13 Penyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya

CarakupunyaPenyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya - Kondisi tubuh kadang mengalami penurunan. Ada kalanya kita mengalami sakit kepala atau rasa berat di tengkuk, mumet (vertigo), jantung berdebar-debar, mudah Ielah, penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), atau mimisan. Sewajarnya kita perlu memeriksakan kondisi tubuh kita. Karena bisa saja gejala-gejala di atas merupakan gejala hipertensi / tekanan darah yang tinggi. Jika memang benar, ada baiknya kita mengetahui penyebab-penyebab tekanan darah kita bisa tinggi dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan begitu, kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita.


Penyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya


Faktor-faktor penyebab tekanan darah tinggi

Beberapa faktor penyebab tekanan darah tinggi di bawah ini perlu kita ketahui. Dengan begitu, kita bisa mengetahui penyebabnya dan dapat mengatasinya dengan tepat.

1. Keturunan
Kita perlu mencari tahu, apakah di dalam keluarga kita ada yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau tidak. Faktor keturunan memang tidak bisa dihindari, namun bukan berarti kita tidak bisa mengatasinya.

2. Usia
Semakin bertambah usia kita, maka kita akan semakin rentan terhadap serangan tekanan darah tinggi. Namun kita tetap dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal. Pada perempuan, mereka akan lebih berpotensi mengalami tekanan darah tinggi di usia 64 tahun ke atas.

3. Garam
Garam bersifat menahan air. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi, dapat menyebabkan tekanan darah kita lebih mudah naik. Oleh karena itu, perhatikan nutrisi-nutrisi yang terkandung pada makanan yang kita konsumsi. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.

4. Kolesterol
Pada kasus ini, kolesterol akan tertimbun pada dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh kandungan lemak yang berlebih dalam darah.Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin dengan menghindari berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Aturlah pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan secara teratur.

5. Obesitas atau Kegemukan
Tekanan darah tinggi juga bisa diakibatkan oleh obesitas. Jika kita memiliki berat badan 30 persen lebih berat dari berat badan ideal, kemungkinan besar kita akan mengalami serangan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, rutinlah memeriksakan berat badan kita untuk mengontrol naik turunnya berat badan. Jika berat badan kita berlebih, lakukan diet secara sehat.

6. Stres
Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi. Situasi stres akan melepaskan hormon stres yang akan menyempitkan pembuluh darah dan mempercepat detak jantung, sehingga tekanan darah akan meningkat. Namun kondisi tekanan darah yang meningkat akibat  stres ini akan normal kembali ketika stres sudah menghilang. Jadi, stres akan meningkatkan tekanan darah tinggi hanya pada saat itu, atau hanya terjadi sementara. Dapat disimpulkan, stres yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi yang berkepanjangan pula.

7. Rokok
Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

8. Kafein
Kafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, walaupun hanya bersifat sementara, yaitu ketika di tubuh kita mengandung kafein dari minuman-minuman yang kita konsumsi. Diduga, kafein dapat memblok hormon yang berperan menjaga agar arteri tetap melebar. Atau kafein dapat menyebabkan kelenjar adrenal untuk memproduksi lebih banyak adrenalin, yang dapat menyebabkan tekanan darah naik. Kafein yang terdapat pada kopi, teh maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

9. Alkohol
Alkohol (etanol) dalam jumlah besar terbukti bisa meningkatkan tekanan darah. Kenaikan tekanan darah ini disebabkan alkohol dalam darah dapat merangsang pelepasan hormon epinefrin (adrenalin) yang membuat pembuluh darah menyempit dan juga menyebabkan penumpukan natrium dalam darah.

10. Kurang Olahraga
Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan berolahraga secara teratur. Dengan berolah raga, kita bisa memaksimalkan tubuh yang jarang bergerak, sehingga tekanan darah dalam tubuh bisa kembali normal. Namun, kita perlu waspada untuk tidak melakukan olahraga berat jika kita menderita tekanan darah tinggi. Cobalah untuk berolahraga ringan seperti jogging, senam, dan olahraga favorit lainnya.

Cara / Tips Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jika kita memang sudah menderita hipertensi, kita perlu merubah beberapa pola hidup kita yang kurang baik, antara lain :
a. Mengontrol Pola Makan
Hindari konsumsi garam berlebih. Takaran yang pas adalah saru sendok teh setiap harinya. Selain itu, kurangi juga porsi makanan yang menandun banyak lemak. Cobalah untuk mengkonsumsi lemak hanya 30% dari jumlah kalori yang kita butuhkan per harinya.

b. Tingkatkan Konsumsi Potasium dan Magnesium
Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung potasium dan magnesium merupakan salah satu penyebab hipertensi. Maka dari itu, perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang memiliki banyak kandung potasium atau magnesiumnya.

c. Tingkatkan Aktivitas
Cobalah untuk melakukan lebih banyak aktivitas ringan Anda. Atau jika perlu lakukan olah raga ringan setiap harinya sekitar 30-45 menit. Rutinitas ini bisa menurunkan hipertensi.

d. Mengukur Tensi
Rutinkan diri kita untuk mengukur tensi darah, dengan begitu kita akan mengetahui perkembangan kesehatan tubuh kita, sehingga kita bisa melakukan pencegahan dini agar tidak mengalami hipertensi.

e. Mencegah Komplikasi
Setelah kita didiagnosa mengidap hipertensi, kita dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan organ utama, terutama pembuluh darah, jantung, otak, mata, dan ginjal, untuk menetahui adanya komplikasi akibat hipertensi.

Mengatasi Hipertensi dengan Ramuan Herbal

1. Bawang Putih
Ambil dua biji bawang putih lalu kupas kulitnya. Kunyahlah bawang putih tersebut hingga halus, kemudian minum air putih hangat satu cangkir. Lakukanlah pengobatan ini tiga kali sehari.

2. Mengkudu
Ambil dua buah mengkudu yang sudah matang. Cuci dan parut, kemudian saring airnya untuk diminum sebanyak 2 - 3 kali setiap hari.

3. Bunga dan Daun Jeruk Nipis
Ambil 20 bunga jeruk nipis dan 30 helai daun jeruk nipis. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 1/4 gelas. Kemudian gunakan ramuan tersebut untuk tiga kali minum dalam sehari. Campurkan dengan madu murni agar rasanya sedikit lebih enak.

Baca juga :
10 Cara Ampuh dan Sehat Menambah Berat Badan secara Alami
11 Macam Makanan yang Baik dan Efektif untuk Menurunkan Berat Badan secara Sehat dan Alami
10 Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari

Demikian itulah pembahasan artikel Penyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya kali ini. Semoga ulasan yang sederhana ini memberikan manfaat untuk mengatasi gangguan hipertensi pada tubuh. Sampai jumpa ^_^



Pasang Iklan disini

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "13 Penyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar