11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Penyakit Pikun)

Carakupunya11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. Seseorang yang terkena penyakit Alzheimer biasanya akan terlihat mudah lupa, seperti lupa nama benda atau tempat, lupa tentang kejadian-kejadian yang belum lama dilalui, dan lupa mengenai isi percakapan yang belum lama dibicarakan bersama orang lain. Masyarakat Indonesia sendiri sering menyebutnya dengan istilah pikun. Penyakit ini identik dengan seseorang yang memasuki hari tua, dimana terjadi penurunan fungsi pada beberapa anggota tubuh

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Seiring perkembangan waktu, gejala akan meningkat. Penderita penyakit Alzheimer kemudian akan kesulitan melakukan perencanaan, kesulitan bicara atau menuangkan sesuatu ke dalam bahasa, kesulitan membuat keputusan, kerap terlihat bingung, tersesat di tempat yang tidak asing, mengalami gangguan kecemasan dan penurunan suasana hati, serta mengalami perubahan kepribadian, seperti mudah curiga, penuntut, dan agresif. Apabila sudah makin parah, penderita penyakit Alzheimer mungkin mengalami delusi dan halusinasi, serta tidak lagi bisa melakukan aktivitas atau bahkan bergerak tanpa bantuan orang lain. Untuk mencegah hal itu terjadi di hari tua anda, berikut ini adalah 11 cara efektif menangkal alzheimer.


11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)



1. Minum Jus Apel

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Jus apel bisa mendongkrak produksi acetylcholine di otak. Itu adalah ramuan yang sama yang ditemukan di obat farmasi Aricept (donepezil). Obat ini adalah primadona untuk mengobati penyakit Alzheimer. Ketika para periset di University of Massachusetts Lowell menambahkan konsentrasi jus apel terhadap air minum tikus tua. Hasil yang didapat cukup memuaskan dengan ditemukannya peningkatan daya ingat yang signifikan. Seperti kata pepatah lama, makanlah satu buah "apel sehari," tapi buat dua apel atau dua cangkir jusnya.

2. Mengonsumsi Kayu Manis


Dr. Richard Anderson, seorang ahli diabetes di Departemen Pertanian A.S., menemukan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat menyegarkan insulin yang lemah dan tidak efisien sehingga memungkinkan proses gula secara normal. Terlebih lagi, konsumsi kayu manis efektif mencegah penyakit Alzheimer karena menghambat pembentukan "filamen tau", yang menyebabkan mulainya penyakit ini. Tambahkan kayu manis ke makanan dan minuman anda. Sebanyak satu setengah sendok teh sehari sudah cukup banyak untuk sebagian orang. Anda juga bisa mendapatkan dosis lebih tinggi dengan mengambil ekstrak kayu manis yang dapat larut dalam standar tertentu sebagai suplemen makanan. Paling sedikit 250 mg dua kali sehari, tapi 500 mg dua kali sehari lebih baik.

3. Minum Kopi

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Kopi, yang dulu dianggap minuman yang tidak sehat, sekarang muncul sebagai tonik untuk otak yang menua, sekaligus sebagai pencegah beberapa penyakit kronis yang menyebabkan Alzheimer. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Dalam satu penelitian besar di Finlandia, pria dan wanita yang minum kopi paling banyak - tiga sampai lima cangkir per hari - ketika usia senja 65 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami Alzheimer sekitar 20 tahun kemudian. Apa rahasia kopi itu? Ini adalah anti-inflamasi, membantu menghalangi efek buruk kolesterol di otak, mengurangi risiko stroke, depresi, dan diabetes, semua promotor demensia. Ini juga mengandung antioksidan dan kafein tinggi, keduanya merupakan zat esensial dalam biokimia otak. Kata-kata bijak dari Mayo Clinic: "Bagi kebanyakan orang, tampaknya asupan kopi harian moderat - dua sampai empat cangkir - tampaknya tidak menyakitkan dan bahkan mungkin membantu.”

4. Dapatkan Pendidikan Setinggi-Tingginya

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Studi demi studi menunjukkan bahwa semakin banyak masa pendidikan formal yang anda miliki, semakin baik otak anda dapat tahan terhadap serangan patologis penyakit Alzheimer. Ada beberapa teori mengapa pendidikan tinggi membuat otak lebih tahan terhadap penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer. Perguruan Tinggi mendorong konsentrasi, fokus, membaca, dan aktivitas mental lainnya yang dapat merangsang sel otak untuk membangun koneksi yang lebih baik. Atau barangkali pendidikan tinggi merupakan salah cara yang lebih baik untuk mengimbangi kekurangan memori seiring bertambahnya usia. Apapun, faktanya tetap: Orang dengan pendidikan tinggi lebih baik mengatasi kerusakan otak untuk waktu yang lebih lama, kata periset, mengurangi keparahan dan menunda gejala penyakit Alzheimer. Jika anda tidak mendapatkan pendidikan tinggi saat anda masih muda, pertimbangkan untuk mengikuti kursus pendidikan orang dewasa.

5. Jadilah Ekstrovert

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Rush University Medical Center menerbitkan sebuah studi yang menemukan bahwa kehidupan sosial yang sibuk menandakan kemampuan kognitif yang lebih baik. Orang yang diuji lebih tinggi dalam ingatan dan tes berpikir lebih sering pergi ke restoran dan acara olah raga, terlibat dalam komunitas dan relawan yang tidak dibayar; mengunjungi kerabat dan teman-teman, dan menghadiri ibadah gereja atau keagamaan. Singkatnya, mereka yang ekstrovert terlibat dalam aktivitas sosial apapun. Kegiatan-kegiatan itu cukup ampuh menjaga fungsi otak. Sehingga, beraktifitas apapun; pergi ke pesta; mengadakan pesta; Pergi ke bioskop, konser, atau rapat politik; Pergi keluar untuk makan malam; Mengundang orang untuk makan malam; Bergabunglah dengan klub renang, klub bridge, klub dansa, atau klub diskusi buku semua itu patut untuk dilakukan.

6. Melakukan Tes Mata

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Jika anda masih memiliki penglihatan yang baik atau bagus seiring bertambahnya usia, kemungkinan anda mengalami demensia menurun sebesar 63 persen. Namun jika penglihatan anda buruk, cukup mengunjungi dokter mata untuk pemeriksaan dan kemungkinan pengobatan setidaknya satu kali dalam masa senja anda mengurangi kemungkinan demensia sekitar jumlah yang sama - 64 persen, menurut sebuah studi baru-baru ini di University of Michigan Health System. Sadarilah bahwa mata anda mencerminkan dan mempengaruhi bagaimana otak anda berfungsi, terutama saat anda menua. Jangan mentolerir penglihatan buruk. Hal ini sedikit banyak secara mengurangi risiko demensia. Pergilah dokter mata setidaknya untuk satu pemeriksaan di hari tua, dan lakukan pemeriksaan tahunan jika memungkinkan.

7. Bermeditasi

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Ini adalah cara yang menenangkan dan mudah untuk menjaga fungsi otak. Dengan rutin berlatih meditasi selama beberapa menit dalam sehari dapat membantu melestarikan ketajaman mental anda seiring bertambahnya usia dan mengurangi kemungkinan terkena Alzheimer. Orang-orang yang bermeditasi secara teratur cenderung mempertahankan lebih banyak memori otak, menunjukkan perhatian yang lebih banyak, dan tidak mengalami penurunan kognitif yang terlalu signifikan seiring bertambahnya usia, menurut Dr. Giuseppe Pagnoni, asisten profesor psikiatri di Emory University. Bagaimana meditasi bisa begitu kuat mengubah struktur otak itu misterius? Menurut teori yang ada, meditasi entah bagaimana bisa meningkatkan jumlah neuron, merangsang pertumbuhan neuron yang lebih besar, atau menciptakan pola "kabel" tertentu dalam otak. Meditasi juga bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, depresi, dan pembengkakan. Selain itu juga meningkatkan kadar glukosa darah dan insulin, serta meningkatkan aliran darah ke otak. Jika anda tidak terbiasa dengan meditasi, carilah pusat meditasi di daerah anda. Anda juga bisa mendapatkan buku, kaset audio, dan DVD yang menunjukkan cara bermeditasi.

8. Lakukan Diet Mediterania

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Sayuran hijau, minyak zaitun, dan sedikit vino membantu mencegah Alzheimer menjauh. Diet Mediterania, tidak peduli di mana anda tinggal, dapat membantu menyelamatkan otak anda dari kerusakan memori dan demensia. Mengikuti pola makan ini - kaya akan sayuran berdaun hijau, ikan, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang polong, dan sedikit vino - dapat mengurangi kemungkinan Alzheimer. Lalu semakin rutin anda menjalankan diet, semakin dramatis manfaatnya bagi otak anda yang menua. Apa yang membuat diet Mediterania begitu kuat adalah bahwa hal itu tidak hanya bergantung pada satu makanan atau beberapa nutrisi saja. Ini adalah jenis diet dengan menu kaya antioksidan seperti terdapat dalam minyak zaitun, anggur merah, dan buah-buahan dan sayuran, terutama tomat, bawang merah, dan bawang putih yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif.

9. Jalan-Jalan Menikmati Alam

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Ini bisa menenangkan pikiran anda dan meningkatkan ingatan jangka pendek. Anda bisa menghabiskan waktu satu jam untuk berjalan menyusuri jalan perkotaan, dengan segala gangguannya, atau berjalan-jalan di kebun, atau naik gunung. Sebuah studi di University of Michigan menemukan bahwa berjalan di sekitar pepohonan dan tanaman memulihkan perhatian dan bahkan memperbaiki ingatan jangka pendek dengan 20 persen yang luar biasa. Nilai memori tidak berubah setelah JJS (jalan-jalan santai). Jelas, ini adalah kemenangan bagi alam karena keributan di kota.

10. Kurangi Gula

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Terlalu banyak gula menciptakan plak Alzheimer di otak. Memberi asupan otak anda terlalu banyak gula adalah kesalahan besar, karena gula biasa meningkatkan produksi zat beracun yang menyebabkan Alzheimer berada dalam otak yang rentan, seperti yang dipelajari di University of Alabama di Birmingham telah ditunjukkan pada ujicoba terhadap tikus. Lakukan upaya untuk mengurangi gula dari semua jenis makanan yang anda konsumsi dan minuman anda. Jangan minum minuman keras, kurangi juga konsumsi sirup jagung fruktosa tinggi. Cukup jadikan buah dan sumber alami lainnya untuk pemanis. Fruktosa karena berasal dari buah, dalam kadar tertentu tidak apa-apa. Tapi ganti minuman ringan manis dengan air biasa atau berkarbonasi, es teh tanpa pemanis, jus, susu rendah lemak, dan minuman ringan yang kadang-kadang dimanipulasi.

11. Rawatlah Gigi Anda

11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Pikun)

Gusi yang buruk bisa meracuni otak anda. Orang-orang dengan penyakit gigi dan gusi cenderung mendapat skor lebih rendah pada tes memori dan kognitif, menurut sebuah analisis dari Universitas West Virginia School of Dentistry. Seorang peneliti -Richard Crout- berteori bahwa infeksi yang bertanggung jawab atas penyakit gusi menghasilkan efek samping inflamasi terhadap area otak yang menjadi salah satu penyebab kehilangan ingatan. Inflamasi ini mungkin beracun bagi sel otak. Akibatnya, Crout mengatakan bahwa menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang gigi, dan pencegahan penyakit gusi yang lainnya dapat membantu menjaga ingatan anda lebih tajam. Pastikan anda dan semua orang di keluarga anda mendapatkan perawatan sedini mungkin untuk mengendalikan pendarahan dan gusi yang meradang. Ini bisa membantu menyelamatkan otak anda dari serangan inflamasi yang menyebabkan hilangnya memori dan demensia di kemudian hari, menurut para ahli.


Lakukanlah beberapa langkah ini untuk mencegah kesulitan di hari tua. Apa yang terjadi terhadap kita di kala senja adalah akibat yang kita tuai dari yang kita kerjakan di masa muda. Kita pasti sering mendengar bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Lakukanlah 11cara efektif menangkal alzheimer ini, harapannya tentu agar kita bisa menikmati hari tua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Created By : Alvin Fatkurrochman



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "11 Cara Efektif Menangkal Alzheimer (Penyakit Pikun)"

  1. bagus infonya,, terimakasih banyak gan
    dan jangan lupa kunjungi link kami di http://blackwaletcare.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan sama2, semoga bermanfaat ya :D

      Hapus

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings