10 Cara Ampuh Mengatasi Stress Berat Secara Alami dan Cepat

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
Carakupunya10 Cara Mudah Mengatasi Stress Berlebih dengan Cepat - Strees merupakan suau kondisi dimana yang melibatkan beban atau tekanan pada rohani seseorang ketika menghadapi permasalahan hidup yang tidak ada habisnya. Dengan adanya beban atau tekanan rohani tersbeut kita harus bisa bertindak, menyesuaikan, serta menontrol segala sesuatunya agar seimbang dan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Karena memang kondisi stress ini merupakan reaksi yang normal akibat adanya tekanan atau permasalahan hidup ini, maka dari itu setiap orang akan belajar untuk menyikapi suatu masalah yang dihadapinya. Keadaan ini pasti dialami oleh semua orang tanpa terkecuali, mulai dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa pasti juga memiliki masalah sendiri-sendiri sesuai tingkatannya masing-masing.Cara Mengatasi Stress Belajar ??



Keadaan strees ini juga banyak dijumpai pada siswa sekolah yang harus meluangkan waktunya untuk belajar dan juga mengerjakan tugasnya yang banyak, keadaan seperti ini jika tidak disikapi dengan tepat juga menjadikan penyebab strees berat (cara mengatasi stress bagi pelajar). Selain itu, para orang tua yang harus merawat dan membiayai keluarga juga pasti sering mengalami keadaan stress saat bekerja, baik dirumah maupun di tempat kerja dan tidak lepas dari anak yang kadang juga mengalaminya maka diperlukan juga cara mengatasi stress pada anak

Proses terjadinya keadaan stress ini terjadi karena otak memberikan tanpa kepada tubuh kita untuk melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu situasi. Tujuan pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh kita memiliki energi yang cukup untuk bertindak atau menghadapi suatu keadaan.


Cara Mudah Mengatasi Stress Berlebih dengan Cepat


1. Mengerjakan Sesuatu Yang Kita Suka/ Hobi
Cara Mudah Mengatasi Strees yang Berlebihan salah satunya yaitu dengan menyalurkan hobi yang kita miliki, karean ketika kita mengerjakan sesuatu yang kita senangi tentua akan membuat pikiran menjadi tenang dan tentram. Namun perlu digaris bawahi hobi yang dimaksud adalah mengenai hal-hal yang positif, dan juga hobi merupakan kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang apabila dilakukan. Tujuan dari hobi ini untuk mendapatkan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan bagi diri sendiri dan juga pikiran orang tersebut. Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan. Pada umumnya, hobi terbagi menjadi beberapa macam diantaranya:

1. Mengoleksi, yakni seperti kegemaran mengumpulkan perangko (filateli), barang antik, buku, dll.

2. Membuat, yakni seperti kegemaran membuat makanan (memasak), tulisan (menulis), gambar (melukis atau menggambar), ilustrasi, dll. Memperbaiki, yakni seperti kegemaran merangkai bunga, menjahit atau merajut, otomotif, dll.

3. Bermain, yakni seperti kegemaran bermain catur, sepak bola, menunggang kuda, dll.

4. Pendidikan, yakni seperti membaca, mengajar, belajar bahasa asing, dll.

2. Menjalin Komunikasi 
Selain cara yang pertama tadi dalam Cara Mengatasi Strees yang Berat kita memerlukan berkomunikasi atau berbagi cerita dengan orang lain tentang permasalahan yang kita miliki baik kepada orang lain atau keluarga kita, ini sangat baik untuk mengurangi tingkat beban yang dialami dan juga sangat efektif untuk mengatasi strees yang terutama bagi ayah yang harus bekerja siang dan malam untuk keluarga. Selain itu, bercerita kepada teman memungkinkan seseorang untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tertutup lebih rentan mengalami stres daripada orang yang membuka diri dan sering berkomunikasi mengenai permasalahannya dengan orang lain.

3. Melakukan Meditasi
Cara Ampuh selanjutnya untuk menhilangkan stress adalah dengan melakukan meditasi karena dapaat menjadikan pikiran seseorang bisa berkonsentrasi.  Hal ini bisa terjadi karena meditasi mampu mampu membuat pernapasan lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah menjadi normal, hingga mampu menurunkan kadar hormon stres yang sebelumnya dipompa oleh kelenjar adrenalin. Bahkan, melakukan meditasi ampuh untuk membantu proses penyembuhan ketika sedang mengalami sakit. Adapun cara melakukan meditasi yang baik adalah:

1. Fokus terhadap pernapasan dengan melakukannya secara perlahan agar pernapasan mudah diatur.

2. Melakukan pemanasan seperti “stretching” yang bisa dilakukan sambil berbaring atau duduk.

3. Memfokuskan pikiran pada satu hal seperti irama nafas, detak jantung atau figur Sang Pencipta dengan tujuan untuk menghilangkan stres, relaksasi ataupun menenangkan pikiran.

4. Meditasi sebaiknya dilakukan sebelum melakukan aktifitas di pagi hari karena secara psikologis, meditasi di pagi hari ini sangat efektif untuk mengurangi cemas, takut, dan khawatir.

5. Mencoba berbagai eksperimen dalam bermeditasi sehingga akan menemukan teknik meditasi yang paling nyaman untuk dilakukan.
6. Bermeditasi sebaiknya dilakukan di tempat khusus yang memungkinkan untuk melakukan konsentrasi penuh.
7. Mendengarkan musik meditasi berupa instrumental, nyanyian ataupun suara alam agar dapat menjadi lebih rileks.
8. Disiplin dalam bermeditasi adalah hal yang baik dilakukan agar membuahkan manfaat kepada tubuh baik itu secara psikologis maupun fisik.

4. Mengatasi Strees Berlebihan dengan Mandi Atau Berendam
Memanfaatkan air pada waktu mandi atau merendam diri memiliki peran yang cukup baik untuk mengatasi stress, sebab air sangat ampuh untuk penyembuhan hingga untuk menenangkan diri. Stimulus dari suasana ini, mampu mengingatkan tubuh dan pikiran seseorang kepada suasana saat berada di rahim sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh. Agar lebih efektif, mandi atau berendam dilakukan menggunakan air hangat di bathub.

5. Menghilangkan Strees Berat dengan Metode Pemijatan
Metode pemijatan pada kepala untuk relaksai merupakan cara yang sangat cepat dan tepat untuk mengatasi tegangan yang dirasakan pikiran dan juga dapat menormalkan tekanan darah. Dan juga sebab pemijatan juga, kualitas istirahat atau tidur seseorang akan lelbih baik sehingga rasa pusing atau stress yang dirasakan akan hilang dengan cepat. Manfaat pemijatan ini telah banyak diteliti oleh para ahli. Menurut beberapa penelitian, pemijatan dapat mengusir stres karena terjadi perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan. Bahkan, penelitian menemukan bahwa hormon stres bisa berkurang hingga 53% setelah dibuktikan dengan studi terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang menderita stres. Adapun terapi pemijatan yang bisa mengurangi stres antara lain:

1. Pemijatan dengan menekan perut diantara daerah pusar dan tulang dada bagian bawah dapat meredakan kecemasan.
2. Pemijatan dengan menekan tulang selangka bisa meredakan kecemasan.
3. Pemijatan dengan menekan area pantat ampuh untuk meredakan frustasi.
4. Pemijatan dengan menekan daerah antara alis dan tulang dada dapat meredakan kemarahan.

6. Mengatasi Stress dengan Cepat menggunakan Alunan Musik Relaksasi
Musik relaksasi juga sangat ampuh untuk mengatasi strees. Musik relaksasi ini dapat memberikan ketenangan dan juga ketentraman pada pikiran sehingga keadaan strees pun bisa diminimalisir. Anda dapat mendengarkannya pada saat waktu luang ataupun ketika mengalami kepala atau pikiran strees, depresi suntuk dan pusing.

7. Menghilangkan Beban Pikiran dengan Berteriak Sekeras-kerasnya
Berteriak sekeras-kerasnya merupakan cara yang sangat dianjurkan untuk menghilangkan pikiran strees, karena ketika seseorang mengalami strees atau beban pikiran yang berat maka pasti memiliki sesuatu yang mengganjal di dalam hati. Nah melepaskan semua masalah dengan berteriak sekeras-kerasnya akan membuat pikiran menjadi plong dan tanpa beban sama sekali. Tentu dengan tetap memperhatikan tempat untuk melakukannya seperti di tempat-tempat yang sepi misalkan di dalam air, di pantai, dan di tempat yang lain yang sekiranya tidak membuat orang lain terganggu.

8. Menghilangkan Strees dengan Olah Nafas
Strees merupakan hal yang sebenarnya tidak diinginkan terjadi, namun kedatangannya tidak lain merupakan pengendalian emosi kita yang kurang tepat. Ketika sedang mengalami stress atau pikiran penak maka sesegeralah untuk mengolah nafas Anda yang bertujuan menghilangkan stress tersebut. Caranya sangat mudah Anda cukup mengambil nafas yang sepanjang-panjangnya setelah itu ditahan beberapa waktu dan terakhir keluarkkan dengan pelan-pelan. Sembari Anda membuang nafas beban pikiran juga akan ikut menghilang dan pikiran pun bisa menjadi lebih rileks dan tenang.

9. Mengatasi Pikiran Penak/Strees dengan Curhat 
Ketika kita mengalami stress tidak lain penyebabnya pasti dikarenakan sesuatu yang kita pikirkan terlalu berlebihan yang mengakibatkan pikiran merasa berat dan pada akhirnya menjadikan kita strees sendiri. Maka dari itu, biasakan ketika kita memiliki masalah apapun jangan dipikirkan sendiri namun kita bisa curhat atau menceritakan masalah tersebut pada orang lain, seperti keluarga, saudara ataupun pada teman akrab. Barangkali dengan menceritakan masalah yang kita hadapi mereka juga bisa ikut membantu menyelesaikannya dan pada akhirnya penak atau pikiran stress pun dapat diatasi

10. Mengatasi Strees Menurut Islam
Kita sebagai insan dan juga hambanya Alloh memang tidak akan lepas dari masalah yang akan terus kita hadapi. Di Al Quran dijelaskan bahwa setelah kita menghadapi kesulitan maka akan datang suatu kemudahan bersamanya. Maka ketika kita mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah maka kita jangan cepat putus asa dan gampang stress, namun kita harus yakin bahwasannya kalau kita mau mempesungguh Alloh pasti akan memberikan jalan kemudahan bagi kita. 


Baca Juga :
Cara Mengatasi Mata Panda dengan Cepat
Cara Mengobati Mata Minus dengan Cepat

Demikian artikel yang kita bahas kali ini mengenai 10 Cara Mudah Mengatasi Stress Berlebih dengan Cepat, intinya semua masalah yang dihadapi haruslah disikapi dengan kedewasaan dan profesional sehingga bisa diselesaikan dengan baik dan tidak sampai menyebabkan kita mengalami stress yang tidak berujung. Oke mungkin itu saja dari kami, apabila ada kesalah dalam penulisan kami minta maaf, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat

Kata Kunci Terkait : mengatasi stres,mengatasi stress saat hamil,mengatasi stres saat hamil,mengatasi stress berat,mengatasi stress berlebihan,mengatasi stres kerja,mengatasi stres dalam rumah tangga,mengatasi stres pasca melahirkan,mengatasi stress pada anak,mengatasi stress dan depresi,mengatasi stres saat hamil,mengatasi stres berat,mengatasi stres kerja,mengatasi stres dalam rumah tangga,mengatasi stres pada ibu hamil



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "10 Cara Ampuh Mengatasi Stress Berat Secara Alami dan Cepat"

  1. bener nih caraya, kalo ane sih pakek cara pernapasan gitu... thank gan bantu banget infonya

    BalasHapus
  2. Nice, benar sekali cara-caranya, kalau saya lagi stres menghibur diri menggunakan musik atau berdiam diri untuk menemukan ketenangan.. :)

    BalasHapus
  3. cara2nya bisa saya praktekan gan kalau2 saya mengalami stres .. hehe

    BalasHapus