akan ikut sehat.

15. Mengatasi Rambut Kering dengan Bir Hitam



Anda ragu? Saya pun awalnya ragu, tapi akhirnya tercengang ketika telah mecari-cari dan melihat hasilnya. Begini penjelasannya, ternyata bir memiliki kandungan alami dan sangat bagus untuk rambut. Hal yang perlu anda perhatikan adalah pemilihan bir yang paling bagus agar mendapatkan hasil perawatan maksimal. Ingat! Cukup sediakan waktu 15 menit untuk melakukan cara yang satu ini. anda bingung apa yang harus dilakukan? Tunggu dulu, ada beberapa cara pilihan yang bisa and lakukan menggunakan bir.
Anda bisa ikuti langkah ini :

Keramas seperti biasa, tapi bilas rambut terakhir kali menggunakan air hangat.
Gunakan campuran bir dengan cuka apel seperti anda menggunakan kondisioner, banyaknya pun tentu disesuaikan dengan ketebalan anda.
Atau
Campurkan 2 cangkir bir dengan 2 sendok makan cuka apel.
Oleskan pada rambut setelah anda selesai keramas, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air.
Atau
Gunakan 240ml bir hitam dan campurkan dengan beberapa tetes minyak jojoba.
Oleskan campuran tersebut pada rambut yang kering dan diamkan selama 15 menit.
Bilas menggunakan air hangat dan kemudian keramas menggunakan sampo seperti biasa.

16. Campuran Lemon dan Jeruk Nipis

Mengatasi Rambut Kering


Tidak hanya dijadikan minuman yang enak dan segar, tapi juga bisa membantu kita melakukan perawatan tubuh. Ini yang harus anda siapkan dan lakukan:

- 4 buah lemon atau jeruk nipis

- Peras semua lemon atau jeruk nipis hingga menghasilakan 2 sendok makan.

- Campurkan air tersebut dengan madu secukupnya.

- Oleskan pada seluruh bagian rambut dan tunggu sekitar 60 menit.

- Anda tentunya harus mengulangi cara yang satu ini berulang kali. Kenapa? Pastinya agar hasilnya terlihat jauh lebih baik.

17. Mengatasi Rambut Kering dengan Tanaman Amla

Mengatasi Rambut Kering


Kamu pernah mendengar tanaman yang satu ini? Jujur, saya pun sempat asing ketika mendengarnya pertama kali. Seperti apa bentuk tanaman ini? Tanaman amla atau malaka memiliki bentuk yang mirip dengan tanaman cerme. Ya, walaupun kecil, tanaman yang satu ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi rambut, khususnya rambut kering. Jangan khawatir, caranya sangat mudah untuk dilakukan. anda cukup menyiapkan waktu selama 30 menit dan juga bahan-bahan ini :

1 cangkir bubuk amla
1 buah telur
2 sendok minyak jarak

Begini langkah yang perlu anda lakukan :
Campurkan semua bahan yang telah kamu siapkan ke dalam sebuah wadah sampai halus dan merata.
Oleskan mulai dari kulit kepala sampai dengan ujung rambut dan diamkan selama 30 menit.

Bersihkan rambut menggunakan sampo seperti biasa.
Mudah bukan?

18. Mengobati Rambut Kering  dengan Minyak Wijen

Mengatasi Rambut Kering


Ya, kita kembali membahas minyak yang dapat mengatasi rambut kering. Ternyata minyak wijen kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut kering. Anda juga harus menyiapkan jahe parut. Apakah caranya sulit? Tentu tidak sulit sama sekali. Agar lebih jelas, simak langkahnya berikut ini :

- Campurkan 3 sendok makan minyak wijen dengan jahe parut.

- Oleskan campuran tersebut di atas kepala dan lakukan pijatan kecil sampai merata.

- Diamkan selama 5 menit dan bilas hanya menggunakan air sampai bersih.

- Cara ini dapat kamu lakukan minimal seminggu sekali.

19. Minyak Tea Tree

Mengatasi Rambut Kering


Pernah mendengar minyak yang kaya akan manfaat ini? Jika belum, kamu harus mulai mengenalnya. Minyak ini memiliki kelebihan:

- Memiliki antibakteri dan antijamur

- Mengatasi kulit kepala dan rambut kering

- Melembabkan rambut dengan sangat baik

Banyak manfaatnya bukan? Anda pun tak perlu bingung mencarinya karena sudah banyak yang menjual minyak tea tree. Cukup campurkan 1 sendok makan minyak tea tree ke dalam kondisioner anda. Anda juga tidak perlu khawatir karena minyak tea tree memiliki aroma yang sangat harum. Bukan hanya itu, sebaiknya kamu juga memilih sampo dan kondisioner yang mengandung tea tree.

20. Mayones

20 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering Secara Alami


Mayones memiliki beragam kandungan yang dapat membantu mengatasi masalah pada rambut. Mayones terbuat dari telur, minyak, dan cuka. Semua bahan ini dapat membunuh bakteri dan jamur yang menimbulkan rasa gatal pada kepala dan juga mengakibatkan rambut menjadi kering. Cara ini yang harus anda lakukan:

- Pastikan rambut kering dan oleskan setengah cangkir mayones ke rambut anda.

- Pijat kepalamu hingga mayones menyentuh kulit kepala, kemudian tutup dengan topi mandi.

- Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

- Bersihkan rambut anda dengan menggunakan sampo seperti biasa atau bisa juga menggunakan sampo bayi.



Itulah 20 cara mengatasirambut kering secara alami. Silahkan mencoba cara manapun yang anda suka. Semuanya mudah, murah, dan tentunya alami. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk ke salon. Cara-cara ini bisa dilakukan dan diterapkan kepada semua lapisan masyarakat di berbagai usia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Created By : Alvin Fatkurrochman



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "20 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering Secara Alami"

Posting Komentar