Cara Cepat dan Tepat Penyembuhan Penyakit Stroke

Carakupunya | Cara Cepat dan Tepat Penyembuhan Penyakit StrokePertama kali mendengar kata stroke, tentu benak Anda menyimpulkan bahwa ini adalah penyakit mengerikan yang sulit disembuhkan. Meski vonis paramedis mengatakan bahwa stoke sukar sembuh, namun bukan berarti tidak bisa disembuhkan.

            Stroke berasal dari bahasa Inggris (bentuk lampau dari strike) yang jika diterjemahkan secara bebas berarti serangan mendadak. Hal ini karena gangguan saraf di otak yang menyebabkan tidak berfungsinya beberapa bagian tubuh. Gejala umum yang tampak mata (fisik) di antaranya yaitu lumpuhnya satu sisi tubuh (kanan saja/kiri saja), satu bagian bibir turun ke bawah, dan bahasa komunikasi yang tidak jelas.


Cara Cepat dan Tepat Penyembuhan Penyakit Stroke


Ada dua jenis stroke yaitu stroke karena penyumbatan dan stroke karena pecahnya pembuluh darah.

            Stroke yang dikarenakan penyumbatan pembuluh biasanya berasal dari makanan. Kebanyakan pasien mengalami penyumbatan oleh lemak. Hal ini terjadi akibat pola makan yang salah (terlalu banyak mengonsumsi kolesterol buruk/lemak jenuh). Penyumbatan ini mengakibatkan berkurangnya asupan oksigen ke otak.

            Penyebab lain stroke adalah pecahnya pembuluh darah (saraf) di otak yang disebabkan oleh tekanan darah yang sangat tinggi. Bila diibaratkan, slang air yang dipompa dengan mesin berkekuatan tinggi tentu akan pecah. Beban pikiran yang menumpuk ditambah pola hidup yang tidak sehat adalah faktor terbesar dalam stroke tipe ini. Jika terjadi muntah pada awal serangan, maka dapat dipastikan bahwa pasien termasuk dalam stroke golongan ini.

            Meski identik dengan penyakit parah, namun bukan berarti penderita stroke tidak bisa sembuh. Sudah banyak kisah nyata yang membuktikan bahwa penderita stroke pun bisa beraktivitas normal layaknya orang sehat pada umumnya, asalkan mau dan berkomitmen untuk sembuh.

            Para fisioterapis mengatakan bahwa peluang kesembuhan penderita stroke ditentukan oleh 85% diri sendiri (motivasi pribadi untuk sembuh), 10% keluarga (dukungan dan lingkungan yang kondusif), serta 5% obat-obatan.


Cara Cepat dan Tepat Penyembuhan Penyakit Stroke



Berikut adalah beberapa tips agar proses penyembuhan pasca-stroke berjalan lancar dan cepat :

1. Say No to “PIJAT”

Katakan tidak pada pijat. Beberapa situs maupun kabar burung tidak bertanggung jawab sering memberikan tips agar memijat pasien stroke. Pada kenyataannya, banyak pasien stroke yang justru menjadi lumpuh dan penyakitnya semakin parah akibat menerapkan metode pijat yang salah. Sebagai jalan tengah, maka berikan relaksasi pada penderita stroke berupa sentuhan ringan dan halus (tidak menekan) dengan arah dari bawah ke atas. Cara ini bisa melancarkan siklus peredaran darah tanpa merusak jaringan otot maupun pembuluh. Saran ini adalah petunjuk dokter dan fisioterapis berpengalaman. Lakukan maksimal 10 menit perperlakuan.

2. Makanan yang tepat
Pasca stroke, pasien akan kesulitan menelan. Bahkan ketika awal-awal masa penyembuhan, penderita stroke lebih mudah tersedak. Maka, makanan terbaik yang cocok dikunsumsi adalah bubur sumsum (bubur yang dibuat dari tepung beras disiram dengan kuah gula merah).Setelah mengalami perkembangan kesehatan yang signifikan, pemberian makanan bisa berlanjut pada pisang dan nasi halus. Pisang kaya akan kalium yang baik untuk otak dan penyembuhan pasca-stroke.

3. Motivasi Tinggi
Penderita stroke umumnya merasa minder dan mudah tersinggung. Bagi keluarga dan orang-orang terdekat, ajak selalu pasien berkomunikasi dengan riang, tunjukkan bahwa kesempatan untuk sembuh sangatlah besar. Dorongan diri yang besar bisa mempercepat kesembuhan. Bisikkan hal-hal indah yang bisa dilakukan setelah sembuh.


Meski begitu, pasien tidak diperkenankan melakukan sesuatu secara keras dan dipaksakan, sebab hal itu justru menyebabkan stres dan kelelahan.

4. Ajak Berlatih pada Ahli Fisioterapi
Semua butuh proses. Begitu pula penderita stroke yang belajar lagi banyak hal mulai dari awal. Misalnya berjalan. Ada latihan khusus, bertahap, dan terkurikulum (sistematis) bagaimana penderita stroke berlatih untuk hidup normal seperti sedia kala.


Dua target yang dibuat oleh fisioterapis pada penderita stroke yakni target jangka pendek dan target jangka panjang. Pada target jangka pendek, pasien dilatih untuk melemaskan otot-otot yang kaku, semisal membuat bentuk dengan plastisin atau melipat kertas menjadi pesawat mainan.Pada target jangka panjang, pasien diharapkan bisa berjalan dan melakukan pekerjaan ringan sendiri secara mandiri.

5. Relaks dan Santai
Serumit apapun masalah yang dihadapi, jangan dijadikan alasan untuk berkonsultasi dengan penderita stroke. Suasana relaks dan santai diperlukan untuk meminimalkan risiko munculnya penyakit lain akibat beban pikiran yang berat.

6. Batasi Penggunaan Garam
Kandungan sodium yang tinggi pada garam memicu kenaikan tekanan darah. Namun di lain sisi, mineral dalam garam juga diperlukan untuk pemulihan kondisi fisik pasca-stroke. Sebagai alternatif terbaik, gunakan garam dengan kandungan sodium yang rendah. Di apotek umum dijual garam LoSoSa (low sodium salt) alias garam dengan kandungan sodium yang rendah.

7. Waspada dengan Serangan Kedua
Tak bisa diduga, serangan kedua ketiga dan seterusnya adalah hal yang mungkin saja terjadi. Sebagai antisipasi, terapkan pola hidup sehat pada pasien yang sudah sehat. Misalnya olahraga teratur dengan ringan, makanan sehat, juga menjadi kestabilan emosi dan tidak banyak beban pikiran.

Selain penderita stroke, perawat (keluarga atau orang terdekat) juga berhak meluangkan waktu untuk beristirahat dan melakukan refreshing dengan berjalan-jalan dan waktu untuk sendiri. Selain itu, perawat juga harus menyiapkan mental karena akan terjadi perubahan emosional dan kepribadian penderita. Namun, hal demikian akan berkurang seiring perkembangan kesehatan yang membaik.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bibir Kehitaman Secara Alami dan Aman 
Penyakit stroke, seperti namanya, memang seringkali tidak terduga. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan untuk menghindarkan diri dari stroke, yaitu gaya hidup sehat, makanan seimbang dan bergizi, menghindari stres, olahraga teratur, dan tidak merokok/minum minuman beralkohol. (/EW)



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Cepat dan Tepat Penyembuhan Penyakit Stroke"

Posting Komentar

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings