10 Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark Pada Ibu Hamil Secara Alami

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya10 Cara Mengatasi Stretch Mark Secara Aman dan Alami - Kulit yang halus dan mulus pasti menjadi idaman semua orang, terutama kaum hawa. Kulit yang halus bukanlah hal sulit untuk dimiliki oleh setiap orang yang menginginkannya. Namun, bukan berarti kulit halus dapat terwujud dengan sendirinya. Ada berbagai permasalahan kulit yang harus diatasi untuk mendapat kulit halus tersebut.

Salah satu permasalahan kulit yang biasa muncul dan membuat kulit tidak lagi menjadi halus dan mulus adalah Stretch Mark. Strecth Mark adalah guratan atau garis yang sering nampak pada kulit bagian tubuh letak lemak terkonsentrasi, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha. Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit. Strecth Mark sendiri sering dialami oleh banyak orang, anggota badan yang biasanya terkena stretch mark atau sesulit ini adalah betis, payudara, bokong dan biasanya stretch mark terjadi pada seorang ibu setelah melahirkan.



Bertambahnya berat badan yang relatif cepat, seperti halnya pada saat kehamilan yang diikuti dengan penurunan berat badan yang cukup signifikan dapat merenggangkan kulit ke titik kerusakan dimana kulit akan kehilangan elastisitasnya. Seperti karet gelang yang kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, muncullah alur seperti garis berwarna merah muda, kemerahan atau keunguaan yang biasanya muncul di daerah payudara, pinggul, perut, punggung, paha atau bisa saja di daerah lain yang mengalami perubahan ukuran yang signifikan.

Ada baiknya stretch mark segera ditangani ketika masih baru muncul atau masih berwarna merah muda karena akan lebih cepat waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan seperti semula. Ada beberapa cara menghilangkan Stretch Mark, bisa menggunakan olahraga dan bisa juga menggunakan bahan alami serta obat-obatan/ secara medis.


Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Praktis dengan Olahraga.


Salah satu cara menghilangkan Stretch Mark bisa ditempuh dengan rajin melakukan olahraga. Teratur melakukan olahraga bisa membantu menghilangkan selulit. Olahraga yag dapat dilakukan untuk mengurangi selulit seperti, jogging, senam, jalan kaki dan berbagai olahraga lain yang menggerakkan daerah sekitar area stretch mark. Dengan olahraga, daerah sekitar area stretch mark akan aktif bergerak yang hasilnya dapat mengembalikan elastisitas kulit dan menghilangkan stretch mark.

Bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara alami? berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Tapi ingat, kamu harus melakukan secara rutin dan telaten agar hasil maksimal.

1. Banyak Minum Air Putih


Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa stretch mark dapat muncul karena penurunan elastisitas kulit. Karena itu, dengan banyak minum air, maka elastisitas kulit akan terjaga secara alami. Usahakan minum air minimal 8-10 gelas dalam sehari.

2. Bubuk Coklat


Bubuk coklat ternyata dapat membantu menghilangkan stretch mark secara ampuh. Seperti masker coklat yang biasa kita temui, pada dasarnya mengandung kolagen yang cukup tinggi. Kandungan kolagen itukah yang mampu mengatasi stretch mark. Dengan penggunaan rutin, stretch mark akan cepat hilang.

Cara penggunaannya jga sangat mudah. Pertama, siapkan terlebih dahulu bubuk coklat tawar (belum ada campuran perasa ataupun pemanis), coklat jenis ini dapat dengan mudah dibeli di toko bahan-bahan pembuatan kue. Dengan bubuk coklat tersebut, buat adonan masker dengan mencapur dengan air. Jangan sampai adonan terlalu cair ataupun terlalu kental.

3. Cocoa Butter

Salah satu jenis lemak yang berasal dari pohon kakao ini banyak digunakan oleh produsen kosmetik sebagai salah satu bahan dalam pembuatan produk kosmetik, contohnya lotion dan sun block. Untuk anda yang mengalami permasalahan stretch mark dapat menggunakan bahan yang satu ini untuk membantu mengatasi stretch mark. Cara penggunaanya cukup dengan mengoleskannya sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Penggunaannya, dua kali sehari. Untuk hasil maksimal, bisa ditambah frekuensi penggunaannya, tapi ingat, bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu juga tidak baik.

4. Minyak Jarak

Seperti yang anda ketahui, minyak jarak adalah minyak yang berasal dari pengolahan biji pohon jarak. Minyak jarak ini sudah sejak dahulu dipercaya dapat membuat kulit awer muda, menghilangkan keriput dan mencegah penuaan dini.

Dengan adanya kandungan kolagen dan nutrisi mineral yang ada dalam minyak jarak, anda pun bisa menggunakan minyak ini untuk membantu menghilangkan stretch mark yang Anda alami. Cara penggunaannya, cukup dengan mengoleskan minyak jarak ini secara merata pada bagian stretch mark selama 30 menit sehari. Untuk mendapat hasil maksimal, penggunaan rutin setiap hari sangat dianjurkan.

5. Putih Telur


Putih telur juga dapat digunakan sebagai salah satu solusi mengatasi stretch mark yang anda alami. Putih telur yang digunakan dapat berasal dari telur ayam kampung atau telur bebek. Dengan kandungan protein yang tinggi, putih telur dapat membantu merawat kondisi kulit, terutama yang mengalami stretch mark. Cara penggunaannya sebagai berikut. Pertama, pecahkan telur tersebut dan pisahkan putih telur dari kuning telur. Kedua, kocok putih telur hingga berbusa atau berbuih. Ketiga, oleskan putih telur secara merata pada bagian stretch mark selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

6. Kentang

Salah satu jenis umbi-umbian ini memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Kandungan yang terdapat didalanya antara lain berupa mineral alami seperti kalium, fosfor, sulfur, dan masih banyak lagi. Salah satu manfaat kentang juga untuk menghilangkan stretch mark pada kulit. Cara penggunaannya mudah, cukup iris    tebal kentang lalu oleskan pada area stretch mark. Pengaplikasiaan kentang untuk mengatasi stretch mark juga dapat dilakukan dengan membuat masker kentang.

7. Lidah Buaya

Cara Mengobati Stretch Mark - Mungkin anda lebih mengenal lidah buaya sebagai salah satu tumbuhan yang biasa digunakan untuk merawat kesehatan rambut secara alami. Namun, sebenarnya manfaaat lidah buaya ada lebih banyak lagi. Bahan alami ini mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat membantu mengobati stretch mark secara alami. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada area stretch mark. Agar gel tersebut bisa meresap secara optimal berikan pijatan secara lembut dan menyeluruh selam kurang lebih 10 menit. Lalu diamkan selama 45 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dingin sampai bersih.

8. Lemon

Lemon merupakan buah yang dikenal dengan rasa masamnya yang sangat. Walaupun begitu, rasa masam yang jarang disukai orang ini merupakan pertanda bahwa kandungan vitamin C dalam lemon sangatlah tinggi. Kandungan vitamin C ini sangat baik untuk mengoptimalkan produksi kolagen dalam regenerasi sel-sel kulit baru.

Sehingga lemon sangat ampuh untuk mengobati stretch mark. Cara penggunaannya sederhana. Pertama, belah 1 buah lemon yang masih segar. Kemudian Oleskan belahan lemon tersebut pada bagian stretch mark secara merata. Setelah permukaan yang mengalami stretch mark telah diolesi secara merata, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal sejak jaman dahulu telah dipercaya sebagai cairan yang berkhasiat untuk manusia. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari pemanfaatan minyak zaitun ini berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi seperti vitamin A, D dan E yang ada di dalam minyak zaitun lah yang mampu menghilangkan guratan putih dan merah pada area stretch mark. Cara penggunaannya cukup mudah, siapkan minyak zaitun secukupnya.

Dengan minyak zaitun tersebut, olesi daerah stretch mark setelah mandi. Ratakan olesan hingga merata pada seluruh daerah stretch mark. Agar minyak zaitun lebih mudah meresap, beri pijatan lembut pada daerah yang telah diolesi   minyak zaitun. Diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

10.Gula

Cara Cepat Menghilangkan Stretch Mark  - Gula dapat kamu jadikan sebagai scrub alami untuk mengatasi kulit kasar. Dalam dunia kecantikan penggunaan gula sebagai scrub ini sering dikenal dengan proses exfoliasi. Agar hasilnya semakin maksimal, campurkan gula dengan madu dan gosokan secara perlahan pada bagian stretch mark setelah mandi. Setelah stretch mark yang kamu derita sudah sembuh, sekarang lakukan langkah pencegahan agar guratan tersebut tidak muncul kembali. Ada beberapa cara mencegah stret mark yang dapat kamu lakukan, antara lain seperti:

- Tidak mengonsumsi obat-obatan kartiko steroid dalam janga panjang

- Kontrol berat badan kamu, jangan biarkan naik atau turun secara drastis

- Hindari pertumbuhan otot secara berlebihan pada bagian tubuh

- Ketika hamil, gunakan stagen pada bagian bawah perut untuk menyokong janin dan mencegah munculnya stretch mark pada bagian perut.

- Terapkan program diet sehat, konsumsi makanan bergizi, dan olahraga secara teratur setiap harinya.

Baca Juga :
Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat
Cara Memutihkan Gigi yang Menguning

Itulah 10 Cara Mengatasi Stretch Mark Secara Aman dan Alami. Aplikasikan berbagai cara tersebut dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Ke-rutin-an Anda dalam melakukan berbagai cara tersebut berpengaruh besar pada hasil yang akan anda dapatkan. Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "10 Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark Pada Ibu Hamil Secara Alami"