21 Cara Mudah Mengatasi Komedo yang Membandel di Hidung Secara Alami

Support Me On :



Facebook Facebook Instagram Instagram Linkedin Linkedin

Twitter Twitter Google+ Google+ Youtube
CarakupunyaCara Mengatasi Komedo yang Membandel di Bandel di Hidung - Ketika seseorang mulai menginjak masa remaja maka fisik maupun mentalnya juga akan mulai mengalami perubahan, terlebih jika anak tersebut telah mengalami pubertas. Tanda-tanda kedewasaan seseorang sedikit demi sedikit akan mulai tampak, hal yang paling sering dialami yaitu masalah jerawat dan komedo yang timbul pada wajah seorang remaja. Mungkin ketika masih SD, SMP hal ini belum terlalu mencolok, namun ketika anak telah menginjak bangku SMA masalah seperti ini segera muncul karena si dia sudah mengenal yang perempuan.

Berbagai cara dan metode diterapkan guna menghilangkan jerawat maupun komedo yang nangkring di wajahnya agar memiliki wajah yang putih, bersih serta terhindar dari jerawat dan komedo. Khusus yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai komedo yang membandel pada wajah terutama bagian hidung.
18 Cara Ampuh Mengatasi Komedo yang Membandel di Hidung  Secara Alami

Cara Mengatasi Komedo yang Membandel di Bandel di Hidung 
Sedikit penjelasan tentang komedo, komedo ialah kotoran yang dapat menyumbat pori-pori pada wajah, kotoran ini memiliki ukuran yang kecil dan ada dua jenis komedo yaitu berwarna hitam dan putih. Adanya komedo yang terdapat pada wajah ini sering ditimbulkan akibat terjadinya penumpukan minyak yang berlebih atau sebum, serta sel kulit mati. Komedo juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya 

1.  Kulit wajah yang kurang dijaga kebersihannya

2. Menumpuknya sel kulit yang mati

3. Sekresi berlebih

4. Penyumbatan pori-pori yang disebabkan oleh sisa make up dan kotoran 

5. Polusi udara terutama ketika siang hari saat udara panas

Berikut penjelasan mengenai macam-macam komedo yang dapat kita jumpai, komedo dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. Komedo Hitam (Komedo Terbuka)
Komedo yang berwarna hitam ini merupakan kumpulan masa sebum yang tampak seperti pori-pori yang membesar serta menghitam pada permukaan wajah dan tidak tertutup oleh epitel kulit, sehingga akan mudah dikeluarkan. Komedo ini berwarna kehitaman dikarenakan teroksidasi oleh udara.

2. Komedo Putih (Komedo Tertutup)
Jenis komedo yang berwarna putih ini merupakan gumpalan sebum yang terdapat di bawah permukaan kulit ari yang tersumbat oleh kotoran dan lemak. Komedo jenis ini akan sulit dikeluarkan karena permukaannya tertutup oleh epitel kulit. Pada umumnya komedo putih muncul pada area T yaitu dahi, hidung dan dagu. Selain itu juga biasanya muncul di bawah mata dan pipi. Komedo jenis ini berwarna kekuningan seperti benjolan-benjolan kecil di bawah kulit

Komedo yang terdapat pada bagian hidung selain disebabkan oleh sisa produk foundation, bedak, tabir surya, sisa keringan atau debu juga disebabkan oleh pori-pori yang besar dan terbuka yang biasanya dimiliki oleh seseorang dengan sifat wajah yang berminyak. Keadaan seperti ini dapat dijadikan tempat tinggal yang nyaman bagi kotoran dan debu.

Hal yang sering dilakukan untuk mempercepat hilangnya komedo adalah dengan memencetnya, cara seperti ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan karena dapat merangsang komedo tersebut menjadi jerawat dengan nanah yang akan memperparah kondisi wajah, yang lebih bahaya lagi bisa menyebabkan infeksi.

Solusi yang paling tepat dan aman untuk menghilangkan komedo ialah dengan cara dikompres menggunakan handuk hangat atau bisa juga dengan diuapi dengan uap hangat (Praktek saya memakai baskom dengan air hangat lalu ditutup dengan sarung). Atau bisa juga dengan membasuhnya dengan air hangat, hal ini dimaksudkan agar melebarkan pori-pori kulit wajah. Nah, setelah itu baru lakukan perawatan facial scrub atau dengan susu pembersih wajah dengan tetap menjaga ke ke-sterilannya. 


Cara Tepat dan Aman Untuk Menghilangkan Komedo yang Membandel Pada Wajah

1. Kenali Jenis Kulit dan Pilih Pembersih Wajah Yang Tepat
Pembersih wajah yang tepat merupakan cara yang efektif untuk menanggulangi masalah komedo ini, yaitu dengan mengenali karakter kulit kita agar bisa memilih produk perawatan wajah yang cocok. Biasanya komedo sering muncul pada jenis wajah yang berminyak, maka pilihlah produk pembersih atau sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu wajah akan terlihat lebih bersih, segar, cerah dan bersinar. Untuk mengetahui kecocokan produk perawatan wajah Anda, paling tidak lakukan pengujian selama 1 bulan.

Baca : 10 Cara Ampuh Mengatasi dan Mencegah Wajah Berminyak dengan Tepat

2. Pilih Pelembab Wajah Yang Sesuai
Untuk kulit normal dan cenderung berminyak gunakan pelembab jenis oil free atau tanpa minyak atau air misal Pelembab Olay. Sebenarnya, tubuh kita sendiri memiliki sistem alami yang dapat mengatur kelembapan kulit wajah khusunya.

3. Hindari Produk Comedogenic

Produk lain yang justru merangsang timbulnya komedo ialah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, pedat padat, samphoo berbahan gingseng dan conditioner. Perlu diketahui bahwa bedak pada adalah produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Serta penggunaan bedak yang terlalu lama selain mengakibatkan komedo juga dapat menimbulkan jerawat

4. Menerapkan Hidup Sehat dan Cukup Nutrisi
Dari banyak faktor timbulnya penyakit berakibat dari gaya hidup yang tidak sehat, untuk itu mulailah pola hidup sehat mulai dari waktu istirahat yang cukup dan memberikan nutrisi pada tubuh dengan sayuran dan buah-buahan. Karena jika tubuh hanya dipakai saja tanpa ada nutrisi yang diberikan maka akan membuat badan cepat lelah serta tidak berenergi.

5. Facial 

Salah satu alternatif yang ampuh untuk menghilangkan komendo dari wajah Anda adalah dengan melakukan facial secara rutin. Lakukan Facial pada wajah Anda secara berkala dan setelah haid, hal ini dimungkinkan untuk menhindari terjadinya perubahan hormon dan kalenjar sebasia selama masa haid yang memproduksi minyak lebih aktif.

6. Diet

Agar komedo tidak dapat tumbuh dan berkembang pada wajah kita maka makanan yang dimakan harus distabilkan dan pilihan, batasi mengkonsumsi coklat, susu coklat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan, makanan pedas dan daging berlemak.

7. Memeriksakan Ke Dokter Kulit

langkah terakhir jika semua cara alami telah dipraktekan dan tidak ada perubahan sama sekali, silahkan konsultasikan masalah kulit Anda pada dokter ahli kulit. Biasanya, si dokter akan menganjurkan kepada Anda untuk melakukan facial dan memberikan obat tertentu. Jika dirasa komedo yang tertanam di wajah sudah terlalu banyak dan parah Anda dapat meminta si dokter menggunakan tehnologi laser. 

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah pada wajah Anda ke klinik Skin Care terpercaya seperti Natasha Skin Care. Memang jika Anda memilih jalan pintas untuk mengatasi masalah pada wajah, Anda harus mempersiapkan biaya yang cukup untuk melakukan perawatan di Skin Care tersebut, perkiraan biaya untuk anggota baru yakni Rp 300.000-500.000 rupiah. Biaya tersebut relatif murah jika Anda benar-benar menginginkan kesembuhan dari massalah pada wajah Anda.



Cara Aman Mengatasi Komedo dengan Bahan Alami

Dan Anda juga dapat menggunakan bahan alami yang mudah di temukan di sekitar tempat Anda tinggal dengan harga terjangkau. Meskipun cara yang alami dipandang sebelah mata karena waktu yang lama untuk mendapatkan hasil maksimal, namun cara yang alami lebih aman dan tidak memiliki efek samping jika dibandingkan perawatan di salon yang menggunakan alat dan bahan kimia. Berikut beberapa alternatif bahan alami untuk menyembuhkan komedo Anda

1. 
Mengatasi Komedo dengan Putih Telur


18 Cara Ampuh Mengatasi Komedo yang Membandel di Hidung  Secara Alami 1


Putih telur sangat ampuh untuk mengatasi komedo yang membandel, caranya cukup mudah yaitu ambil sebutir telur lalu pecahkan dan putih telurnya masukan pada wadah mangkok. Setelah itu aduk putih telur tersebut hingga berbusa, lalu oleskan putih telur tersebut pada wajah Anda yang berkomedo. Jika sudah, tutuplah menggunakan kapas atau tisu. Kemudian tunggu hingga kering, setelah mengering angkat tisu atau kapas tersebut secara pelan-pelan dan lihat hasilnya berapa banyak komedo yang terangkat dari wajah Anda

2. 
Menghilangkan Komedo dengan Scrub Sayur dan Masker Kacang


18 Cara Ampuh Mengatasi Komedo yang Membandel di Hidung  Secara Alami


Selain putih telur ada juga alternatif yang tidak kalah manjurnya jika dipraktekan, yaitu dengan scrub sayur dan dengan masker kacang, caranya :

-Blender selembar daun kailan, selembar daun seledri, ¼ buah apel, campur dengan perasan jeruk lemon. Usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu bilas.

-Uapi wajah dengan air panas yang telah diberi 1 sdm garam. Biarkan 10 menit. Uap air garam akan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler di bawah kulit dan memperlancar peredarah darah ke kulit.

-Campur sari kacang kedelai dan kacang polong, gunakan sebagai masker, diamkan 30 menit, bilas. Gunakan beberapa kali.

3. Mengobati Komedo Membandel dengan Lidah Buaya 



18 Cara Ampuh Mengatasi Komedo yang Membandel di Hidung  Secara Alami

Lidah buaya sangat manjur untuk menghilangkan komedo pada hidung Anda. Caranya, siapkan 1 batang lidah buaya, lalu irislah menjadi 2 bagian. Ambil lendir atau gelnya lalu oleskan pada bagian hidung ataupun wajah yang berkomedo. Lakukan cara ini secara rutin 1-2 kali sehari hingga komedo Anda tidak nampak lagi. 

4. 
Mengatasi Komedo dengan Pepaya


18 Cara Ampuh Mengatasi Komedo yang Membandel di Hidung  Secara Alami


Buah pepaya dikenal banyak orang mengenai khasiatnya yang sangat baik untuk perawatan maupun kecantikan kulit wajah. Salah satu kelebihannya adalah untuk mengatasi komedo. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membuat masker dari bahan pepaya.  Lembutkan potongan buah papaya hingga mirip bubur secukupnya dan kemudian oleskan pada sekitar wajah yang nampak terdapat komedo secara merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan hal ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur malam.


Tips Tambahan Untuk Mencegah Timbulnya Komedo

Selain cara alami untuk mengatasi komedo diatas, Anda juga dapat menerapkan gaya hidup yang baik dan sehat dalam kehidupan Anda sehari-hari agar memiliki wajah yang terhindar dari komendo, berikut listnya

1. Mencuci wajah secara rutin, yaitu 2x sehari baik dengan pembersih minyak atau pembersih jerawat. Selain itu juga dianjurkan setiap kali pulang dari bepergian supaya mencuci muka meskipun tanpa sabun wajah.

2. Hindari rokok serta asap polusi yang berlebihan, solusinya dengan memakai rutin memakai masker pada kondisi tersebut.

3. Menggunakan produk make up, lotion, pembersih wajah yang dikhusukan untuk jenis wajah berminyak

4. Jangan lupa untuk selalu menghapus atau membersihkan polesan make up wajah sebelum tidur menggunakan air hangat

5. Mengurangi makan makanan yang berminyak, seperti coklat, gorengan, makanan praktis

6. Jangan pernah meremas komedo karena dapat menyebabkan bakteri menyebar sehingga menimbulkan komedo baru dan bekas luka.

7. Rutin meminum air putih minimal 8 gelas perhari bisa memperlancar metabolisme tubuh kamu sehingga racun-racun dan zat yang tidak dibutuhkan tubuh bisa dibuang secara teratur. Selain itu air putih bisa menjadi terapi untuk kecantikan.

8. Menghindari makanan pedas yang memicu timbulnya jerawat dan komedo yang membandel

9. Bersihkan wajah dengan sabun muka ketika akan tidur agar bakteri tidak bisa berkembang biak ketika kita sedang istirahat.

10. Ambilah waktu untuk istirahat yang cukup dalam sehari, minimal 7 jam waktu yang dibutuhkan tubuh kita untuk istirahat. Hindari kebiasaan bedagang hingga larut malam bahkan hingga pagi hari.

Baca Juga :

Cara Mudah Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Cara Mengatasi Rambut Beruban dengan Bahan Alami 
Cara Cepat Menurunkan Badan dengan Diet Sehat


Demikian Tips dari kami mengenai Cara Mengatasi Komedo yang Membandel di Bandel di Hidung. Silahkan kalian coba untuk mempraktikan beberapa tips kesehatan diatas untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo membandel yang terdapat pada wajah. Pilih yang termudah untuk dilakukan dan yang terpenting adalah rutin untuk melakukan perawatan terhadap wajah tersebut. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^.

Edited By : Flady Nasrulloh


Tag : atasi komedo putih,mengatasi komedo secara alami,mengatasi komedo hitam,mengatasi komedo tertutup,mengatasi komedo putih di wajah,mencabut komedo di wajah,meminimalisir komedo dengan odol,mengatasi komedo dengan bahan alami,mengobati komedo dan jerawat,menghilangkan komedo alami



Pasang Iklan disini

Postingan terkait:

86 Tanggapan untuk "21 Cara Mudah Mengatasi Komedo yang Membandel di Hidung Secara Alami"

  1. Memang salah satu masalah wajah tu, komedo membandel. saya seringnya pake air hangat gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, itu juga sangat efektif untuk mengobati komedo di hidung :D

      Hapus
  2. ya gan InsyaAlloh ane usahain praktekin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gna, silahkan diprakktekin dan semoga berhasil

      Hapus
  3. Siap mecoba dirumah gan,ini yang ane cari2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan,silahkan dicoba dan semoga bermanfaat :D

      Hapus
  4. Klo jerawat ada gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir sama gan secara garis besar, bisa dicoba juga

      Hapus
  5. Boleh juga nih tipsnya, makasih gan. .

    BalasHapus
  6. yang paling sulit itu menghindari asap asap motor/mobil..
    :3 gimana caranya ya ?

    BalasHapus
  7. Cara alami itu lebih baik karena tidak ada efek samping nya, btw makasih atas artikel yang bermanfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang jika dibandingkan dengan produk instan cara yang alami lebih aman gan

      Hapus
  8. Thanks Infonya gan :D

    BalasHapus
  9. Yang terpenting selalu menjaga kebersihan wajah..maka komedo tidak akan membandel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, yang penting kebersihan wajah harus tetep dijaga

      Hapus
  10. Jujur ane org yg ga bgtu pduli ma prawatan wajah 1 sabun bwt smwa atas bwah hehe, tp ane coba dah tipsnya biar kliatan agak keurus dkit hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, silahkan gan dipraktekan ya

      Hapus
  11. kadang kalo kepanasan, saya suka pegang muka saya dengan tangan saya, saat itu tangan saya dalam keadaan kotor, apa ngaruh ke komedo? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, otomatis bakteri nya akan memberikan pengaruh jelek pada wajah gan..mending dirutinkan cuci muka aja gan ketika wajah keadaan kotor

      Hapus
  12. harus diterapin nih tipsnya biar bersih ini wajah wkwkwk

    BalasHapus
  13. wah dirajinin caranya idung gw makin licin dan basah manteb tuh makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhhe iya gan langsung praktek aja gan

      Hapus
  14. bookmark dulu siapa tau caranya ampuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iiya gan, silahkan..semoga bermanfaat

      Hapus
  15. Nice info gan, pas banget lagi nyari info soal menghilangkan komedo eh disini udah dibahas secara lengkap. thanks gan...

    BalasHapus
  16. ijin praktekkan gan tips nya :)
    terimakasih

    BalasHapus
  17. Ane suka cara yg manual gan, pake sepion trus pencet pakek kuku

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhhe itu malah bikin wajah makin parah gan,,

      Hapus
  18. Waaah... Bermanfaat banget ijin praktek

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, silahkan dan semoga berhasil

      Hapus
  19. thanks gan, langsung ane praktek,in untuk idung ane yang bandel banget buat di langin komedonya :D

    BalasHapus
  20. ijin buat dipraktekin gan, soalnya hidung ane banyak komedo putihnya :D

    BalasHapus
  21. wuih lengkap banget gan.. sangat bermanfaat :D
    mampir sini gan
    http://dewahumor.blogspot.com

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah dapet ilmu. Terima kasih banyak gan. Soalnya saya juga lg banyak komedonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat

      Hapus
  23. Hidung penuh komedo membuat ku tak bisa mendekati cewe :v

    Thx gan info nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya gan,coba aja pake tips dari kami

      Hapus
  24. komedo , jerawat aja numpuk gak ke urus wajah ane , ane prakretekin pelan pelan deh thx gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, silahkan dan semoga berhasil

      Hapus
  25. Balasan
    1. iya gan, silahkan semoga bermanfaat

      Hapus
  26. gan kalo minyak berlebih sama wajah kusam ada cara alami gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada coba cari di search blog gan...

      Hapus
  27. kebanyakan komedo dari hidung mulu ya, soalnya susah menghilangkannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, saya sendiri juga mengalaminya... :D

      Hapus
  28. Hemz Zaman Sekarang penyakit aneh-aneh ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, emang gitu zaman akhir gan...

      Hapus
  29. bisa lah gan di praktekin nih..:D

    BalasHapus
  30. terima kasih infonya bermanfaat, ijin share ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, silahkan dan semoga bermanfaat ^_^

      Hapus
  31. sangat membantu sekali artikel tentang Cara Menghilangkan Komedo, terimakasih atas informasinya
    .

    BalasHapus
  32. sangat membantu gan artikelya thanks udah share

    BalasHapus
  33. makasih infonya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  34. izin coba gan , kalo berhasil ane mau kasih tau ke temen temen

    BalasHapus
  35. Yh gan harus saya coba nih hehe

    BalasHapus
  36. tipsnya bisa di coba nih , makasih iya

    BalasHapus
  37. Terima kasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus